Pastikan Pelayanan Berjalan, Puskesmas Cigayam Ciamis Sidak Pustu

Puskesmas Cigayam
Kapus Cigayam saat melakukan kunjungan ke Pustu Karyamukti. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, Puskesmas Cigayam Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat mengunjungi sejumlah Puskesmas Pembantu (Pustu) yang ada di wilayah tersebut, Rabu (3/3/2021).

Kepala Puskesmas Cigayam Ari Angga Rianto mengatakan, pihaknya ingin memastikan semua Pustu bisa berjalan dengan baik, sehingga pelayanan kesehatan bisa dirasakan oleh masyarakat, terutama yang jauh.

“Kita sidak ke Pustu Desa Karyamukti tanpa memberitahukan dulu sebelumnya. Alhamdulillah ternyata tenaga medis yang kita tugaskan bekerja dengan baik dalam melayani masyarakat,” katanya.

Menurutnya, seharusnya pelayanan Pustu memang harus berjalan setiap hari. Namun karena keterbatasan personil, sehingga terkadang tempat pelayanan kesehatan tersebut tutup tanpa ada pemberitahuan.

Ia mencontohkan, tutupnya pustu sewaktu-waktu bisa karena petugas sedang melayani imunisasi, rapat di Puskesmas induk maupun Dinkes, serta sedang merujuk persalinan ke RS.

“Jadi kepada masyarakat juga harus bisa lebih memaklumi jika sesekali Pustu kedapatan tutup. Hal ini lantaran perugasnya memang terbatas, sementara wilayah jangkauan cukup luas,” ujarnya.

baca juga: Tanggul Jebol di Sindangrasa Ciamis Ancam Belasan Hektar Sawah

Puskesmas Cigayam Upayakan Penambahan Petugas

Ari menjelaskan, tugas Pustu sendiri antara lain memberikan pelayanan kesehatan yang hampir sama dengan Puskesmas, baik untuk melayanai perorangan maupun masyarakat umum.

Sementara itu, pelayannya pun bisa di dalam maupun di luar gedung. Sedangkan idealnya petugas terdiri dari 2-3 tenaga kesehatan agar semuanya berjalan sesuai harapan.

“Untuk memenuhi kebutuhan inilah kami belum bisa memberikan tambahan tenaga yang bisa ditugaskan untuk selalu  standby di Pustu setiap hari. Saat ini baru mampu memberikan tambahan tenaga saat melakukan pelayanan posyandu, imunisasi dan  pelayanan di luar gedung lainnya  sesuai jadwal,” imbuhnya.

Ke depan, pihaknya akan terus mengupayakan dan mengusulkan agar ada penambahan tenaga definitif  maupun non definitif agar kebutuhan petugas terpenuhi.

“Apalagi wilayah kerja UPTD Puskesmas Cigayam itu cakupannya sangat luas, meliputi 10 desa,” pungkasnya. (Suherman/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid