Kamis, Desember 9, 2021
BerandaBerita CiamisPoster Sindir Jalan Rusak di Timbang Windu Ciamis, Ini Kata DPUPR

Poster Sindir Jalan Rusak di Timbang Windu Ciamis, Ini Kata DPUPR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Poster bertuliskan ‘Jalan Ini Sedang Diperbaiki, Tapi Bohong’ menarik perhatian. Poster tersebut bentuk sindiran warga terhadap jalan rusak di Dusun Timbang Windu, Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Hujan lebat akhir-akhir ini di Kabupaten Ciamis memang membuat sejumlah jalan rusak tergenang air. Salah satunya jalan di Dusun Timbang Windu, Desa Pamalayan.

Jalan yang statusnya merupakan jalan Kabupaten tersebut aspalnya rusak, jika musim hujan genangan air memenuhi badan jalan. Pengendara yang lewat pun harus ekstra hati-hati.

Baca Juga: 20 Tahun Tak Diaspal, Jalan Langkapsari-Tanjungsari Ciamis Rusak Parah

Keterangan dari warga sekitar, sudah beberapa kali ada pengukuran jalan dari petugas. Namun, perbaikan jalan sepanjang 2 kilometer tersebut tak kunjung terealisasi.

Kehadiran poster yang menyindir rusaknya jalan di Timbang Windu merupakan salah satu cara warga untuk protes. Sayangnya, tidak ada yang tahu siapa yang memasang poster tersebut. Kalaupun ada yang tahu, warga enggan menyebut nama.

Pemkab Ciamis Usahakan Perbaikan Jalan Rusak di Timbang Windu

Okta Jabal, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Ciamis, ketika dikonfirmasi HR Online, Selasa (9/3/2021), mengakui jalan yang berstatus jalan kabupaten tersebut kondisinya rusak parah dan perlu segera diperbaiki. 

“Sebenarnya dari tahun kemarin, kami sudah mengajukan perbaikan jalan tersebut, namun akibat kendala anggaran yang tidak mencukupi karena adanya refocusing Covid-19, maka jalan tersebut belum bisa diperbaiki,” katanya.

Jalan Rusak di Timbang Windu Ciamis
Poster sindir jalan Rusak di Timbang Windu, Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Foto: Istimewa

Meskipun begitu kata Okta, tahun 2021 pihaknya juga sudah mengupayakan mengajukan kembali untuk perbaikan jalan dengan menggunakan anggaran bantuan Provinsi Jawa Barat.

“Mudah-mudahan tahun ini bisa terealisasi perbaikan jalan Timbang Windu yang mana sudah sejak lama mengalami rusak parah. Kami juga sedang menunggu hasilnya seperti apa nanti anggaran yang diberikan pihak Provinsi Jawa Barat. Karena menggunakan APBD tidak akan mencukupi,” ungkapnya.

Okta berharap masyarakat bersabar, karena Pemkab Ciamis terus mengupayakan untuk perbaikan Jalan Timbang Windu.

“Kami berharap warga bersabar, karena kami pun terus mengupayakan perbaikan Jalan Timbang Windu sehingga jalur yang sudah dilalui oleh angkutan umum tersebut tidak terganggu aksesnya,” katanya.

Selain itu, Okta juga berharap anggaran yang diberikan Pemerintah Provinsi Jawa Barat tidak terganggu kembali.

“Sehingga pengajuan dari pemerintah daerah bisa terlaksana dengan baik sesuai dengan harapan warga masyarakat, yakni akses jalan semuanya baik,” tandasnya. (ES/R7/HR-Online)

Editor: Ndu

- Advertisment -