Minggu, Desember 5, 2021
BerandaBerita TerbaruPenyebab Perut Panas, Kenali Makanan yang Dikonsumsi

Penyebab Perut Panas, Kenali Makanan yang Dikonsumsi

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab perut panas. Selain merupakan akibat suatu gangguan, kondisi ini juga bisa merupakan gejala yang perlu kita waspadai. Ada sejumlah cara untuk mengatasinya yang bisa Anda lakukan untuk penanganan darurat.

Istilah lain dari penyakit asam lambung ini juga terkenal dengan sebutan GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease. Namun selain dari penyakit asam lambung, perut panas juga bisa terjadi akibat jenis penyakit lainnya.

Perut menjadi bagian tubuh yang sangat penting. Dalam organ ini mencakup sistem pencernaan yang berperan penuh untuk kebutuhan asupan gizi manusia. Karena itu Anda harus menjaga kesehatan perut agar tetap berfungsi dengan baik.

Biasanya perut panas juga terjadi disertai oleh nyeri perut. Untuk mengetahui lebih jauh tentang penyebab perut panas ini sebaiknya simak ulasan selengkapnya pada artikel ini.

Apa Saja Penyebab Perut Panas Ini?

Apakah Anda pernah mengalami perut yang terasa panas? Pada dasarnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan gangguan ini. Salah satunya adalah saat Anda mengalami asam lambung.

Namun jika perut tiba-tiba terasa panas atau bahkan terus menerus nyeri untuk waktu yang lama, maka Anda wajib mencari tahu penyebabnya. Bisa jadi kondisi ini karena gangguan pencernaan atau karena penyakit yang serius.

Baca Juga : Penyebab Park Ji Hoon Meninggal, Penyakit Kanker Perut Sejak Lama

Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab perut panas yang patut Anda waspadai. Anda juga perlu mencari penanganan yang cepat untuk mencegah kondisi menjadi semakin parah.

Pola Makan yang Salah

Pola makan yang salah bisa menyebabkan perut terasa panas. Sebut saja jika Anda tidak makan dengan teratur, selalu mengonsumsi makanan manis, jajanan pedas hingga minum minuman berkafein tinggi ataupun beralkohol.

Tak hanya itu, kebiasaan buruk seperti merokok juga bisa menjadi penyebab perut Anda terasa panas. Termasuk perokok pasif sehingga Anda juga perlu menjauh dari asap perokok.

Infeksi Bakteri

Penyebab perut panas lainnya adalah adanya infeksi bakteri. Jenis bakteri H. pylori paling sering menyerang area perut manusia. Menurut situs Mayo Clinic, infeksi bakteri ini bisa menyerang lebih dari setengah populasi di seluruh dunia.

Meskipun demikian masih banyak orang yang tidak menyadari jika mereka telah terkena infeksi H Pylori ini. Tak sedikit orang yang tidak terlalu mempedulikan kesehatan mereka sehingga mereka cuek saja saat terkena infeksi bakteri.

Jenis bakteri H Pylori ini biasanya menyebar dari satu orang ke orang lain melalui air liur, muntah dan juga feses. Penyakit infeksi perut ini bisa menyebabkan rusaknya lapisan pelindung dinding lambung manusia.

Akibatnya, lambung pun akan mudah mengalami iritasi karena tidak mampu lagi menahan asam lambung. Pada akhirnya, perut pun akan mengalami peradangan yang parah.

Baca Juga : Waspada! Ini 6 Penyakit Berbahaya Karena Perut Kembung

Kanker Lambung

Jika Anda mengalami perut yang panas maka Anda juga patut waspada dengan penyakit kanker lambung. Sebab penyakit ini juga dapat menjadi penyebab perut panas.

Sejumlah gejala lain yang muncul akibat penyakit ini antara lain muntah darah, darah feses, dan mual. Bahkan termasuk berat badan yang turun secara drastis.

Hernia Hiatus

Hernia hiatus merupakan suatu kondisi saat perut mengalami sensasi panas. Kondisi ini terjadi karena adanya kelainan diafragma saat pipa makanan melewati lubang kecil kemudian masuk melalui area perut bawah.

Gangguan ini pada akhirnya menyebabkan diafragma tidak mampu menutup jalan masuk tersebut. Penyakit inilah yang dapat menjadi penyebab perut panas yang sebaiknya Anda tahu.

Obat-obatan

Konsumsi obat-obatan juga bisa memberi pengaruh pada sistem pencernaan Anda sehingga perut akan terasa panas dan nyeri. Kebanyakan obat-obatan tersebut berasal dari jenis anti inflamasi non steroid ataupun jenis obat NSAID.

Contohnya seperti ibuprofen, aspirin, oxaprozin dan aspirin.  Jika Anda telah mengalami perut panas sesaat setelah mengonsumsi obat-obatan tersebut, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga : Perut Kembung Pada Anak, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Stres

Tekanan jiwa atau stres termasuk salah satu penyebab munculnya rasa panas pada perut. Jika Anda mengalami stres yang cukup parah maka akan mempengaruhi sistem pencernaan Anda. Seperti muntah, diare, mual ataupun sembelit.

Itulah berbagai faktor yang menjadi penyebab perut panas yang sebaiknya Anda waspadai. Jika Anda mengalami kondisi ini sebaiknya segera mencari pengobatan. Baik secara medis maupun dengan bahan alami. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -