Sabtu, November 27, 2021
BerandaBerita TerbaruSahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga, Teladan Dalam Kehidupan Kita

Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga, Teladan Dalam Kehidupan Kita

Sahabat Nabi yang dijamin masuk surga tentunya memiliki suatu pengajaran yang bisa kita ambil hikmah dari kisahnya.

Bukan hanya itu saja, karena akan masuk surga, pastinya para sahabat Nabi SAW tersebut juga banyak melakukan perjuangan dalam hal menegakkan Islam dan kebenaran.

Sebagai umat Nabi Muhammad SAW, tentunya kita menjadikan para sahabat Nabi yang akan masuk surga tersebut sebagai teladan untuk kehidupan kita.

Dalam sebuah hadits menyebutkan:

baca juga: Istri Nabi Zakaria, Seorang Muslimah yang Solehah

Beberapa Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga, Simak Penjelasannya

Abu Bakar As-Shiddiq adalah khalifah pertama sekaligus menjadi sahabat Nabi yang akan masuk surga.

Gelar yang ia miliki berupa A-Shiddiq ini ia dapatkan ketika ia mampu membenarkan risalah Isra Mi’raj peristiwa yang terjadi pada malam hari tanggal 27 Rajab.

Khulaurrasyiddin ini memiliki umur dua setengah tahun lebih muda daripada Kanjeng Nabi SAW. As-Shiddiq ini juga termasuk dalam Assabiqunal Awwalun yang berarti orang yang pertama kali masuk Islam.

Khalifah pertama ini juga menjadi sahabat Nabi sekaligus mertua Nabi Muhammad. Ia juga telah mengambil sebagian dari jumlah keseluruhan pertempuran yang Baginda Nabi perjuangkan.

baca juga: Kisah Perjalanan Nabi Muhammad SAW Mendapat Perintah saat Isra Miraj

Khalifah Umar Bin Khattab

Kemudian sahabat Nabi yang dapat jaminan masuk surga adalah Umar bin Khattab sekaligus khalifah kedua. Umar terkenal karena kekuatannya saat memimpin beberapa suku, yakni Quraisy, Banu Adi, dan suku lainnya.

Teladan yang bisa kita ambil dari khalifah kedua ini adalah keadilan, cinta, dan juga belas kasihnya terhadap sesama. Selain itu, dari empat khalifah, Umar yang mempunyai masa bimbingan yang benar.

baca juga: Kisah Cinta Nabi Yusuf AS dan Zulaikha yang Penuh Lika-liku

Khalifah Ketiga, Utsman bin Affan

Ia adalah khalifah ketiga dengan masa jabatannya dari tahun 577 sampai 656 Masehi. Ia juga termasuk dalam golongan sahabat Nabi yang dapat jaminan masuk surga, karena memiliki budi pekerti yang baik dan murah hati sebagai seorang laki-laki.

Utsaman lahir enam tahun setelah tahun gajah di Thaif dekat dengan Kota Mekkah. Ketika sudah masuk Islam, ia bebas ingin memberikan uang kepada siapapun yang ia kehendaki asalkan membutuhkan.

Umar juga tidak takut akan kehilangan hartanya maupun jatuh miskin karena sudah membagi-bagikan harta miliknya.

Tidak hanya itu saja, sebagai seorang muallaf, ia sudah langsung bersedia mengeluarkan uang dengan jumlah yang banyak untuk kepentingan agama Islam.

Hingga pada akhirnya, khalifah ketiga ini mendapatkan julukan Dzunnurain yang berarti pemilik dua cahaya. Hal tersebut karena Utsman sudah menikahi dua putri Rasulullah.

Si Asadullah Ali

Pemilik julukan Asadullah ini juga termasuk dalam sahabat Nabi yang akan masuk surga. Ali lahir tanggal 13 Rajab tahun gajah. Ali dan Muhammad adalah saudara karena memiliki kakek yang sama, yakni Abdul Muthalib.

Hakim paling adil ini juga sangat terkenal karena kebijaksanaan dalam pepatahnya yakni gerbang menuju pengetahuan (Bab ul-Ilm).

Ia juga sangat antusias dengan agama Islam, bahkan membuatnya terikat. Hal tersebut terjadi saat beliau menjabat menjadi wakil dan juga utusan Nabi Muhammad SAW.

Bab ul-Ilm juga ia dapatkan dari Baginda Nabi, sehingga membuatnya mampu menjadi kepercayaan banyak orang dan tepat dalam menjawab pertanyaan semua teologis.

Thalhah bin Ubaidillah

Anggota dari suku Abu Bakar ini juga termasuk dalam sahabat Nabi yang dijamin masuk surga. Thalhah adalah enterprenuer sukses yang melakukan perjalanan ke Utara juga selatan Jazirah Arab.

Dari perjalanan tersebut, ia bisa mendapatkan banyak keuntungan. Karena budi pekerti dan sikap tolong-menolongnya yang tanpa pamrih, membuat Thalhah menjadi seorang yang sudah Baginda Nabi SAW jamin untuk masuk surga.

Hal yang demikian itu membuat Thalhah terkenal dengan sebutan Si Dermawan dan juga Si Baik. Kisahnya kondang saat ia banyak mengeluarkan hartanya untuk membantu mereka yang terjerat hutang, janda, dan rumah tangga yang mengalami kesulitan.

Abdurrahman bin Auf

Abdurrahaman juga merupakan sahabat Nabi yang akan masuk surga. Ia juga termasuk dalam orang yang pertama kali masuk Islam.

Umar memilihnya untuk menjadi seorang Dewan Syura guna menentukan khalifah yang akan menjabat selanjutnya setelah meninggal. Anggota Dewan Syura ini masuk Islam selang dua hari setelah Abu Bakar melakukannya.

Kemudian ada Sa’ad bin ABi Waqqash yang masuk Islam ketika umurnya masih belia, yakni 17 tahun. Akan tetapi, ia mampu menaklukkan Persia tahun 636, kemudian menjadi seorang gubernur.

Sedang Abu Ubaidah terkenal dengan harkat martabat dan juga rahmatnya dalam menjabat menjadi Penjaga Komunitas Muhammad. Bahkan ia adalah orang yang cerdas, tampan, dan sopan dalam bertutur kata.

Nah, beberapa kisah dan juga teladan dari sahabat Nabi yang dapat jaminan masuk surga tersebut, tentu bisa menginspirasi. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru