Ingin Rambut Lebat dan Tebal? Lakukan Saja Cara Alami Ini

rambut lebat dan tebal
Cara mebuat rambut lebat dan tebal. Foto: Ist/Net

Membuat rambut lebat dan tebal mungkin bukan hal yang mudah bagi kebanyakan orang. Bahkan tak sedikit yang stres akibat kondisi rambutnya yang tipis dan kurang sehat. Mungkin Anda perlu mencoba cara melebatkan rambut ini.

Pada umumnya rambut akan tumbuh sekitar 15 cm setiap tahunnya atau rata-rata sekitar lebih dari 1 cm. Ini tentu tidak masalah bagi tubuh yang masih mengalami pertumbuhan, seperti anak-anak atau remaja.

Namun bagi tubuh yang telah matang dan lanjut, proses pertumbuhan rambut akan semakin menurun. Kondisi ini berdampak dari cara menumbuhkan rambut yang salah dengan pemanfaatan zat asing yang malah akan menghambat pertumbuhan.

Penggunaan bahan yang instan tidak berdampak sama pada segala jenis rambut. Kebiasaan dan gaya hidup juga ternyata mempengaruhi laju pertumbuhan rambut lebat dan tebal.

Beberapa gaya hidup seperti tidur tidak teratur, setiap hari mencuci rambut dan konsumsi makanan yang salah dapat menekan laju pertumbuhan rambut.

Salah satu kebiasaan yang menunjang sebagai cara menumbuhkan rambut adalah merawat rambut dengan baik. Cara merawat rambut menjadi penting, untuk tetap menjaga keseimbangan rambut.

Baca Juga : Perawatan Rambut Kering Secara Alami yang Mudah Dilakukan

Cara Membuat Rambut Lebat dan Tebal Secara Alami

Bagaimana cara Anda memperlakukan rambut menjadi sangat penting untuk Anda pertimbangkan. Berikut ini beberapa cara membuat rambut lebat dan tebal secara alami yang sebaiknya Anda perhatikan.

Apakah Anda sering mengikat rambut dengan kuat? Begitu juga apakah Anda sering menyanggul atau menggelung rambut, atau apakah Anda mempunyai kebiasaan mencabut rambut hingga akar.

Jika iya, sebaiknya Anda menghentikan itu semua. Biarkan rambut Anda bernafas dengan longgar dengan menggerainya. Jika rambut panjang, ikat rambut tapi jangan terlalu kencang.

Sebaiknya sebelum tidur untuk melepas ikat rambut. Lebih baik lagi jika Anda membungkus rambut dengan bahan yang lembut dan mempunyai beberapa lubang.

Kurangi Frekuensi Keramas Rambut

Apakah Anda sering mencuci atau keramas rambut? Seberapa sering? Jika Anda melakukannya setiap mandi, sebaiknya segera menghentikan kebiasaan itu. Karena hal ini dapat menghambat rambut lebat dan tebal.

Penggunaan shampoo dan air akan mengurangi minyak esensial pada rambut yang merupakan stimulus pertumbuhan rambut. Sebaiknya mencuci rambut menggunakan air hangat dan hindari menggunakan air panas yang dapat mengakibatkan rambut menjadi kering dan rapuh.

Baca Juga : Pelurus Rambut Tanpa Catok yang Paling Tepat, Ini Daftarnya

Sebaiknya mencuci rambut Anda lakukan setiap 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Gunakan juga jenis shampo dari bahan alami yang kan memberikan efek yang lebih natural untuk kesehatan rambut.

Hindari Pengering Rambut

Selain itu, hindari penggunaan pengering rambut yang akan memanaskan rambut dan membuat rambut rapuh. Sebagai gantinya, gunakan saja handuk atau mengipas rambut dan tunggu hingga kering.

Jangan Terlalu Sering Potong Rambut

Pemangkasan rambut secara teratur juga bisa membuat rambut lebat dan tebal serta tumbuh dengan cepat. Lakukan pemangkasan rambut pada bagian ujung yang cenderung memerah dan akan bercabang. Ini akan menghambat pertumbuhan.

Dengan melakukan pemangkasan akan membuat peremajaan pada rambut menjadi lebih cepat. Sehingga proses regenerasi rambut yang baru juga akan terjadi dengan lebih baik dan lebih cepat.

Jika ingin rambut terlihat tetap panjang, sebaiknya pangkas bagian bawah rambut saja. Anda bisa melakukan pemangkasan minimal 6 bulan sekali.

Pemijatan Kulit Kepala

Melakukan pemijatan pada akar rambut juga salah satu upaya yang baik sebagai membuat rambut lebat dan tebal. Hal ini juga berguna untuk mempertahankan dan mempercepat pertumbuhan rambut.

Metode ini terbilang ampuh karena membantu peredaran darah pada otak menjadi lebih lancar dan baik. Biasanya jika kita mengalami stres akibat pekerjaan akan terjadi penyumbatan.

Baca Juga : Mewarnai Rambut Tanpa Bleaching yang Bisa Anda Coba, Anti Gagal

Anda sebaiknya juga perlu melakukan pijatan ringan yang lembut pada kepala. Tambahkan dengan minyak esensial seperti aroma lavender atau jasmine yang akan dapat membuat Anda lebih rileks.

Begitu pula otot pada rambut, ini akan membuat folikel rambut dapat menyerap dengan sempurna. Nd juga bisa melakukan hal ini ke salon kecantikan oleh profesional atau di rumah bersama keluarga.

Konsumsi Makanan Sehat

Hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat tidak hanya akan membuat tubuh menjadi berfungsi baik tapi rambut juga merasakannya. Mengonsumsi makanan secara seimbang membuat asupan vitamin dan mineral pada rambut menjadi terpenuhi.

Hal ini juga merupakan cara menumbuhkan rambut menjadi lebih cepat. Karena itu biasakan untuk mengonsumsi sayuran hijau dan buah. Mineral dan vitamin dalam makanan sehat ini sangat baik untuk pertumbuhan rambut.

Itulah beberapa tips mudah cara alami membuat rambut lebat dan tebal yang perlu Anda perhatikan dan lakukan. Dengan perawatan yang baik akan mampu merangsang akar rambut untuk tumbuh. Rambut juga akan lebih kuat dan sehat. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah