Perawatan Rambut Rontok dan Menyuburkannya Secara Alami

perawatan rambut rontok
Cara perawatan rambut rontok. Foto: Ist/et

Perawatan rambut rontok sebenarnya bisa dengan banyak cara. Jika Anda menggunakan bahan alami, maka ada banyak keutamaannya. Selain mengatasi masalah, perawatan ini akan membuat rambut menjadi lebih subur dan kuat.

Rambut hitam tebal terlihat benar-benar dambaan semua orang. Namun usia yang selalu bertambah juga akan mengurangi dari performa rambut, sehingga rambut tidak bisa tampil optimal seperti dulu saat masih muda.

Seiring usia pula rambut cenderung mengalami kerontokan. Namun kondisi ini bukan semata karena usia, perawatan rambut yang kurang juga menjadi kendala. Apalagi untuk rambut yang panjang juga mempunyai risiko kerontokan yang lebih besar.

Cara Perawatan Rambut Rontok

Nah untuk Anda yang mengalami masalah rambut rontok yang sudah parah bisa mencoba beberapa alternatif untuk mengatasinya. Termasuk dengan melakukan perawatan yang lebih hati-hati berikut ini.

Baca Juga : Perawatan Rambut Kering Secara Alami yang Mudah Dilakukan

Gunakan Ginseng

Dalam perawatan rambut rontok Anda sebaiknya pilih yang mengandung ginseng. Kandungan ginseng dapat memperkuat rambut hingga ke akar dan merupakan salah satu cara mengatasi rambut rontok.

Sebaiknya menggunakan ramuan ginseng yang masih alami dan mempunyai bau khas. Aroma ginseng ini bisa kita samarkan dengan membilasnya. Caranya gunakan vitamin yang mengandung ginseng pada sore hari sebelum mandi.

Setelah mengoleskan secara merata hingga akar rambut, bungkus dengan handuk hangat dan tunggu selama 30 menit. Ini berguna agar ginseng terserap sempurna oleh kulit kepala.

Setelah itu baru Anda bilas dengan air hangat terlebih dahulu. Sedangkan untuk membersihkan bau ginseng bisa dengan menggunakan sampo.

Pilih Shampo Yang Tepat

Dalam pemilihan shampo sebaiknya yang mempunyai kemampuan untuk mengatasi rambut rontok. Saran terbaik adalah menggunakan shampo dengan label hair loss bukan hair fall.

Perbedaan dua label ini terutama dalam kegunaannya. Jika pada hair fall hanya mengobati rambut dengan tingkat kerontokan normal. Secara normal rambut akan mengalami kerontokan sebanyak 20 hingga 30 helai setiap harinya.

Baca Juga : Perawatan Rambut Rusak dengan Bahan Alami dan Cara Membuatnya

Karena itu jika tingkat kerontokan rambut Anda masih dalam kisaran yang normal, jenis shampo ini tepat untuk Anda gunakan.

Namun jika kerontokan sudah lebih dari normal, shampo yang tepat untuk Anda gunakan adalah jenis hair loss. Shampo ini akan melakukan regenerasi pada akar rambut yang telah tercabut yang biasanya kerontokan tidak sampai hingga akar.

Namun jika kasus rambut rontok yang Anda alami hingga ke akarnya, sebaiknya segera menghubungi dokter. Bisa jadi ada faktor penyakit yang menyebabkan kondisi ini.

Gunakan Bahan Alami

Sekarang telah banyak sampo dalam berbagai jenis dan ukuran. Sebaiknya untuk perawatan rambut rontok parah, terutama bagi yang berusia lanjut, perlu menggunakan sampo dari bahan rempah-rempah alami saja.

Bahan alami mempunyai efek samping yang kecil bagi rambut,. Selain itu pula kandungan rempah dalam sampo alami dapat memberikan perlindungan ekstra pada rambut dan kulit kepala.

Meskipun bau rempah cenderung tidak enak, namun ini bisa Anda siasati dengan rempah aroma terapi. Seperti dengan jahe ataupun lavender.

Baca Juga : Pelurus Rambut Tanpa Catok yang Paling Tepat, Ini Daftarnya

Hindari Pewarna Rambut

Dalam perawatan rambut rontok sebaiknya Anda tidak memberikan warna pada rambut. Pada usia senja pasti akan bermunculan uban yang membuat kita kurang percaya diri. Umumnya untuk menyiasatinya yang paling cepat adalah dengan mewarnainya kembali.

Tentu efek pewarna rambut instan tidak berlangsung lama. Sehingga kita harus mengulang kembali keesokan harinya. Jika Anda sering melakukan hal ini sebaiknya segera meninggalkan cara seperti ini karena akan membuat rambut semakin rentan.

Jika ingin tampil beda, cobalah untuk memadukan baju dan celana dengan fashion yang sesuai dengan Anda. Setiap orang akan beruban pada waktunya bukan, jadi tidak perlu merasa malu.

Jauhi Hair Dryer

Dalam perawatan rambut rontok sebaiknya tidak menyisir rambut saat basah. Ini juga sangat penting untuk Anda perhatikan khususnya yang memiliki rambut panjang melebihi pundak.

Rambut panjang cenderung rapuh pada ujungnya. Ini dapat terjadi karena mineral yang tak sampai pada bagian ujung rambut.

Sebaiknya setelah keramas tidak langsung menyisir rambut. Keringkan rambut terlebih dahulu dengan handuk dan bantuan kipas angin. Hindari juga penggunaan hair dryer.

Rapikan rambut setelah setengah kering menggunakan sisir dengan lubang yang relatif besar. Sebaiknya tidak menggunakan sisir dengan gigi yang rapat terutama untuk meminimalkan kerontokan.

Sebaiknya untuk merawat rambut dengan lebih ekstra hati-hati saat sudah berusia lanjut. Karena usia lanjut mempunyai tingkat kerentanan yang lebih tinggi. Memilih rambut pendek mungkin lebih baik sehingga perawatan menjadi lebih mudah.

Cara perawatan rambut rontok berbeda pada setiap orang. Lebih baik memberi perlakuan dan pengobatan yang tepat sesuai dengan jenis rambut Anda. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah