Perbedaan iPhone HDC dan Ori yang Perlu Anda Ketahui

Perbedaan iPhone HDC dan Ori yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi Perbedaan iPhone HDC dan Ori. Foto: Ist/Net

Perbedaan iPhone HDC dan ori belum banyak yang memahaminya. Bagi penggunanya, tentunya sangat penting dalam mengetahui perbedaan produk asli ataupun tiruan. Hal itu agar dapat menghindari adanya penipuan saat membeli ponsel tersebut.

Ponsel iPhone merupakan salah satu produk yang banyak digemari oleh masyarakat dan tentunya cukup populer. Sehingga oknum tidak bertanggung jawab akan memiliki peluang besar untuk dapat memalsukan produk tersebut.

HDC adalah kependekan dari Handphone Copy Draw. Dalam arti secara mudah, HP HDC yaitu HP replika. Ataupun sebutan lainnya yang populer dengan HP KW. HP HDC memiliki tampilan menu sangat mirip dengan produk yang asli.

Ketahui Perbedaan iPhone HDC dan Ori

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui ponsel iPhone apakah merupakan produk asli ataupun iPhone HDC. Berikut beberapa caranya.

App Store

Cara ini tentunya paling mudah dalam mengenali perbedaan produk iPhone HDC dan ori. Pertama, dengan cara melihat pada fitur App Store. Biasanya pada HP HDC menggunakan fitur Android seperti halnya Google Play Store.

Baca Juga : Touch ID iPhone Rusak, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tentunya yang custom mirip dengan App Store. Apabila anda sangat teliti dalam melihat menu dan fitur dalam iPhone HDC tersebut, maka perbedaannya mudah untuk terlihat.

iTunes

Mengenai adanya pengenalan iTunes terhadap perangkat, hal tersebut menjadi cara dalam cek perbedaan iPhone HDC dan ori. Pada umumnya, iPhone HDC tidak mudah untuk terhubung dengan perangkat yang lainnya. 

Material Ponsel

Perlu untuk selalu memperhatikan material luaran dari iPhone saat akan membeli. Ponsel iPhone yang ori selalu menggunakan material bagus. Namun ponsel iPhone produk tiruan atau HDC menggunakan dengan material plastik. 

Fitur dan Spesifikasi

Biasanya dalam fitur dan spesifikasi yang terdapat pada iPhone HDC tidak bisa sama ataupun melebihi iPhone produk orinya, namun hanya akan mirip saja.

OS

Selanjutnya perbedaan iPhone HDC dan ori dengan memperhatikan bagian OS. Biasanya untuk iPhone yang asli ataupun keluaran pabrikan akan selalu menggunakan sistem operasi iOS.

Namun pada iPhone HDC akan lebih sering menggunakan sistem operasi dari Android yang diubah. Sehingga bisa menjadi lebih mirip iPhone.

Layar

Langkah selanjutnya perlu membandingkan dengan layar iPhone lain. Hal tersebut nantinya akan terlihat lebih jelas mengenai perbedaan retina display. Maka dari itu, jangan ragu untuk membandingkan dengan HP iPhone yang lain secara langsung.

Garansi

Setiap HP tentunya memiliki IMEI. Maka bagi yang ingin mengetahui iPhone yang akan dibeli tersebut produk ori atau tidak, sebaiknya mengecek terlebih dahulu IMEI.

Penggunaan Tombol Screenshot

Perbedaan iPhone HDC dan ori umumnya pada penggunaan tombol screenshot. Pada iPhone ori akan menggunakan tombol kunci dan home secara bersamaan. Namun untuk iPhone HDC tidak bisa dengan tombol tersebut apabila melakukan screenshot.

Slot MicroSD

Apabila menemukan produk iPhone yang memiliki slot microSD, maka sudah dapat dipastikan bahwa perangkat tersebut adalah iPhone HDC atau KW. Sedangkan pada versi orinya tidak memiliki slot microSD. 

Harga

iPhone keluaran terbaru, namun dengan harga yang terjangkau. Anda perlu untuk mencurigai hal tersebut bahwa HP itu adalah iPhone HDC.

Terlihat adanya perbedaan iPhone HDC dan ori dari segi harganya. Saat ini iPhone rilisan paling baru yang resmi tentunya tidak pernah terjual dibawah harga pasaran.

Daftar iPhone HDC

Ponsel iPhone memang sering menjadi incaran dari oknum replika HP HDC. Bukan tanpa alasan. Hal itu karena produk iPhone selalu laris di pasaran meskipun memiliki harga yang mahal.

Tentunya banyak produsen HP HDC menjadikannya kesempatan. Ponsel dengan bentuk dan isi yang sama iPhone asli, namun lebih murah. 

Terlihat dari pantauan penjualan online, ada beberapa iPhone yang banyak versi tiruannya. Hal itu mencakup iPhone 6 HDC, iPhone 7 Plus HDC, dan iPhone 8 Plus HDC.

Selain itu, juga yang terbaru seperti iPhone 11, iPhone 11 Pro Max, dan iPhone 12. Harga iPhone 11 HDC ini tersedia dengan hanya 3 jutaan. Tentunya berbeda jauh dari harga asli yang terjual di atas 10 jutaan. 

Itulah penjelasan mengenai perbedaan iPhone HDC dan ori. Hal itu agar dapat menghindari penipuan saat membeli ponsel tersebut. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto