Sabtu, Desember 4, 2021
BerandaBerita TerbaruResep Perkedel Bondon, Kuliner Khas Bandung yang Gurih dan Renyah

Resep Perkedel Bondon, Kuliner Khas Bandung yang Gurih dan Renyah

Resep perkedel bondon cukup menarik untuk anda coba di rumah. Bagi warga Bandung dan sekitarnya, tentu sudah tidak asing dengan kuliner satu ini.

Salah satu kuliner legendaris Bandung ini sayang untuk anda lewatkan. Perkedel unik khas Bandung memiliki cita rasa gurih dan renyah yang telah hadir sejak 1982 silam.

Nama bondon sebenarnya berasal dari bahasa Sunda yang berarti perempuan malam atau PSK. Namun pemberian nama pada makanan ini tidak ada hubungannya dengan profesi tersebut.

Menurut para penjual perkedel bondon, nama ini berasal dari sebutan para anak muda Bandung yang saat itu sering nongkrong di warung sepulang dari diskotik.

Dengan menawarkan sensasi rasa yang garing, gurih, serta lembut pada bagian dalam, maka tidak heran jika setiap warung perkedel bondon selalu ramai oleh pengunjung.

Akan tetapi, bagi anda yang berada di luar kota Bandung ingin menikmati makanan legendaris ini di rumah, maka anda dapat mencoba resepnya sendiri secara mudah.

Simak Resep Perkedel Bondon, Kuliner Legendaris Bandung

Sebagian besar masyarakat tentu sudah tidak asing dengan perkedel. Makanan satu ini merupakan singkatan dari persatuan kentang dan telur. Selanjutnya ditumbuk halus serta dibentuk bulat. Kemudian digoreng dengan menggunakan minyak panas.

Baca Juga: Resep Minuman Bandrek Khas Bandung Nikmat, Berkhasiat Bagi Tubuh

Akan tetapi, kali ini kita akan membahas mengenai menu perkedel khas tanah Pasundan yang cara penyajiannya cukup unik dan menarik.

Jenis makanan tersebut telah menjadi salah satu trademark kuliner khas Bandung yang sayang anda lewatkan saat berkunjung ke kota ini.

Nama makanan tersebut adalah perkedel bondon. Dinamakan perkedel bondon karena jam operasional warung yang buka setiap dini hari, yakni mulai pukul 23.00 WIB hingga 03.00 WIB.

Untuk resep perkedel bondon khas Bandung, proses pembuatannya masih dengan cara tradisional. Digoreng dengan menggunakan tungku. Alat tradisional tungku bagi masyarakat Sunda disebut hawu.

Cita Rasa Khas Perkedel Bondon Bandung

Resep yang masih tradisional dengan menggunakan tungku inilah yang menambah cita rasa kuliner perkedel bondon menjadi lebih unik serta otentik. Perkedel akan lebih garing pada bagian luar dan lembut untuk bagian dalam.

Baca juga: Resep Ulukutek Leunca Khas Sunda, Bikin Kangen Kampung Halaman

Resep perkedel bondon dengan ukuran kecil dan rasa yang gurih ini, akan lebih nagih jika anda nikmati bersama sambal terasi khasnya.

Untuk sambal perkedel bonbon tidak terlalu pedas, akan tetapi mempunyai aroma ikan yang cukup kuat. Hal ini tentu dapat menambah gurih dan nikmat saat anda makan bersama perkedelnya.

Selain itu, sajian perkedel bondon bersama sambal terasi akan semakin sempurna jika resep anda tambahkan dengan nasi putih dan teh hangat.

Cara Membuat Perkedel Bondon

Bagi anda yang belum pernah mencicipi kuliner legendaris Bandung, anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Selain bahan-bahan yang anda butuhkan cukup sederhana, cara membuatnya pun tidak terlalu sulit.

Baca Juga: Resep Bolu Kukus Lezat Dalam Berbagai Variasi dan Mudah Dipraktekkan

Berikut ini dapat anda simak resep perkedel bondon khas Bandung, antara lain:

Bahan-bahan:

  • 250 gr kentang
  • 2 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung kanji/tepung tapioka
  • 1 butir telur
  • 6 siung bawang merah, iris dan goreng
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 kaldu bubuk
  • 1/4 sdt pala
  • 1/4 sdt merica
  • 1/2 sdt garam
  • 1 lembar daun bawang

Langkah membuat:

  1. Kentang anda kupas dan cuci hingga bersih
  2. Kemudian kukus kentang hingga matang, selanjutnya angkat dan tiriskan, lalu haluskan kentang
  3. Campurkan tepung terigu, tepung tapioka, merica, garam, dan penyedap rasa. Uleni semua bahan hingga tercampur secara merata.
  4. Masukkan telur ke dalam kentang yang telah anda haluskan sebelumnya. Aduk-aduk hingga rata.
  5. Kemudian masukkan daun bawang dan bawang goreng, aduk rata.
  6. Panaskan minyak goreng pada api sedang, kemudian cetak adonan dengan menggunakan sendok makan.
  7. Goreng hingga berwarna kuning keemasan, maka perkedel bondon siap anda hidangkan dengan nasi hangat serta sambal terasi.

Pada resep perkedel bondon ini, anda juga dapat menambahkan daging cincang, potongan sosis, ataupun kornet pada adonan sesuai dengan selera. Makanan legendaris Bandung ini dapat anda santap sebagai camilan ataupun pendamping makanan berat seperti nasi.

Resep perkedel bondon sangat pas anda praktikkan di rumah. Terutama bagi anda yang menginginkan adanya camilan untuk menemani anda beserta keluarga di kala hujan atau cuaca dingin. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang

- Advertisment -