Penyebab Rambut Bercabang dan Patah, Yuk Simak Penjelasannya!

Penyebab Rambut Bercabang
Penyebab Rambut Bercabang. Foto: stage.nutresshair

Penyebab rambut bercabang seringkali tidak disadari oleh sebagian orang. Rambut merupakan mahkota yang paling penting untuk pria dan wanita dalam menunjang penampilan. Banyak cara dilakukan demi mendapatkan rambut yang berkilau dan cantik. 

Rambut bercabang dan patah merupakan masalah rambut yang umum terjadi pada semua orang. Dalam mengatasi rambut bercabang tersebut, seseorang melakukan pemotongan rambut tidak sehat tersebut. Namun tahukah anda penyebab pasti dari kebiasaan sehari-hari yang berpengaruh besar pada rambut bercabang?

Kenali Penyebab Rambut Bercabang

Pentingnya mengetahui penyebab kerusakan rambut untuk mengurangi resiko patah dan rontok yang semakin banyak. Beberapa penyebab yang menimbulkan rambut bercabang sebagai berikut. 

Baca Juga : Perawatan Rambut Kering Secara Alami yang Mudah Dilakukan

Menggunakan Catok Atau Pengering Rambut

Penggunaan pengering rambut atau catok pelurus rambut merupakan pemicu rambut bercabang. Jika anda menggunakan terlalu sering dengan tingkat panas yang tinggi, hal tersebut akan merusak kutikula rambut sehingga mengganggu kealamian rambut dan semakin membuatnya bercabang. 

Penggunaan Shampo yang Tidak Tepat

Menggunakan shampo yang tidak tepat juga salah satu penyebab rambut bercabang. Bahkan penggunaan shampo yang tidak tepat tersebut dapat menimbulkan masalah rambut lainnya seperti ketombe. 

Sebaiknya anda mulai mengamati secara detail shampo apa yang cocok untuk rambut anda. Anjuran penggunaan shampo juga harus sesuai dengan takaran, jangan berlebihan. Sebaiknya anda tidak gonta-ganti shampo agar rambut anda sehat. 

Kebiasaan Keramas Terlalu Sering

Bagi sebagian orang, keramas secara rutin membuat anda fresh. Namun tahukah anda, keseringan keramas dapat merusak rambut serta menghilangkan kelembaban rambut anda. 

Rambut juga membutuhkan kelembaban. Meski kadang agak berminyak, namun hal itu justru cara alami merawat rambut sehingga tidak kering.

Baca Juga : Perawatan Rambut Rusak dengan Bahan Alami dan Cara Membuatnya

Menghindari penyebab rambut bercabang, anda bisa menggunakan skin care untuk kelembaban rambut sehingga terlihat berkilau dan sehat. 

Menyisir Dalam Keadaan Basah

Menyisir rambut terlalu sering, apalagi dalam kondisi basah, hal ini akan membuat rambut anda semakin rusak. Sebaiknya anda sesekali saja menyisir rambut untuk menyalurkan minyak rambut dari pangkal ke ujung rambut. 

Gunakan sisir yang bergigi jarang untuk intensitas rutin. Namun hindari penggunaan sisir yang bergigi rapat. Karena justru memperburuk keadaan rambut dan membuat rontok pada rambut anda

Penggunaan Karet Gelang

Kebiasaan lainnya yang merusak rambut yakni menggunakan ikat rambut berbahan karet gelang. Penggunaan karet tersebut justru akan melukai rambut.

Bahkan akan menjadi penyebab rambut bercabang. Bahan karet membuat rambut anda menempel dan tergulung sehingga mengakibatkan rambut bercabang. Sebaiknya anda memilih ikat rambut yang berbahan lembut sehingga dapat menjaga kesehatan rambut. 

Mewarnai Rambut

Bagi wanita yang suka fashion, pewarnaan rambut tentu sah-sah saja bergonta-ganti warna rambut untuk tampil lebih bergaya. Namun tahukah anda, berkali-kali mewarnai rambut akan merusak kealamian rambut anda.

Bahan kimia yang terkandung dalam pewarna rambut akan mengakibatkan rambut rusak dan bercabang. Sebaiknya anda merawatnya dengan vitamin rambut agar rambut terjaga kesehatannya.

Baca Juga : Cara Menyuburkan Rambut dan Menebalkannya dengan Cepat dan Efektif

Malas Memotong Rambut

Penyebab rambut bercabang lainnya yakni malas membuang rambut yang bercabang. Menggunting atau memotong bagian yang rusak juga sangat penting dilakukan. Hal ini dapat mengurangi cabang rambut sehingga tidak semakin banyak. 

Sebaiknya anda rajin memotong ujung rambut yang rusak dan bercabang tersebut. Dengan mengurangi dan membuang rambut yang bercabang, pertumbuhan rambut baru akan semakin sehat. 

Kurangnya Nutrisi Rambut

Perawatan rambut sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut. Rambut juga memerlukan nutrisi baik serta vitamin untuk pertumbuhannya. Sehingga rambut tetap sehat dan tidak bercabang. 

Sebaiknya anda sering memberikan nutrisi rambut agar tidak patah atau kusam. Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan protein. 

Kurang Minum Air Putih

Seperti tubuh, rambut juga membutuhkan cairan. Cairan tersebut menjaga kelembaban rambut. Bahkan dari cairan tersebut dapat mempertahankan kekuatan sehingga rambut tetap kokoh.

Oleh karena itu, minum air putih sesuai anjuran dapat membantu menjaga rambut agar tidak bercabang dan mengurangi risiko penyebab rambut bercabang. 

Berada di Bawah Sinar UV

Bagi anda yang berada di bawah sinar matahari langsung saat pekerjaan lapangan juga dapat mengakibatkan rambut rusak dan bercabang.

Jika anda terkena sinar UV dalam waktu yang lama, kilau rambut anda akan terserap sinar dan semakin kering. Oleh karena itu, hindari sinar matahari langsung sehingga rambut anda tetap terjaga kelembabannya. 

Dengan mengetahui penyebab rambut bercabang, semakin dapat menjaga rambut anda dan menghindari penyebab kerusakan tersebut. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah