Selasa, Januari 18, 2022
BerandaBerita TerbaruProfil Aprilia Manganang, Atlet Voli Putri yang Kini Resmi Menjadi Pria

Profil Aprilia Manganang, Atlet Voli Putri yang Kini Resmi Menjadi Pria

Profil Aprilia Manganang yang resmi menjadi pria jadi salah satu trending di Google dan jadi bahan perbincangan warganet di berbagai media sosial seperti Facebook dan Twitter. Aprilia terkenal sebagai seorang tentara dengan pangkat sersan dua dan juga atlet Voli Putri.

Namun, yang membuat viralnya bukan karena prestasi dari voli atau ketentaraan. Melainkan ia didiagnosis menderita sebuah penyakit Hipospadia.

Mungkin banyak orang yang tidak mengetahui apa penyakit ini. Hipospadia adalah kondisi bawaan ketika lubang kencing ada pada bagian bawah organ.

Baca Juga: Profil Riko Shibata, Istri Kelima Nicolas Cage

Hal ini yang membuat seorang pria dianggap sebagai wanita. Hal ini terjadi kepada Aprilia saat ini.

Memang banyak netizen yang tak percaya bahwa dia adalah seorang wanita. Hal ini karena ia memiliki otot yang besar serta rambut pendek.

Di akun tiktok Aprilia Manganang juga kerap kali memposting kegiatannya sedang berolahraga. Salah satu yang viral adalah ketika ia melakukan push up.

Profil Aprilia Manganang yang Resmi Menjadi Pria

Kepala Satuan Angkatan Darat (KSAD) Andika Perkasa memberikan keterangan pers. KSAD bersama dokter-dokter dari RSPAD Jakarta menggelar keterangan pers.

Andika menjelaskan bahwa mereka melihat perkembangan dari Aprilia terutama di tempat kerja. Kemudian satuan Angkatan Darat pun memutuskan membantu Aprilia untuk melakukan pemeriksaan pada Februari lalu.

Hasil dari pemeriksaan pun cukup mengejutkan. Rupanya, hormon dari Aprilia ini cenderung kepada laki-laki ketimbang perempuan.

KSAD juga menyebutkan tidak ada tanda-tanda bahwa Aprilia itu adalah perempuan. Dari hasil forensik ini, Aprilia akhirnya resmi menjadi laki-laki.

Selanjutnya, pihak Angkatan Darat juga akan berkoordinasi dengan pengadilan di Tondano. Hal ini bertujuan untuk mengganti status dan data-data Aprilia dari wanita ke pria.

Sosok Aprilia Manganang

Memiliki nama lengkap Aprilia Santini Manganang. Ia lahir di Tahuna, Sulawesi Utara tanggal 27 April 1992.  Ia dikenal masyarakat Indonesia sebagai seorang atlet bola voli wanita.

Sejak SMP Aprilia menekuni beberapa olahraga mulai dari voli, basket hingga atletik. Sejak SMA ia berhenti menjadi pemain voli untuk menekuni basket.

Namun, ia melihat bola voli bisa lebih cepat menghasilkan uang untuk kehidupannya. Keluarga dari Aprilia memang bukan termasuk orang kaya.

Jalan yang dipilihnya memang benar, ia sangat sukses di olahraga Voli. Ia memulai karir profesionalnya dengan bergabung dengan tim Alco Bandung.

Tak lama kemudian , Aprilia Manganang pindah ke tim BNI 46. Namun prestasi pertama yang ia dapatkan adalah di tahun 2014.

Tim Aprilia pada saat itu Valeria Papua Barat menjadi runner up Proliga 2014. Dari sana, namanya mulai naik ke permukaan.

Setahun berselang, Ia direkrut oleh tim besar Proliga lainnya, Jakarta Electric PLN. Tahun pertamanya disana, Aprilia pun langsung memberikan gelar juara.

Baca Juga: Penampilan Terbaru Lucinta Luna Brewokan Bikin Heboh, Dikira Limbad!

Tahun 2016 pun masih di tim yang sama dan mampu mempertahankan gelar. Bahkan Aprilia mendapatkan prestasi individu sebagai Best Spiker.

Di tahun 2017 Aprilia Manganang gagal membawa timnya juara. Namun, ia terpilih menjadi MVP Proliga.

Karir Atlet Voli di Ajang Sea Games

Melihat performa apik dari Aprilia Manganang bersama Jakarta Electric PLN membuatnya terpilih menjadi pemain timnas.  Ia masuk dalam pelatnas untuk mengikuti Sea Games tahun 2015.

Ada kejadian unik juga di fase grup Sea Games 2015 ini. Saat itu, para pemain Filipina menuduh bahwa timnas Indonesia memiliki pemain laki-laki di Voli putri.

Sosok yang pemain Filipina maksud adalah Aprilia. Hal itu lantaran dari wajah dan bentuk tubuh berotot Aprilia lebih mirip laki-laki.

Namun, panitia Sea Games menyatakan bahwa Aprilia adalah perempuan. Sesuai dengan klaim Timnas Indonesia saat pendaftaran kepada panitia.

Kala itu, Timnas Indonesia berhasil menghajar Filipina dengan skor 3 set tanpa balas. Indonesia pun lolos dari fase grup.

Langkah Indonesia pun terhenti di Semifinal. Timnas Indonesia takluk oleh Thailand 3-1. Akhirnya di Sea Games 2015 tim bola putri Indonesia hanya mendapatkan medali perunggu.

Itulah profil Aprilia Manganang yang sekarang bersiap disahkan menjadi seorang pria. Terlepas dari kontroversi ini, sosoknya ini telah mengharumkan nama Indonesia di Asia Tenggara. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu

- Advertisment -