Perbedaan Celak dan Eyeliner, Kalian Harus Tahu Faktanya

perbedaan Celak dan Eyeliner
Perbedaan Celak dan Eyeliner. Foto: Ist/Net

Apa kalian tahu apa perbedaan celak dan eyeliner? Sebenarnya kedua benda itu sama saja. Hal yang membedakannya hanya sebutannya. Celak ialah sebutan untuk eyeliner pencil yang cenderung lebih kering.

Celak sendiri adalah produk kecantikan yang familiar, khususnya bagi kalangan kaum hawa. Produk kecantikan ini sebenarnya juga sudah ada sejak lama.

Memakai celak sebelum tidur juga dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Selain itu, celak juga digunakan oleh ratu kecantikan, yaitu cleopatra.

Perempuan Mesir percaya kalau celak dapat mempercantik mata dan alis. Bahkan memiliki khasiat untuk kecantikan mata. Celak mata ternyata memiliki berbagai jenis dan bahan.

Celak mata yang sering digunakan oleh Nabi Muhammad SAW yaitu jenis batu hitam (itsmid) dari persia yang memiliki kualitas terbaik.

Cirinya, punya butiran halus, berkilau, serta bersih tanpa kotoran. Perempuan Timur Tengah memakai celak ini untuk menjaga kesehatan matanya.

Baca Juga : Manfaat Sarang Burung Walet untuk Kecantikan, Bikin Wajah Glowing

Sedangkan untuk perbedaan celak dan eyeliner jenis modern biasanya berbentuk cream dan ada yang menyerupai lipstik. Namun sebagian produk celak mata modern berbahaya karena telah tercampur lead (tembaga).

Selain Perbedaan Celak dan Eyeliner, Tersimpan Segudang Manfaat

Selain berguna untuk mempercantik diri, celak dan eyeliner juga memiliki manfaat tersendiri. Khususnya celak mata berbahan itsmid yang dipercaya memiliki khasiat bagi kesehatan mata.

Mengatasi Iritasi

Saat mata kita gatal dan perih hingga berwarna merah karena iritasi, kita bisa menggunakan celak untuk pertolongan pertama. Khususnya yang terbuat dari batu itsmid, sebab bisa menangkal radikal bebas yang masuk ke mata melalui debu.

Pemakaian celak juga sebaiknya saat malam hari sebelum tidur, karena dapat melindungi kelopak mata dan mengeluarkan kotoran yang masuk ke dalam mata.

Baca Juga : Standar Kecantikan di Sejumlah Negara, Apa Kamu mengikutinya?

Mengatasi Sakit Mata

Kandungan batu itsmid pada celak dan eyeliner dapat mengobati penyakit mata ringan misalnya mata lelah karena kurang tidur. Bahkan dapat menjernihkan pandangan dan selaput mata, mengencangkan syaraf mata, hingga mengobati mata rabun.

Mengobati Sakit Kepala

Selain sebagai produk kecantikan, ternyata celak juga sebagai produk kesehatan. Kita hanya perlu mencampurkan serpihan celak dengan madu murni lalu meminumnya atau mengoleskannya sekitar dahi dan memijatnya ringan.

Selain itu, celak juga sebagai obat luka bakar. Hanya mencampurkannya dengan minyak alami, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Lalu kita bisa oleskan ke bagian luka bakar secara rutin.

Melentikkan dan Menumbuhkan Bulu Mata

Kebanyakan perempuan mendambakan memiliki bulu mata yang lentik. Itulah sebabnya mereka memakai bulu mata palsu agar terlihat cantik sempurna.

Bahkan sampai ada yang melanggar syariat dengan melakukan sulam alis atau ekstensi bulu mata. Selain tidak memiliki perbedaan, celak dan eyeliner juga banyak wanita gemari. Mulai dari daerah Mesir, Afrika, dan Timur Tengah.

Biasanya menggunakan kajal atau kohi dan cukup populer. Ada tradisi lama yang mengatakan bahwa kaja dapat mengusir serangga, memperindah mata, dan juga melindungi dari sinar matahari. Mereka percaya kalau kaja memberikan manfaat yang luar biasa.

Baca Juga : Suntik Filler Wajah, Ketahui Manfaat dan Efek Sampingnya

Langkah Merias Mata Menggunakan Kaja

Selain bisa mengetahui perbedaan celak dan eyeliner, kalian juga bisa mengetahui bagaimana cara menggunakan kaja. Mulailah dari sudut dalam hingga keluar.

Lalu untuk kelopak bawah, taruh bagian bawah mata dengan jari manis secara perlahan dan melihat ke arah atas. Kalian bisa pulas kaja menggunakan bantuan tangan yang lainnya.

Jangan menekan terlalu keras untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan dan hindari masuk ke dalam mata. Kamu juga harus menyesuaikan dengan jenis riasanmu, apa kamu ingin garisnya tebal atau tipis.

Ujung yang tumpul akan membentuk ujung tebal dan sebaliknya ujung runcing membentuk ujung tipis. Saat ujung kaja terasa keras, kalian bisa membakarnya diatas api kecil.

Selain itu, sesuai perkembangan zaman jenis eyeliner semakin banyak. Ada yang tidak tahan dengan air, ada yang bisa bertahan lama tetapi akan luntur bila terkena air. Ada juga yang tidak bisa luntur walau terkena air.

Jenis yang tahan lama dan tidak luntur jika terkena air, ini bernama eyeliner waterproof. Sehingga meninggalkan pertanyaan apakah sah saat berwudhu.

Jika itu tahan air, berarti menghalangi air untuk menyentuh anggota wajah tersebut, maka wudhunya tidak sah. Bagi wanita yang ingin memakai eyeliner jenis ini, ada baiknya kamu menghapusnya terlebih dahulu sebelum berwudhu.

Jadi, kalian sudah mengetahui apa perbedaan celak dan eyeliner bukan? Jawabannya, mereka keduanya adalah sama. Hal yang membedakannya hanyalah bentuknya saja. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah