Senin, September 26, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Rem Mobil Terlalu Dalam Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Penyebab Rem Mobil Terlalu Dalam Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Penyebab rem mobil terlalu dalam cukup beragam. Sebagai pemilik kendaraan, anda perlu tahu penyebab serta bagaimana cara untuk mengatasinya.

Rem pada kendaraan memiliki fungsi yang cukup penting. Maka dari itu, anda harus selalu cek kondisinya apakah masih layak pakai atau tidak.

Komponen tersebut berfungsi mengurangi laju kendaraan, bahkan memberhentikannya. Jika komponen dalam keadaan bermasalah, tentu akan cukup berbahaya.

Salah satu masalah yang cukup membahayakan yaitu rem terlalu dalam. Sehingga membuat anda kesulitan dalam mengurangi kecepatan lajunya.

Jika hal ini terjadi, bisa saja timbul kecelakaan bahkan membahayakan orang lain. Untuk dapat memperlambat laju kendaraan, rem memiliki peranan yang penting.

Salah satu tandanya yaitu dengan menginjak seberapa dalam rem bisa berfungsi. Komponen tersebut bisa berfungsi dengan baik jika diinjak tidak terlalu dalam.

Namun, jika komponen tersebut perlu anda injak terlalu dalam, menandakan performanya berkurang. Jika masalah ini anda alami, sebaiknya segera ganti dengan yang baru agar komponen bisa berfungsi optimal.

Baca Juga : Fungsi Kondensor AC Mobil dan Cara Perawatannya

Penyebab rem mobil terlalu dalam juga terjadi karena beberapa hal. Anda perlu mengetahuinya untuk bisa memberikan solusi yang tepat. Jika tidak, justru membuat rem bisa blong dan membahayakan anda saat mengemudi.

Inilah Penyebab Rem Mobil Terlalu Dalam dan Cara Mengatasinya

Mobil terdiri dari berbagai komponen dengan fungsi yang berkaitan. Bahkan semuanya juga perlu pengecekan, perawatan, hingga penggantian. Salah satunya yaitu rem mobil.

Komponen ini memiliki peran yang cukup penting. Namun, sering sekali mengalami masalah. Salah satunya yaitu rem mobil bunyi atau saat diinjak terlalu dalam.

Ada beberapa faktor yang bisa mengakibatkan masalah tersebut terjadi. Jika masalah ini terjadi, membuat pengemudi merasa kurang nyaman.

Bahkan masalah ini bisa membuat pengemudi merasa khawatir. Jika rem diinjak terlalu dalam, membuat fungsinya berkurang. Sehingga kinerjanya akan kurang optimal.

Berikut ini ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan rem terlalu dalam saat diinjak. Bahkan ada juga cara untuk mengatasinya.

Baca Juga : Asap Knalpot Mobil Bau, Jangan Sepelekan Bisa Menimbulkan Bahaya

Master Silinder Rusak

Penyebab rem mobil terlalu dalam yaitu terjadinya kerusakan pada master silinder. Sehingga timbul kebocoran pada fluida rem.

Saat rem ditekan, maka akan terjadi kebocoran. Akibatnya, tekanan menjadi lebih kecil daripada tekanan pedal rem. Jika mobil dilengkapi sistem rem ABS, masalah ini memang wajar.

Namun, jika masih dalam sistem standar, itu cukup berbahaya. Cara untuk mengatasinya yaitu lakukan pembongkaran. Jika seal inner piston bermasalah, cukup menggantinya. Namun jika pistonnya bermasalah, anda perlu ganti master rem 1 unit.

Kampas Rem Tipis

Masalah rem mobil diinjak dalam memiliki banyak penyebab dan salah satunya karena sudah aus. Hal ini terjadi karena saat pengereman terjadi gesekan antara kampas dan piringan.

Alhasil, terjadi pengikisan pada komponen tersebut. Sehingga seiring dengan pemakaiannya, kampas rem akan berkurang ketebalannya.

Gejala ini akan muncul saat brake pad tipis dan cara mengatasinya cukup mudah. Anda harus segera ganti komponen tersebut dengan yang baru.

Baca Juga : Cara Membersihkan Jok Mobil Bahan Kain, 4 Langkah yang Tepat

Ada Udara pada Sistem Hidrolik Rem

Adanya udara pada sistem hidrolik juga bisa menjadi penyebab rem mobil terlalu dalam. Jika hal ini terjadi, maka akan berbahaya bagi pengemudi.

Hal ini mengakibatkan rem kurang bekerja optimal. Bahkan jika udara terlalu banyak yang masuk, akan mengakibatkan rem tidak berfungsi. Masuknya udara melalui tabung reservoir. Ketika minyak rem berkurang, maka udara akan masuk.

Cara untuk mengatasi masalah ini yaitu lakukan pembuangan melalui bleeder nut pada kliper rem. Selanjutnya masukkan minyak rem sampai volume maksimal. Banyak hal yang bisa terjadi pada komponen mobil.

Sebagai pemilik kendaraan, sebaiknya selalu melakukan pengecekan. Dengan melakukan perawatan dan pengecekan secara rutin, bisa menghindari hal-hal buruk. Bahkan risiko kecelakaan pun akan semakin kecil.

Apalagi rem yang menjadi komponen vital dalam berkendara. Jika tidak anda lakukan pengecekan secara tepat dan teratur, maka mengakibatkan masalah terjadi.

Salah satunya yaitu rem blong atau aus. Sehingga mengakibatkan kurangnya kenyamanan dalam berkendara. Agar anda bisa mengatasi masalah yang terjadi, cari tahu faktornya. Begitu juga dengan penyebab rem mobil terlalu dalam. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah