Rabu, Desember 8, 2021
BerandaBerita TerbaruResep Ulukutek Leunca Khas Sunda, Bikin Kangen Kampung Halaman

Resep Ulukutek Leunca Khas Sunda, Bikin Kangen Kampung Halaman

Resep ulukutek leunca menjadi salah satu resep yang paling banyak dicari para penggemar masakan khas Sunda. Pasalnya, ini merupakan menu khas Sunda yang menggugah selera dan membuat orang yang memakannya jadi rindu kampung halaman.

Meskipun resep masakan ini terbilang sederhana. Akan tetapi, ini termasuk ke dalam salah satu resep tradisional yang begitu populer dan banyak penggemarnya.

Sensasi oncom yang khas berpadu dengan leunca, menawarkan sensasi renyah di mulut. Menjadikan resep ini semakin nikmat sebagai sajian menu harian keluarga.

Simak Resep Ulukutek Leunca Praktis dan Lezat

Orang Sunda biasa menyebut buah ranti sebagai leunca. Leunca merupakan tanaman yang masuk dalam anggota suku terung-terungan. Buah leunca sendiri terkenal sebagai bahan sayuran dan berkhasiat pula untuk membantu pengobatan.

Baca Juga: Nasi Timbel Komplit Khas Sunda Dengan Citarasa yang Menggoda

Sekarang, anda bisa memadukan leunca dan oncom menjadi salah satu makanan yang lezat dengan membuatnya menjadi ulukutek leunca.

Resep masakan ulukutek leunca ini bisa anda coba saat ingin menyajikan hidangan menu makanan utama yang khas. Meski tampilannya terlihat sederhana, akan tetapi cita rasanya sangat istimewa.

Daripada anda penasaran, langsung simak saja resep ulukutek leunca yang mudah dan praktis berikut ini. Setelah itu, anda bisa mempraktikkannya di rumah.

Bahan untuk Membuat Ulukutek Leunca

Makanan khas Sunda yang satu ini pasti akan membuat selera makan anda tergugah. Menu masakan tradisional yang memiliki cita rasa khas akan memunculkan kenikmatan saat anda memakannya.

Baca Juga: Makanan Ringan Khas Sunda Unik, Masih Eksis Hingga Kini

Apalagi bila anda menyantap ulukutek leunca ini bersama dengan nasi putih hangat, itulah definisi kenikmatan yang hakiki.

Sebelum anda mengetahui bagaimana resep ulukutek leunca, terlebih dahulu anda harus mempersiapkan berbagai macam bahan yang dibutuhkan. Apa saja itu?

  • Siapkan 300 gram leunca yang telah dicuci bersih
  • 300 gram oncom yang telah dimemarkan
  • 40 helai daun kemangi
  • 2 lembar daun salam
  • 16 buah cabe rawit merah yang telah diiris kasar
  • 6 sendok makan minyak untuk menumis
  • 1 cm lengkuas

Bahan Bumbu Halus

  • 6 siung bawang putih
  • 8 siung bawang merah
  • 2 sendok teh garam, optional sesuai selera
  • 6 buah cabe merah
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 cm kencur

Cara Memasak

Setelah anda mengetahui daftar resep ulukutek leunca, sekarang saatnya anda mengetahui step by step cara memasaknya. Sebenarnya proses memasaknya terbilang simpel dan sederhana. Anda tak perlu takut gagal memasak masakan khas Sunda yang satu ini.

Baca Juga: Kampung Daun Bandung, Resto Khas Sunda yang Romantis Nan Asri

Langkah pertama dalam proses memasak ulukutek leunca adalah dengan menghaluskan semua bumbu yang telah anda siapkan tadi. Jika semua bumbu telah halus, selanjutnya tumis bersama dengan lengkuas dan daun salam. Aduk hingga muncul aroma yang harum.

Setelah tercium harumnya, anda masukkan irisan cabe merah dan aduk sampai layu. Selanjutnya ada bisa masukkan bahan utamanya, yaitu leunca, oncom dan daun kemangi.

Jika semua bahan sudah masuk, anda bisa mengaduknya hingga rata dan menambahkan sedikit air. Selanjutnya anda tinggal masak oncom sampai teksturnya agak kering dan leunca sudah mulai layu. Lalu angkat dan hidangkan dengan nasi hangat.

Cara memasak dengan panduan resep ulukutek leunca sudah selesai. Masakan khas Sunda ini sudah siap disantap bersama keluarga.

Anda bisa menyantap menu masakan ulukutek leunca ini hingga 10-15 orang. Sensasi rasanya memang selalu menggiurkan. Bagi anda yang serang merantau dan memasak makanan ini, pasti akan teringat dengan kampung halaman.

Tips Agar Leunca Tidak Pahit

Leunca memang memiliki sedikit rasa getir dan pahit. Tapi, ini ternyata bisa anda hilangkan. Caranya cukup mudah, ternyata rasa pahit yang ada pada leunca bisa hilang saat anda menambahkan berbagai bahan yang mempunyai cita rasa tajam.

Misalnya seperti oncom atau terasi. Dengan begitu, rasa getir dan pahit pada leunca bisa dinetralisir dan membuat masakan anda semakin lezat.

Resep ulukutek leunca menjadi resep yang sangat mudah untuk anda coba. Sebab selain bahan bakunya mudah untuk anda dapatkan, proses memasaknya juga tidak memakan waktu yang lama. Bumbunya pun sangat sederhana.

Dengan begitu, bagi anda yang sibuk bisa memilih menu ini untuk sajian harian keluarga anda. Menikmati masakan ulukutek leunca bersama dengan nasi hangat akan semakin membangkitkan selera makan anda.

Selain itu, anda juga bisa menambahkan berbagai menu pelengkap lainnya. Seperti sambal tomat, ayam goreng atau bakwan. Pastinya kegiatan makan anda bisa semakin nikmat dan terasa lebih istimewa. Tunggu apa lagi, segera coba resep ulukutek leunca ini dan nikmati kelezatan khas Sunda di menu makan anda. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang

- Advertisment -