Potensi Ayam Sentul Asli Ciamis Sangat Tinggi di Pasaran

Ayam Sentul Ciamis
Potensi ayam Sentul asli Ciamis sangat tinggi di pasaran. Foto: Feri Ramdani/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Potensi ayam sentul asli Ciamis atau ayam ras asli Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, saat ini sangat tinggi di pasaran. Bahkan, pasokan keluar daerah setiap harinya mencapai 400 sampai 600 ekor belum terpenuhi, karena masih kurang maksimalnya produksi dari beberapa peternak di Ciamis.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis, Syarif Hidayat mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan berbagai perkembangan dalam mengelola atau beternak ayam sentul asli Ciamis.

“Saat ini ayam sentul banyak digemari dari luar daerah, seperti Majalengka, Kuningan dan Bandung. Bahkan, permintaan pasokan keluar daerah juga belum bisa tertutup,” katanya kepada HR Online, Jumat (26/03/2021).

Syarif juga mengatakan, sebagai upaya untuk menutup kekurangan pasokan keluar daerah, sekarang sudah ada ada Balai Pembibitan Ayam Sentul yang berada di Desa Sukamaju, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis.

Dalam balai tersebut, ada sebanyak 250 ekor ayam sentul jantan dan betina. Setiap satu minggu sekali bisa menghasilkan 200 sampai 300 ekor.

“Selain balai, kita juga punya kelompok peternak ayam sentul Ciamis, yaitu sebanyak 23 kelompok. Kemudian ada juga paguyuban peternak petelur ayam sentul Ciamis,” terangnya.

Baca Juga : Inilah Ayam Sentul Prima, Hasil Perkawinan Silang Antara Ayam Ciamis dengan Malang

Peternak Ayam Sentul Ciamis Tak Terdampak Pandemi

Menurut Syarif, di masa pandemi Covid-19 ini, kelompok peternak ayam sentul Ciamis tidak terlalu terdampak. Pasalnya, harga ayam sentul di pasaran saat ini masih stabil, bahkan ada peningkatan.

“Untuk harga ayam sentul asli Ciamis sendiri sebelumnya 28 ribu rupiah per kilogramnya, saat ini naik menjadi 38 ribu rupiah,” katanya.

Syarif juga menjelaskan, ayam sentul memang hampir sama halnya dengan ayam kampung biasa. Namun, ayam sentul dalam proses pemeliharaannya lebih mudah. Kemudian, warna bulunya menyerupai hewan hias dan lebih tahan penyakit.

Tidak hanya itu, dalam tekstur dan rasa daging ayam sentul juga lebih gurih dan kenyal, bertelurnya juga banyak, yaitu sampai 19 butir. Terpenting sangat cepat diserap pasar.

Ia menambahkan, banyak masyarakat luar daerah yang menyukai ayam sentul Ciamis. Karena harga ayam sentul sangat bagus di pasaran.

“Mudah-mudahan saja produksi ayam sentul semakin banyak lagi. Kemudian masyarakat Ciamis juga dapat memelihara ayam khas Tatar Galuh Ciamis ini,” pungkas Syarif. (Feri/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah