Penyebab Setir Mobil Bergetar yang Sering Terjadi pada Kecepatan Tinggi

Penyebab Setir Mobil Bergetar yang Sering Terjadi pada Kecepatan Tinggi
Ilustrasi penyebab setir mobil bergetar. Foto: Ist/Net

Penyebab setir mobil bergetar perlu anda ketahui untuk bisa memberikan solusi yang tepat. Kenyamanan berkendara bisa dipengaruhi dari komponen itu sendiri.

Mobil menjadi salah satu kendaraan yang cukup banyak digunakan saat ini. Sehingga, lebih mudah dalam menjalani berbagai aktivitas.

Apalagi saat musim hujan mobil cukup berperan untuk mengantar anda sampai ke tujuan. Selain lebih nyaman anda juga akan lebih aman berkendara dengan kendaraan roda empat ini.

Baca Juga : Penyebab Rem Mobil Terlalu Dalam Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Selain itu, komponen yang berperan di dalamnya pun mampu menunjang performa kendaraan dalam kondisi baik. Namun, seiring penggunaannya yang cukup lama dan sering membuat beberapa komponen mengalami kerusakan.

Padahal anda harus terus mengetahui kondisi mobil agar tetap dalam keadaan baik. Sehingga, komponen harus terus anda berikan perawatan dan pengecekan secara rutin.

Salah satu yang sering dirasakan para pengemudi yaitu kondisi setir mobil bergetar. Ada beberapa faktor penyebab setir mobil bergetar yang sering terjadi.

Hal ini akan sangat terasa apabila anda mengemudi dengan kecepatan tinggi. Getaran akan sangat terasa dan membuat anda merasa tidak nyaman.

Sebaiknya ketika anda mengalami hal tersebut jangan abaikan. Sebab, jika kondisinya terlalu lama anda biarkan akan berakibat fatal. Sehingga, bisa menimbulkan resiko terjadinya kecelakaan.

Memiliki mobil tentu tidak bisa anda biarkan saja dalam keadaan bermasalah. Ketika penyebabnya sudah anda ketahui tentu cara mengatasinya pun akan lebih mudah.

Faktor Penyebab Setir Mobil Bergetar

Mobil menjadi alat transportasi darat yang sering dikenakan saat ini. Bahkan hampir semua orang saat ini memiliki mobil sebagai alat transportasi untuk beraktivitas sehari-hari.

Terkadang memiliki mobil memang cukup mudah hanya saja perawatannya cukup sulit. Apalagi jika anda tidak melakukannya secara rutin.

Baca Juga : Seal Belt Macet, Begini Fungsi dan Cara Membersihkannya dari Kotoran

Hal ini akan berakibat fatal pada kendaraan itu sendiri. Mendeteksi timbulnya kerusakan pada mobil sebenarnya bisa anda ketahui saat berkendara.

Salah satunya melalui sensasi getaran dari komponen setir mobil. Sebab, tidak semua masalah yang terjadi bisa anda atasi dengan melepas komponen.

Berikut ini ada beberapa penyebab komponen setir pada mobil sering bergetar. Hal ini jangan anda sepelekan. Sebaiknya segera cari tahu untuk memberikan solusi yang tepat.

1. Kaki-Kaki Mobil

Salah satu penyebab mengapa setir mobil anda bergetar yaitu terjadi pada bagian kaki-kakinya. Pada umumnya hal ini akan terjadi karena bagian tersebut mengalami keausan.

Baca Juga : Penyebab Knalpot Mobil Ngebul, Masalah Terjadi pada Komponen Mesin

Sehingga pengaruhnya lari pada bagian setir. Bagian-bagian yang aus pada komponen tersebut misalnya ball joint, rack steer, tie rod, dan lain sebagainya. Sebab, bagian tersebut memiliki keterkaitan dengan setir mobil.

2. Tidak Melakukan Spooring Balancing

Penyebab setir mobil bergetar saat kecepatan tinggi yaitu kurangnya melakukan spooring balancing. Spooring balancing itu sendiri merupakan salah satu perawatan mobil yang erat kaitannya dengan setir kendaraan.

Jika anda kurang rutin melakukan perawatan, bisa saja menimbulkan masalah tersebut. Jika kondisi ini terjadi maka membuat anda merasa kurang nyaman saat berkendara.

Maka dari itu, sebaiknya lakukan service spooring balancing untuk mendapatkan kenyamanan berkendara. Biasanya service yang satu ini bisa dilakukan setiap kendaraan menempuh jarak 10.000 km.

3. Kondisi Ban Mobil

Penyebab setir mobil bergetar lainnya bisa dikarenakan kondisi ban yang tidak stabil. Ban yang jarang di balance juga akan mengakibatkan masalah ini terjadi.

Sehingga, perputaran roda mobil kurang stabil. Anda bisa lakukan pengecekan pada bengkel resmi yang mampu mengatasi hal tersebut.

4. Tekanan Angin

Penyebab lainnya setir mobil bergetar yaitu adanya tekanan angin. Sebaiknya, sebelum mobil anda gunakan periksa kondisi semua komponen termasuk ban.

Pastikan ban sudah memiliki tekanan angin yang sesuai standar pabrik. Jika tekanan kurang sudah tentu mempengaruhi performa kendaraan. Sehingga, menimbulkan bergetarnya setir saat anda kemudikan.

5. Engine Mounting

Engine mounting menjadi salah satu penyebab yang bisa mempengaruhi kinerja setir mobil. Bahkan, getaran tersebut akan semakin terasa dan bisa anda rasakan mulai saat kendaraan menyala.

Sehingga, ketika berjalan setir mobil akan bergetar yang membuat laju kendaraan menjadi terganggu.

Beberapa penyebab setir mobil bergetar perlu anda ketahui agar tidak menimbulkan bahaya berkendara. Selain itu, berikan pengecekan dan perawatan pada semua komponen. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto