Punggung Sakit saat Hamil, Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya

punggung sakit saat hamil
Penyebab punggung sakit saat hamil. Fto: Ist/Net

Punggung sakit saat hamil merupakan kondisi yang lumrah terjadi. Apalagi saat kehamilan semakin membesar tentunya akan memberikan beban tubuh yang meningkat pula. Untuk meredakannya Anda bisa mencoba cara mengatasinya yang mudah.

Kebanyakan wanita hamil memang akan mengalami keadaan sakit punggung. Rasa nyeri juga biasanya akan muncul ketika sedang membungkuk, mengangkat beban, bangun dari tempat tidur atau saat berdiri.

Penyebab Punggung Sakit Saat Hamil

Punggung yang terasa sakit ini biasanya akan lebih sering terjadi ketika kehamilan telah menginjak usia 8 bulan. Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan kondisi sakit ini. Untuk  lebih jelasnya simak informasi berikut ini.

Pertambahan Berat Badan

Kenaikan berat badan menjadi salah satu tanda kehamilan. Tulang belakang yang bertugas menopang tubuh juga akan terbebani dan menyebabkan pertambahan berat badan ini.

Kondisi ini yang menyebabkan munculnya punggung sakit saat hamil. Termasuk rasa sakit pada sekitar panggul. Gangguan ini akan semakin terasa jika berat badan juga semakin meningkat.

Baca Juga : Eklampsia Pada Kehamilan, Kenali Penyebab dan Gejalanya

Perubahan Hormon

Saat hamil, tubuh wanita umumnya akan memproduksi hormon relaksin yang membuat ligamen menjadi lebih rileks serta persendian menjadi longgar. Hal ini merupakan bagian persiapan bagi tubuh menjelang persalinan.

Ligamen dan otot yang turut menopang tulang belakang pada tubuh ini juga akan terkena dampak munculnya hormon ini. Kemudian ligament dan otot pada area panggul menjadi longgar sehingga punggung akan terasa sakit atau nyeri.

Pertumbuhan Bayi

Ketika usia kandungan bertambah maka ukuran janin dalam rahim juga akan membesar. Dengan bertambahnya ukuran janin dan rahim maka akan menekan pembuluh darah serta saraf bagian panggul dan punggung. Akibatnya, punggung sakit saat hamil.

Perubahan Postur Tubuh

Kehamilan juga mengubah postur tubuh. Maka jangan heran saat melihat ibu hamil yang kesulitan berjalan, tidur ataupun duduk. Karena perubahan postur tubuh ini, beberapa bagian bawah tubuh juga akan mengalami nyeri.

Baca Juga : Cara Mengatasi Gangguan Kehamilan, Mencegah Dampaknya Pada Janin

Stres

Tidak bisa kita pungkiri jika wanita mengandung juga akan merasakan yang namanya stres dari segi fisik maupun emosi. Akibatnya, otot bagian punggung akan mengalami ketegangan. Saat stres semakin meningkat, punggung juga akan semakin nyeri.

Jarang Berolahraga

Jika seorang wanita hamil jarang berolahraga maka risiko punggung sakit saat hamil akan semakin tinggi. Hal ini terjadi karena otot dan sendi pada bagian panggul dan punggung yang semakin lemah.

Cara Mengatasi Punggung Sakit Saat Hamil

Untuk meredakan nyeri atau sakit punggung saat mengandung ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Berikut ini beberapa solusi yang bisa Anda lakukan untuk meredakan gangguan tersebut.

Pijat

Lakukanlah pemijatan pada seluruh bagian punggung. Anda bisa meminta terapis ataupun suami atau pasangan Anda untuk melakukan pijatan tersebut. Namun sebaiknya pemijatan ini perlu dilakukan orang yang memang ahli.

Baca Juga : Mimisan Saat Hamil, Penyebab dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Kompres Punggung

Anda juga bisa melakukan kompres pada bagian punggung dengan menggunakan handuk berisi es batu. Coba saja melakukannya selama 20 menit dan ulanglah beberapa kali dalam sehari.

Selain menggunakan es batu, Anda juga bisa melakukannya dengan menggunakan kompres hangat. Gunakanlah botol berisi air hangat lalu tempelkan pada punggung yang nyeri.

Olahraga

Untuk menghindari punggung sakit saat hamil perlu rutin berolahraga. Dengan berolahraga maka Anda juga bisa memperkuat dan meningkatkan kelenturan otot serta mengurangi tekanan di bagian tulang belakang.

Beberapa jenis olahraga yang bisa wanita hamil lakukan antara lain yoga prenatal, jalan kaki, berenang ataupun pilates. Namun batasi olahraga Anda jangan sampai membuat Anda kelelahan.

Perbaiki Postur Tubuh

Sebisa mungkin, cobalah untuk selalu memperbaiki postur tubuh. Sarannya, jangan selalu duduk atau berada pada posisi yang sama secara terus menerus. Regangkan punggung sesekali untuk menghindari rasa nyeri.

Ibu hamil juga bisa menggunakan birthing ball untuk melatih otot punggung dan perut dalam mengatur posisinya. Anda bisa menaruh bantal antara lutut, punggung ataupun pada perut bagian bawah untuk mencegah nyeri perut.

Itulah berbagi faktor yang menyebabkan punggung sakit saat hamil. Untuk mengatasi atau meredakan gangguan ini bisa melakukan sejumlah cara. Baik dengan berolahraga ataupun dengan sejumlah alternatif yang bisa Anda pilih. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah