Penyebab Penyakit Sembelit dan Cara Cepat Mengatasinya

penyebab penyakit sembelit
Kenali penyebab penyakit sembelit untuk mengatasinya. Foto: Ist/Net

Kenali penyebab penyakit sembelit untuk memudahkan cara mengatasinya. Gangguan yang tak hanya menyerang anak-anak dan bayi ini juga banyak terjadi pada orang dewasa.

Bagi Anda yang pernah menderita sembelit tentunya sudah tahu bagaimana menyiksanya penyakit ini. Selain menjadi susah buang air besar, kotoran yang kita keluarkan akan keras dan bisa menyebabkan sakit saat buang air besar.

Namun Anda tidak perlu khawatir lagi ketika Anda mendapatkan penyakit ini karena, penyakit ini datang dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari dan ada cara untuk menanggulangi masalah ini.

Untuk itu, kita perlu memahami tentang bagaimana cara mengatasi sembelit, dan kita pula perlu mengenal lebih dalam lagi tentang penyakit yang sangat menyiksa setiap orang ini.

Selain makanan, penyebab penyakit sembelit juga dapat terjadi oleh faktor-faktor lainnya yang kadang tidak kita duga sebelumnya.

Faktor Penyebab Penyakit Sembelit

Yang terjadi dalam tubuh kita ketika mengalami sembelit adalah usus besar menyerap air dari makanan yang kita konsumsi dalam jumlah yang besar dan berada di usus besar itu sendiri.

Hal ini terjadi karena proses pencernaan makanan berjalan lambat. Karena lambatnya proses itu makanan terlalu lama berada pada usus. Pada akhirnya kondisi ini akan menyebabkan usus menyerap air terlalu banyak.

Baca Juga : Sakit Perut Sebelah Kanan, Pertanda Penyebab Penyakit Berbahaya

Penyakit sembelit selain dapat membuat sakit saat buang air besar, juga akan menyebabkan seorang penderita sembelit kesulitan untuk buang gas.

Hal ini terjadi karena kotoran yang terlalu keras sehingga menghambat gas yang akan keluar melalui anus. Kondisi tentunya juga akan mengganggu aktivitas atau kegiatan kita sehari-hari.

Ada sejumlah faktor yang bisa menjadi penyebab penyakit sembelit. Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Anda tahu.

Kurang Makanan Berserat

Penyebab sembelit yang pertama adalah kurangnya konsumsi makanan berserat. Seseorang yang kurang asupan makanan berserat tentunya akan membuat tubuh kekurangan serat.

Padahal serat sangat berguna untuk membantu proses pencernaan sehingga makanan tidak berada terlalu lama dalam usus.

Selain sering terjadi pada orang-orang yang jarang mengonsumsi makanan berserat, gangguan ini juga menimpa orang yang lebih senang konsumsi makanan berlemak. Seperti daging, keju, telur dan masih banyak contoh makanan berlemak yang lain.

Baca Juga : Cara Mengatasi Sembelit pada Bayi dan Anak, Penyebab Beserta Gejala

Konsumsi Obat Tertentu

Mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan terjadinya sembelit. Jenis-jenis obat-obatan tersebut adalah narkotika, antidepresan, antikonvulsan, dan obat yang menahan kalsium.

Selain faktor obat, kehamilan juga menjadi penyebab penyakit sembelit pada ibu hamil. Ini karena terjadinya perubahan hormon dan terhimpitnya perut oleh kandungan yang setiap bulannya semakin besar.

Kurang Aktivitas Fisik

Hal berikutnya yang bisa menjadi penyebab sembelit adalah kurang aktivitas dan jarang olahraga. Jika anda adalah orang yang kurang aktivitas dan jarang sekali berolahraga, anda bisa saja berisiko terkena sembelit.

Biasanya hal ini adalah penyebab utama sembelit pada orang yang sudah tua. Seperti kita tahu, orang yang sudah tua tidak banyak memiliki aktivitas dan juga jarang berolahraga.

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa orang yang hanya tidur berbaring di tempat tidur, dalam beberapa minggu, dia akan berisiko tinggi terkena penyakit sembelit ini.

Baca Juga : 11 Manfaat Buah Langsat yang Ampuh untuk Kulit dan Atasi Sembelit

Cara Mengatasi Penyakit Sembelit

Setelah mengenal berbagai faktor yang menjadi penyebab penyakit sembelit, Anda bisa mulai mencari solusi untuk mengatasinya. Selain beberapa faktor yang tersebut, masih banyak hal lainnya yang menyebabkan sembelit.

Untuk cara mengatasi penyakit sembelit sebenarnya relatif mudah asal terdeteksi sejak awal. Begitu pula kondisinya belum menjadi parah. Berikut ini beberapa penanganan yang bisa Anda lakukan dari rumah.

Untuk mereka yang kurang dalam konsumsi makanan berserat penting untuk segera mengubah pola makannya. Anda sebaiknya mulai sekarang sering mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat.

Beberapa jenis makanan dengan kandungan tinggi serat antara lain sayur, biji-bijian dan buah-buahan. Jenis makanan ini akan berguna untuk membantu melancarkan proses pencernaan Anda.

Perbanyak juga konsumsi makanan jenis ini agar proses pencernaan lancar tanpa hambatan. Mengurangi jenis makanan yang mengandung lemak yang tinggi juga akan membantu mengatasi sembelit.

Sedangkan untuk Anda yang mengalami gangguan ini karena tidak memiliki banyak aktivitas, cara mengatasinya bisa berdasarkan faktor yang menyebabkannya tersebut.

Antara lain Anda menyibukkan diri dengan aktivitas fisik yang bisa Anda lakukan. Seperti olahraga, berkebun, atau kegiatan lain. Contoh olahraga yang baik bagi orang yang sudah tua adalah jalan santai atau jalan cepat.

Meningkatkan aktivitas sehari-hari sangat efektif meredakan gangguan sembelit. Selain itu Anda juga perlu menjaga minum air yang cukup setidaknya sekitar 3 liter setiap harinya. Mengatasi berdasarkan penyebab penyakit sembelit ini cukup efektif. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah