Rabu, Desember 8, 2021
BerandaBerita BanjarDiguyur Hujan Deras, Rumah Warga Kota Banjar Ambruk Tertimpa Pohon

Diguyur Hujan Deras, Rumah Warga Kota Banjar Ambruk Tertimpa Pohon

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Kota Banjar, Jawa Barat, menyebabkan rumah milik Muntia (58), warga Dusun Cibeureum RT 4 RW 2 Desa Balokang, ambruk tertimpa pohon kelapa.

Kejadian tersebut terjadi hari Minggu (14/3/2021) sekitar pukul 16.30 WIB.

Rumah semi permanen dengan jumlah satu jiwa tersebut ambruk pada bagian dapurnya akibat tertimpa pohon kelapa.

Kasi Kesiapsiagaan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar, Firmansyah mengatakan, dari informasi yang ia terima waktu itu, sesaat sebelum kejadian pemilik rumah tengah berada di dalam ruangan tengah rumahnya.

Namun, tiba-tiba saat ada angin kencang pohon kelapa yang berada di depan rumahnya itu roboh dan mengenai bagian ruangan tengah serta bagian dapur rumah milik korban.

“Melihat kejadian itu korban langsung kaget dan keluar rumah untuk menyelamatkan diri,” ujar Firmansyah.

Saat ini, kata Firmansyah, petugas sudah mendatangi lokasi guna membantu proses evakuasi bangunan yang runtuh serta pohon kelapa yang tumbang tersebut.

Selain itu, tim petugas BPBD Kota Banjar juga menebang satu pohon kelapa yang tak jauh dari lokasi rumah korban untuk mengantisipasi adanya potensi pohon tumbang susulan.

Akibat kejadian tersebut, lanjutnya, bagian ruang tengah serta atap dapur rumah korban ambruk dan mengalami rusak berat akibat tertimpa pohon kelapa yang tumbang tersebut.

“Saat ini korban mengungsi sementara di rumah saudaranya karena rumahnya rusak berat,” kata Firmansyah.

Pihaknya mengingatkan masyarakat agar selalu waspada dengan potensi bencana alam yang tidak dapat terprediksi.

“Warga kota Banjar yang punya pohon lapuk atau tua dekat rumah sebaiknya tebang saja, agar tidak membahayakan keselamatan,” pungkasnya. (Muhlisin/R8/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -