Kamis, Desember 9, 2021
BerandaBerita CiamisPosko Covid-19 saat PPKM Tingkat Desa Disoal Warga Ciamis Utara

Posko Covid-19 saat PPKM Tingkat Desa Disoal Warga Ciamis Utara

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Keberadaan Posko Covid-19 pada pelaksanaan PPKM mikro tingkat desa di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, khususnya wilayah Ciamis Utara, disoal.

Warga Ciamis Utara menilai upaya untuk menurunkan kasus Covid-19 belum maksimal. Indikasi tersebut terlihat dari banyaknya posko yang tidak disertai dengan adanya petugas yang berjaga.

Ucap Ramdan, warga Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, mengatakan, tidak adanya petugas yang berjaga di Posko Covid-19 saat PPKM mikro mengakibatkan pelanggar protokol kesehatan  masih saja terjadi.

“Kalau saja ada petugas yang berjaga, setidaknya mereka melakukan edukasi dan sosialisasi protokol kesehatan 5M. Termasuk penegakan disiplin prokes kepada warga yang masih melanggar,” katanya, Selasa (09/03/2021).

Menyikapi hal tersebut, Ramdan berharap Satgas Covid-19 dari tingkat kabupaten hingga desa bisa benar-benar menjalankan tugasnya. Melakukan monitoring supaya dapat mengendalikan kasus Covid-19 dengan efektif.

Menurut Ramdan, agar posko dapat berjalan efektif maka perlu adanya struktur dan personal yang terdiri dari aparat dan mitra desa, sesuai kebutuhan. Selain itu, juga adanya keterlibatan masyarakat, serta alur komando dan koordinasi.

Baca Juga : PPKM Mikro di Kawali Ciamis, Petugas Pantau Taman Surawisesa

“Ya, karena pada pelaksanaan PPKM mikro, posko memiliki fungsi pencegahan, penanganan dan pembinaan,” kata Ramdan.

Usman Ali, warga lainnya juga menilai keberadaan Posko Covid-19 pada pelaksanaan PPKM mikro sebenarnya bisa efektif untuk menurunkan angka kasus. Namun sayangnya, posko yang berada di setiap desa masih banyak yang kosong.

“Bagi desa yang melaksanakannya kerap dicecar pertanyaan oleh pelanggar prokes. Sebab mereka merasa dibedakan ketika melewati wilayah desa lainnya yang tidak ada petugas jaga. Terlebih kalau ada sanksi,” ujarnya.

Usman menambahkan, dengan kondisi seperti itu, jajaran Satgas Covid-19 perlu melakukan pemantauan dan arahan. Sehingga, pengawasan pada pelaksanaan PPKM mikro tidak pernah kendor. (Dji/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -