Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita JabarPusat Izinkan Mudik, Gubernur Jabar Ingatkan Kedisiplinan Prokes

Pusat Izinkan Mudik, Gubernur Jabar Ingatkan Kedisiplinan Prokes

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Pemerintah Pusat kini izinkan atau bolehkan masyarakat mudik lebaran pada tahun 2021 ini. Menanggapi hal tersebut, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengingatkan agar masyarakat meningkatkan kedisiplinan protokol kesehatan.

“Pada dasarnya sekarang aktivitas sudah boleh selama menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan memakai sabun,” ujar Ridwan Kamil, Rabu (17/3/2021).

Ridwan Kamil mengatakan penanganan Covid-19 tahun 2021 inni ada perbedaan dengan tahun lalu. Termasuk pusat kini izinkan mudik lebaran. Pada tahun ini, pemerintah telah memiliki pengetesan antigen yang pada tahun sebelumnya tidak ada.

Sehingga deteksi pengetesan bisa cepat, baik dalam perjalanan maupun pada tempat tujuan. Sampai saat ini persediaan pengetesan PCR dan Antigen cukup melimpah.

“Kelebihan pada tahun 2021 itu ada dua yakni kita memiliki teknologi antigen yang melimpah bisa melakukan pengetesan dalam perjalanan. Sebelumnya kan tidak ada, PCR juga banyak,” kata Ridwan Kamil.

Alasan lainnya pusat izinkan mudik tidak lain adalah vaksinasi yang saat ini gencar ke berbagai daerah. “Vaksinasi kini gencar sampai jutaan orang. Dua kegiatan ini tidak ada pada tahun 2020,” ungkapnya.

Gubernur Jabar pun tidak mempersoalkan silaturahmi mudik lebaran pada tahun ini. Namun, Ridwan Kamil pun mengingatkan agar protokol kesehatan tetap diterapkan untuk menghindari terjadinya penularan.

 “Silaturahmi mudik boleh, asal saat di kampung dan dalam perjalanan tetap hindari penurunan Covid-19. Tetap terapkan protokol kesehatan,” pungkasnya. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang

- Advertisment -