Program BSPS Rutilahu Selesai, 20 KK di Pamarican Ciamis Sumringah

Rutilahu
Program BSPS Rutilahu selesai, puluhan Kepala Keluarga (KK) di Pamarican, Kabupaten Ciamis mengaku bahagia. Foto: Suherman/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Program BSPS Rutilahu (rumah tidak layak huni) selesai, 20 KK (Kepala Keluarga) kurang mampu di Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengaku bahagia dan mengucapkan syukur atas adanya bantuan dari program tersebut.

Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Rutilahu merupakan program dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, melalui Dinas Permukiman dan Perumahan DPRKPLH Kabupaten Ciamis.

Masyarakat yang telah mendapat bantuan tersebut kini sudah bisa menikmati kenyamanan hidup. Rumah mereka yang sebelumnya tidak layak huni, berubah menjadi sebuah rumah nyaman berdinding tembok.

Nesih, salah seorang janda tua penerima manfaat program Rutilahu mengaku sangat terharu. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Neglasari, Pemerintah Kabupaten Ciamis, dan Pemprov Jabar, yang telah memberikan bantuan tersebut untuknya.

“Alhamdulillah, emak sekarang sudah merasa nyaman tinggal di rumah. Sebelumnya emak suka sedih ketika berada di dalam rumah yang sudah reyot. Sarieun emak mah bisi tiba-tiba ambruk rumah emak. Tapi sekarang rumah emak sudah pageuh,” ungkap Nesih saat ditemui HR Online, Senin (08/03/2021).

Sementara itu, jajaran Pemerintah Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, bersama BPD, LPM beserta Bhabinkamtibmas dari Polsek dan Koramil Pamarican, melakukan peninjauan terhadap 20 rumah warga yang mendapatkan program Rutilahu tahun 2020.

“Hari ini kami melakukan peninjauan secara langsung terhadap 20 KK yang menerima program BSPS Rutilahu. Alhamdulillah, semuanya sudah 100 persen selesai,” kata Kepala Desa Neglasari, Padli Efendi.

Menurut Padli, pihaknya mengaku bersyukur karena warganya telah mendapat bantuan program Rutilahu dari Pemprov Jabar. Ia pun berharap, kedepannya pemerintah bisa kembali memberikan bantuan serupa bagi warganya.

Baca Juga : BSPS dan Rutilahu di Ciamis Tumbuhkan Semangat Gotong Royong

Program Rutilahu di Ciamis Sesuai Harapan

Padli mengatakan, semuanya berjalan sesuai harapan. Semua rumah yang mendapatkan bantuan sudah selesai dan siap huni. Pihaknya sebagai pemerintah desa juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jabar dan Bupati Ciamis.

Begitu pula seluruh warga Desa Neglasari yang sudah bersama-sama memberikan dorongan serta tenaga, sehingga program Rutilahu ini bisa berjalan sesuai harapan.

“Untuk Pak Gubernur, mudah-mudahan tahun 2021 bisa kembali melanjutkan program BSPS Rutilahu. Karena, di desa kami ini masih banyak rumah warga yang kondisinya sudah tidak layak huni,” harap Padli.

Ketua LPM Desa Neglasari, Ajat Sudrajat mengaku terharu dengan tumbuhnya swadaya masyarakat saat menerima bantuan program Rutilahu.

“Kami sebagai yang mempunyai tugas melaksanakan program ini, sangat merasa terharu atas sikap serta semangat masyarakat yang luar biasa,” ungkapnya.

Menurut Ajat, program BSPS Rutilahu ini ternyata mampu menumbuhkan kembali rasa kebersamaan masyarakat. Mereka bergotong-royong membantu kekurangan para penerima manfaat. (Suherman/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah