Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita TerbaruPuasa dan Kesehatan, Lihat 9 Manfaatnya!

Puasa dan Kesehatan, Lihat 9 Manfaatnya!

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Puasa dan Kesehatan, lihat 9 manfaatnya. Puasa Ramadan mungkin kurang 1 bulan lagi, namun tahukah Anda bahwa puasa yang akan anda jalani dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi tubuh. 

Bagi seorang muslim yang sudah terbiasa melakukan puasa, selain puasa Ramadan pasti telah merasakan banyak perbedaan dan manfaat dari menjalankan ibadah puasanya. Bahkan banyak kasus penyakit parah yang justru bisa sembuh hanya dengan berpuasa.

Baik secara medis atau melalui penelitian lain, puasa yang anda jalani dengan benar memang telah terbukti dapat membuat tubuh lebih sehat. Berikut manfaat serta hubungan antara puasa dan kesehatan yang bisa Anda simak.

Manfaat Kesehatan dari Menjalankan Puasa

Racun dalam Tubuh Dapat Keluar

Manfaat puasa untuk kesehatan yang pertama adalah saat Anda sedang berpuasa, tubuh akan secara otomatis meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Ia akan mengeluarkan toksin atau racun yang mungkin ada dalam tubuh.

Kemungkinan adanya racun dalam tubuh memang pasti, karena tubuh kita telah memakan banyak makanan dan minuman dengan pewarna atau pengawet. Jika makanan dan minuman tersebut masuk secara terus menerus, maka kandungan pewarna dan pengawet akan menempatkan racun dalam tubuh.

Dalam kaitannya dengan puasa dan kesehatan, selain dari makanan, Anda mungkin setiap hari menghirup udara kotor, misal dari polusi udara kendaraan bermotor atau dari asap rokok. Semua itu juga dapat menjadi racun dalam tubuh. Pada saat Anda berpuasa, lemak di tubuh yang merupakan cadangan energi, akan secara otomatis diolah. 

Proses pengolahan ini akan membakar racun yang ada dengan cara bersama-sama. Itulah sebabnya mengapa dengan berpuasa tubuh dapat mengeluarkan racun. Dengan keluarnya atau berkurangnya racun dalam tubuh, maka secara otomatis tubuh menjadi jauh lebih sehat.

Organ Ginjal Menjadi Sehat

Masih berkaitan dengan racun, sebagaimana yang kita ketahui bahwa organ dalam tubuh yang memiliki fungsi khusus menyaring racun adalah ginjal. Kemampuan ginjal dalam menyaring racun didapat dari kekuatannya dalam memindahkan molekul pelarut melalui sebuah selaput yang dinamakan selaput semipermeabel.

Selaput ini berguna untuk menyaring cairan yang encer menjadi lebih pekat. Pada ginjal proses ini dinamakan kekuatan osmosis urin. Pada ginjal yang sehat, kekuatan osmosis urinnya dapat menghasilkan kekuatan maksimal yang mencapai seribu hingga dua belas ribu mililiter osmosis per kilogram air.

Hubungan antara puasa dan kesehatan ginjal dapat memberikan manfaat untuk membuat ginjal mencapai kekuatan maksimalnya. Dengan kata lain, ginjal tersebut dapat terus sehat dan menjadi sehat.

Kadar Kolesterol Jahat Dalam Darah Dapat Turun

Dalam tubuh manusia ada yang dinamakan kolesterol jahat dan baik. Kolesterol jahat (LDL) dapat menyebabkan penyakit stroke dan jantung, sedangkan kolesterol baik justru menjaga jantung agar tetap sehat. 

Puasa, dalam berbagai penelitian telah terbukti memiliki manfaat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan demikian penyakit jantung atau penyakit degeneratif lainnya dapat sembuh dengan berpuasa.

Berat Badan Lebih Terjaga

Saat berpuasa, organ dalam tubuh berhenti bekerja dari melakukan banyak aktivitas. Hal ini menyebabkan organ usus menjadi bersih dari endapan makanan yang mungkin tersisa saat kita tidak sedang berpuasa. Puasa dan kesehatan membuat endapan makanan yang tersisa tersebut menjadi lemak yang tersimpan di perut dan menimbulkan tubuh terlihat gemuk. 

Karena lemak tubuh akan dibakar untuk menghasilkan energi, maka tubuh yang selalu berpuasa tidak lagi memiliki lemak yang membuat tubuh menjadi gemuk. Alhasil berat badan pun menjadi lebih terjaga.

Otak Akan Berfungsi dengan Baik

Berdasarkan sebuah penelitian, produksi protein yang bernama BDNF akan meningkat pada saat Anda menjalankan ibadah puasa. Karena saat itu ada sel induk pada otak yang dapat memproduksi banyak sel otak baru. 

Artinya BDNF dalam hubungannya dengan puasa dan kesehatan, juga telah memicu produktivitas dari senyawa kimia lain yang ada di otak. Oleh karenanya, fungsi otak juga akan meningkat justru saat Anda berpuasa. Baik kemampuan seseorang dalam berpikir akan terus terjaga, tingkat kecerdasan dan kesehatan saraf lainnya, semua menjadi berfungsi secara maksimal justru saat sedang berpuasa.

Puasa Dapat Merawat Kecantikan Wajah

Tahukah Anda bahwa ada sekitar seratus dua puluh lima juta sel tubuh manusia yang mati setiap detiknya di setiap hari. Namun, ada lebih banyak sel baru yang juga dapat tumbuh melebihi jumlah mereka yang mati. 

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Hal ini karena puasa dapat memberi banyak perubahan, terutama dalam hal mengakumulasi asam amino yang ada pada makanan. Di mana asam amino sangat diperlukan tubuh dalam membuat fungsi dan kinerja sel menjadi baru dari waktu ke waktu.

Selain itu, pola makan yang tepat dan benar serta makanan yang menjadi bersih saat Anda puasa, akan membuat organ tubuh bagian dalam pun bekerja dengan sangat baik. Di samping itu tubuh punya waktu untuk beristirahat dalam pengolahan makanan.

Dari proses istirahat inilah, fokus tubuh berganti menjadi fokus dalam proses regeneratif atau pembentukan sel-sel baru pada sistem tubuh yang lain yang mungkin telah mengalami kerusakan atau perlu pergantian sel secara cepat. Dari semua ini, puasa dan kesehatan memang terbukti dapat merawat kecantikan wajah, membersihkan kulit dari jerawat atau gangguan kulit lainnya.

Puasa Cegah Penyakit Diabetes

Percaya atau tidak, saat Anda sedang berpuasa, kadar gula dalam darah menjadi berkurang. Hal ini karena saat siang hari berpuasa, Anda tidak melakukan aktivitas makan. Makanan yang Anda konsumsi mungkin mengandung gula yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Dengan melakukan puasa, kadar gula tersebut dapat anda minimalisir dan risiko terkena penyakit gula pun dapat Anda cegah. Jadi, bagi Anda yang tidak ingin terkena penyakit gula atau ingin mengobati penyakit gula, berpuasalah. Walau demikian saat berbuka tetap jaga pola makan Anda untuk menghindari melonjaknya kadar gula dalam darah secara tiba-tiba.

Kurangnya Rasa Sakit Pada Sendi

Manfaat puasa dan kesehatan lainnya adalah berkurangnya rasa sakit pada persendian, manakala Anda melakukan puasa. Karena saat berpuasa tubuh akan meningkatkan sel yang dapat membunuh bakteri dan menyembuhkan peradangan pada tulang sendi-sendi Anda.

Membantu Pembentukan Sperma pada Pria

Kalau pada wanita, puasa dapat mempercantik wajah dan kulit, lain halnya pada pria. Manfaat puasa bagi kesehatan pria adalah dapat membantu perkembangan sperma. Karena saat seorang pria berpuasa, terjadi perubahan hormon hipotalamus-pituitari yang mempengaruhi kedua sistem testisnya.

Selain itu, puasa juga dapat meningkatkan adrenalin. Hal ini karena saat berpuasa tubuh menjadi rileks dan tenang, keadaan seperti ini akan sangat bermanfaat bagi tubuh untuk menjaga kesehatan pembuluh darah. Sehingga saat puasa berakhir, tubuh menjadi lebih fit dan bugar serta adrenalin terpicu maksimal.

Demikian puasa dan kesehatan serta 9 manfaatnya yang bisa Anda petik. Begitu banyak, bukan? Oleh karenanya, mari lebih bersemangat dan bergembira lagi dalam menyambut puasa Ramadan 2021 kali ini.  (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -