Jarang Tahu, Petani Pangandaran Jelaskan Manfaat Kapulaga

Petani Pangandaran Jelaskan Manfaat Kapulaga
Tanaman kapulaga yang dibudidayakan masyarakat Langkaplancar. Selain bernilai tinggi, ternyata manfaat kapulaga juga sangat baik untuk kesehatan. Foto : Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Hampir semua penduduk Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, banyak yang menanam pohon kapulaga. Baik itu di kebun maupun pekarangan. Namun, tidak banyak yang tahu apa manfaat dari kapulaga ini.

Amin, salah seorang warga Langkaplancar mengatakan, sebagian petani menanam pohon kapol hanya tahu bahwa itu adalah tanaman rempah yang bernilai ekonomi cukup tinggi. Sementara untuk manfaat dan kegunaannya belum banyak yang tahu.

“Selain harganya mahal, kapulaga juga sebenarnya memiliki banyak manfaat. Baik itu untuk bumbu masak atau untuk obat,” katanya kepada HR Online, Sabtu (20/3/2021).

Baca Juga : Pangandaran Penghasil Kapulaga Terbesar di Dunia

Lebih jauh Amin menjelaskan, manfaat kapulaga antara lain untuk menjaga kesehatan kulit, mengatasi masalah gigi dan mulut. Kemudian, menyehatkan paru-paru, melancarkan pencernaan, menyehatkan ginjal dan banyak lagi manfaat lainnya.

“Caranya bisa dengan cara memakannya langsung, atau bisa juga mengolahnya terlebih dulu,” jelasnya.

Amin meyakini bahwa masyarakat Kecamatan Langkaplancar hampir semuanya memiliki tanaman kapulaga. “Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika merasakan sakit, mencoba diobati dengan rempah ini,” ucapnya.

Baca Juga : Permintaan Meningkat, Kapulaga Pangandaran Tembus Rp 300 Ribu

Selain itu, lanjut Amin, kapulaga ini juga dipercaya dapat mengurangi stres. Karena sifat antidepresan yang terkandung di dalamnya sangat efektif untuk mengurangi stres.

“Jadi, manfaat dari kapulaga ini sangat banyak. Bukan hanya untuk membantu perekonomian, namun juga kesehatan tubuh,” pungkasnya. (Enceng/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto