Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruPerawatan Rambut Kering Secara Alami yang Mudah Dilakukan

Perawatan Rambut Kering Secara Alami yang Mudah Dilakukan

Perawatan rambut kering bisa anda lakukan secara alami. Bahkan juga mudah untuk anda lakukan sendiri. Rambut kering tentunya bisa membuat penampilan menjadi kurang menarik. Terkadang hal tersebut disebabkan oleh perawatan yang kurang benar, sehingga rambut anda bisa mengalami kerusakan.

Inilah Perawatan Rambut Kering Secara Alami

Menggunakan Shampo yang Bisa Menjaga Kelembaban Rambut

Salah satu yang menjadi perawatan rambut kering yakni dengan anda memakai shampo yang memiliki kandungan sudah diformulasikan untuk tipe rambut ini.

Umumnya shampo untuk rambut kering memiliki kandungan pH yang lebih rendah sebagai penjaga kelembaban rambut. Pastikan juga anda tidak berlebihan dalam penggunaan shampo saat keramas.

Baca Juga : Perawatan Rambut Rusak dengan Bahan Alami dan Cara Membuatnya

Menghindari Mencuci Rambut Terlalu Sering

Untuk anda yang mempunyai rambut kering dan juga mengembang, perawatan rambut kering bisa dengan menghindari mencuci rambut setiap hari. Sebab kebiasaan ini akan membuat rambut bertambah kering dan juga rusak.

Maka dari itu, anda bisa mencuci rambut sebanyak 1 sampai dengan 2 kali dalam seminggu, atau anda bisa mencucinya ketika sudah merasa rambut kotor.

Menggunakan Kondisioner

Sebaiknya untuk perawatan rambut kering, anda bisa menggunakan kondisioner setelah mencuci rambut dengan memakai shampo atau keramas.

Kondisioner mampu membuat kutikula rambut menjadi tetap sehat serta menjaga kadar minyak alami yang berada di rambut. Bukan hanya itu saja, kondisioner juga dapat membuat rambut anda menjadi lebih sehat dan tentunya lembab.

Memberikan Perlindungan pada Rambut

Anda bisa melindungi rambut dari panasnya paparan sinar matahari yang lama. Apabila cuaca panas, anda bisa memakai topi saat beraktivitas di luar ruangan.

Anda bisa juga memakai penutup kepala saat mandi maupun berenang di kolam renang atau laut. Hal tersebut dapat melindungi rambut anda dari klorin serta air garam.

Baca Juga : Manfaat Creambath Rambut untuk Memanjakan Kulit Kepala Anda

Mengoleskan Minyak Alami

Disamping memakai kondisioner, anda bisa juga melakukan perawatan rambut kering dengan mengoleskan minyak yang terbuat dari bahan alami.

Salah satunya minyak zaitun yang memiliki manfaat dapat mempertahankan kelembaban rambut, melembutkan, serta memperkuat rambut sampai ke akarnya.

Bukan hanya minyak zaitun, anda bisa juga memanfaatkan minyak kelapa sebagai perawatan rambut yang kering dan mengembang. Minyak kelapa memiliki manfaat yang sama, yakni melembabkan rambut sekaligus bisa melindungi dari kerusakan.

Mengkonsumsi Makanan yang Sehat

Bukan hanya melakukan perawatan dari luar, anda juga harus melakukan perawatan rambut dari dalam. Hal tersebut bisa anda lakukan dengan memakan makanan yang sehat.

Contohnya saja ikan salmon. Mengkonsumsi ikan salmon bisa membantu rambut anda lebih sehat serta berkilau. Sebagai mengatasi rambut rapuh, anda bisa mengkonsumsi sayur bayam dan juga jambu biji untuk mencegah rambut yang rusak.

Memberi Nutrisi Rambut dengan Hair Mask

Anda bisa memilih produk hair mask yang secara khusus untuk perawatan rambut kering. Atau anda juga dapat membuat masker rambut dengan memakai bahan-bahan alami yang melembabkan. Misalnya saja madu, minyak kelapa, minyak zaitun, dan juga lidah buaya.

Baca Juga : Cara Menumbuhkan Rambut dengan Cepat dan Indah Alami

Mengurangi Penggunaan Catokan serta Hair Dryer

Panas yang dihasilkan oleh catokan dan juga hair dryer memiliki kesempatan membuat rambut anda menjadi kering. Sebisa mungkin anda usahakan untuk tidak terlalu sering memakai dua alat tersebut.

Jika memang dalam keadaan mendesak untuk menggunakannya, anda bisa memakai vitamin rambut atau head protection sebelum anda gunakan catokan.

Memperbanyak Minum Air Putih

Bukan hanya melakukan perawatan secara langsung saja, melainkan anda juga harus memperhatikan kondisi pada tubuh. Anda bisa memperbanyak minum air putih supaya tidak terjadi dehidrasi.

Sebagaimana yang kita tahu, minum air putih memiliki banyak manfaat. Bukan hanya manfaat untuk segi kesehatan tubuh saja, akan tetapi ternyata juga rambut. Dengan demikian, akan sayang jika mengabaikan manfaatnya.

Dengan anda minum air putih dalam jumlah yang cukup, maka membuat rambut anda tumbuh dengan akar yang kuat serta tidak kering maupun bercabang. Hal tersebut juga bisa menjadi upaya dalam perawatan rambut kering anda.

Dengan tips-tips perawatan secara alami ini, maka anda bisa terbebas dari rambut yang kering. Rambut anda pun akan tumbuh sehat dan cantik. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img