Perawatan Sehari-Hari untuk Wajah Berjerawat, Berikut Caranya

Perawatan Sehari Hari Untuk Wajah Berjerawat, Berikut Caranya
Ilustrasi perawatan wajah berjerawat. Foto: Ist/Net

Perawatan sehari-hari untuk wajah berjerawat tentunya perlu usaha yang ekstra. Namun tidak ada hal yang mustahil untuk melakukannya. Tentunya anda juga perlu mengetahui hal apa saja yang sebaiknya anda lakukan.

Selain itu, juga menghindari hal yang bisa menambah jerawat anda lebih parah. Dengan melakukan beberapa kebiasaan baik untuk wajah, maka akan lebih terawat dan jerawat berkurang. Tentunya seiring berjalannya waktu dan secara perlahan.

Beberapa Cara Perawatan Sehari-Hari untuk Wajah Berjerawat

Jangan Memecah Jerawat

Apabila muncul bintik merah pada wajah anda, tentunya akan menimbulkan rasa gatal. Sensasi gatalnya akan membuat anda ingin menekan atau menggaruk jerawat tersebut. Namun salah satu cara merawat kulit berjerawat yaitu perlu menghindari hal itu.

Baca Juga : Cara Mengatasi Jerawat Bernanah dengan Bahan Alami yang Efektif

Anda harus menghindari untuk menyentuh apalagi memencet jerawat tersebut. Hal itu justru akan menambah masalah baru untuk wajah anda. Jerawat anda akan semakin memerah dan meradang. Terlebih apabila menimbulkan bekas, maka akan lama sekali hilangnya.

Melakukan Cuci Muka Secara Rutin

Salah satu perawatan sehari-hari untuk wajah berjerawat adalah mencuci muka secara rutin. Anda perlu mencuci muka saat pagi dan malam hari. Selain itu, juga setelah menggunakan make up dan berolahraga. 

Anda perlu menggunakan sabun cuci muka yang tepat. Tentunya yang sesuai jenis kulit atau kulit wajah berjerawat. Anda juga perlu menghindari mencuci muka dengan sabun yang mengandung zat wewangian.

Selain itu, juga yang mengandung alkohol dan kandungan terlalu kuat. Hal itu bisa membuat kulit wajah anda menjadi kering dan iritasi.

Usahakan kulit wajah selalu terhindar dari debu, kotoran, dan minyak yang menempel. Perlu membersihkannya secara lembut dan perlahan. Membersihkan wajah yang terlalu keras, akan membuat jerawat semakin parah. 

Pakai Obat Jerawat yang Tepat

Penggunaan obat jerawat juga penting dalam perawatan sehari-hari untuk wajah berjerawat. Anda bisa mengoleskan salep jerawat secara langsung pada area wajah berjerawat. Namun perlu memperhatikan kandungan obat jerawat tersebut.

Baca Juga : Manfaat Tender Care untuk Kulit Kering dan Berjerawat

Berbagai kandungan obat jerawat yang bisa anda gunakan tergantung jenis dan penyebabnya. Seperti halnya Benzoil peroksida untuk membantu lawan bakteri penyebab jerawat, yakni P. acnes. Asam salisilat yang bertujuan redakan jerawat meradang dan membersihkan pori-pori wajah. 

Retinoid yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori-pori wajah, dan menghentikan peradangan. Selain itu, bisa untuk mengurangi produksi minyak berlebihan pada wajah. 

Gaya Hidup Sehat

Perawatan sehari-hari untuk wajah berjerawat secara tradisional. Tentunya hal terpenting yaitu menjaga gaya hidup sehat. Anda bisa melakukan beberapa hal seperti minum air putih yang cukup dan makan makanan sehat. Seperti halnya sayur, biji-bijian, buah, dan ikan yang memiliki serat serta protein tinggi.

Untuk menghindari wajah berjerawat, maka tidak mengkonsumsi makanan cepat saji dan makanan berminyak. Sebaiknya juga tidak terlalu banyak mengonsumsi minuman manis dengan rasa atau yang mengandung soda. Hal yang paling penting, selalu berolahraga secara rutin.

Mengurangi Konsumsi Susu

Baca Juga : Penyebab Muncul Jerawat Pasir di Wajah dan Cara Mencegahnya

Apabila semakin sering mengkonsumsi susu, maka akan membuat produksi sebum meningkat. Tentu pada akhirnya menumpuk pada folikel rambut di bawah kulit. Sehingga akan mengakibatkan pori-pori tersumbat dan jerawat semakin meradang.

Sebagai perawatan sehari-hari untuk wajah berjerawat, sebaiknya anda perlu mengurangi konsumsi susu. Anda lebih baik memperbanyak minum air putih, tentu hal itu akan lebih menyehatkan.

Gunakan Sunscreen Atau Tabir Surya

Umumnya orang dengan kulit berjerawat menghindari penggunaan sunscreen atau tabir surya. Tentunya dalam rutinitas perawatan kulit sehari-hari. Tekstur pada sunscreen cenderung kental atau tebal. Sehingga banyak beranggapan dapat menyumbat pori-pori yang berisiko menimbulkan jerawat. 

Namun sebenarnya menggunakan sunscreen yang tepat, bisa menjadi perawatan wajah berjerawat. Beberapa obat jerawat yang anda gunakan membuat kulit menjadi rentan terhadap paparan sinar matahari. Maka sunscreen atau tabir surya menjadi hal penting untuk anda gunakan. 

Anda bisa melakukan perawatan sehari-hari untuk wajah berjerawat di atas. Tentunya ada juga hal yang perlu anda hindari. Sehingga jerawat tidak semakin meradang dan bertambah parah. Memiliki wajah yang bebas jerawat tentu saja membuat rasa percaya diri semakin meningkat. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah