Kamis, Oktober 6, 2022
BerandaBerita CiamisPKM Pamarican Ciamis Ajak Warga Perangi Tuberkulosis

PKM Pamarican Ciamis Ajak Warga Perangi Tuberkulosis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pusat kesehatan masyarakat (PKM) Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengajak warga untuk memerangi penyakit Tuberkulosis atau TB.

Ajakan tersebut dilakukan pihak Puskesmas bersama jajaran pemerintah Kecamatan beserta TNI/Polri dengan membagikan brosur ajakan memerangi penyakit TB.

“Kegiatan ini dalam rangka memperingati hari Tuberkulosis sedunia yang jatuh pada tanggal 24 Maret,” ujar Kepala Puskesmas Pamarican, Tata Sudinta, Rabu (24/3/2021).

Pihaknya sengaja berkeliling ke setiap desa di Pamarican untuk memberikan imbauan kepada masyarakat untuk melakukan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit TBC.

Selain mendatangi warga, pihaknya juga mendatangi seluruh pusat perkantoran di Kecamatan Pamarican dan membagikan brosur ajakan memerangi Tuberkulosis atau TB.

“Mari kita sukseskan program penanganan ini agar Indonesia bisa terbebas dari TB pada tahun 2030,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Puskesmas Pamarican juga mendatangi para penderita TB.

Puskesmas Pamarican memiliki program bernama Ketuk Pintu. Program ini tujuannya untuk penjaringan suspek TB, berawal dari keluarga penderita yang diambil sample sputumnya.

“Lalu kita lakukan tracking ke lingkungan sekitar, serta melakukan screening di  lingkungan rumah penderita, dengan cara ini kita akan mengetahuinya, jika ada temuan warga yang bergejala TB,  maka kami akan langsung ambil sample sputumnya,” terangnya.

Pihaknya berharap dengan adanya program tersebut, warga di wilayah Kecamatan Pamarican akan terbebas dari penyakit Tuberkulosis. (Suherman/R8/HR Online)

Editor: Jujang