Sakit Kepala Vertigo, Penyebab, Gejala dan Cara Pengobatannya

sakit kepala vertigo
Jenis sakit kepala vertigo. Foto: Ist/Net

Sakit kepala vertigo termasuk salah satu gangguan yang sangat menyiksa bagi banyak orang. Berbeda dengan sakit kepala lainya, penyakit ini terasa seperti tusukan jarum. Mengenal penyebab dan gejalanya akan memudahkan cara pengobatannya.

Vertigo, menurut Wikipedia, merupakan jenis sakit kepala yang terasa seperti gerakan berputar atau melayang. Penyakit ini terjadi akibat adanya gangguan pada sistem vestibular dalam tubuh.

Ada sejumlah jenis atau tipe vertigo. Seperti tipe objektif, tipe subjektif, serta tipe pseudovertigo. Pembagian ini berdasarkan kondisi atau keadaan yang terjadi pada orang yang mengalaminya.

Orang yang mengalami penyakit ini akan merasa lingkungan sekitarnya seperti berputar secara tiba-tiba. Pada dasarnya, gejala sakit kepala ini berbeda-beda. Ada yang mengidap vertigo ringan ada pula yang mengidap kondisi yang berat.

Ketika seseorang mengalami sakit kepala vertigo maka ada banyak sensasi yang akan mereka rasakan. Mulai dari pusing, sakit pada kepala, hingga perasaan ingin muntah. 

Baca Juga : Manfaat Ginkgo Biloba untuk Mencerdaskan Otak, Mata dan Vertigo

Faktor Risiko Sakit Kepala Vertigo

Ada beberapa faktor risiko yang bisa menyebabkan seseorang berisiko mengalami vertigo. Seperti memiliki usia lebih dari 50 tahun, perempuan, pernah atau sedang mengidap luka pada kepala, maupun adanya infeksi pada telinga.

Begitu juga dengan orang yang sering menggunakan obat-obatan tertentu, sering mengonsumsi alkohol, atau sedang mengalami stres. Bahkan jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat vertigo juga akan meningkatkan risiko.

Tak sedikit orang yang masih kesulitan membedakan vertigo dengan jenis sakit kepala lainnya. Untuk mengenal jenis sakit kepala vertigo, berikut ini ulasan tentang penyebab, gejala, maupun cara penanganannya yang sebaiknya Anda tahu.

Penyebab Vertigo

Vertigo ini umumnya terjadi karena terdapatnya gangguan pada telinga bagian dalam. Hal ini akan memicu masalah mekanisme pada keseimbangan tubuh.

Selain masalah tersebut, juga terdapat faktor lain yang menyebabkan penyakit vertigo seperti berikut ini.

Baca Juga : Obat Vertigo Alami Paling Ampuh dan Mudah Didapat
  • Perubahan posisi pada kepala.
  • Mengalami migrain atau sakit kepala parah.
  • Stroke.
  • Mengidap Meniere yang merupakan gangguan yang menyerang telinga bagian dalam.
  • Mengidap Vestibular neuronitis.
  • Terdapatnya tumor.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu yang menyebabkan masalah pada pendengaran.
  • Terdapat luka di bagian kepala.

Gejala Vertigo

Saat mengalami sakit kepala vertigo, penderita biasanya akan melihat benda-benda di sekelilingnya berputar dan diikuti dengungan di telinganya. Setelah itu pasien biasanya akan merasa mual kemudian muntah.

Jika sensasi ini terus berlanjut, pengidap vertigo biasanya tidak akan sadarkan diri lalu terjatuh. Bahkan saat berbaring sambil menutup mata, penderita masih akan tetap merasakan tubuhnya berputar. Pada akhirnya, pasien akan kehilangan kesadarannya.

Gejala serangan awal vertigo biasanya akan berlangsung beberapa jam saja. Akan tetapi jika tidak cepat ditanggulangi, penyakit vertigo akan semakin parah dan bisa menyebabkan stroke.

Pengobatan Vertigo

Ahli medis mengemukakan bahwa penyakit vertigo bukanlah sebuah penyakit melainkan hanyalah gejala. Beberapa kasus sakit kepala vertigo ini bisa sembuh tanpa adanya pengobatan. Karena otak mampu beradaptasi dengan perubahan pada bagian telinga dalam. Berikut ini merupakan beberapa langkah khusus untuk kasus vertigo.

Baca Juga : Perlu Diwaspadai! 4 Kebiasaan Ini Bisa Menjadi Penyebab Vertigo 
  • Manuver Epley untuk mengatasi BBPV.
  • Mengonsumsi obat-obatan.
  • Melakukan sebuah terapi yang disebut rehabilitasi vestibular. Terapi ini akan membantu otak agar mudah beradaptasi dengan sinyal yang membingungkan.

Selain dari metode pengobatan di atas, penanganan sakit kepala vertigo juga bisa dilakukan di rumah saja. Metode ini khusus untuk penderita gejala vertigo dengan gejala ringan.

Pertama, Anda bisa melakukan pijatan ringan di area kepala, minum teh jahe, mengonsumsi kacang almond, minum campuran cuka apel dengan madu. Terakhir, rajinlah minum air putih yang cukup agar tubuh tetap fit.

Pencegahan Vertigo

Sedangkan untuk pencegahannya, ada beberapa cara untuk menangkal munculnya gejala-gejala vertigo. Berikut ini antara lain.

  • Hindarilah gerakan secara tiba-tiba agar tidak terjatuh.
  • Segera duduk saat vertigo menyerang.
  • Gunakanlah sekitar 2 hingga 3 bantal untuk membuat posisi kepala lebih tinggi.
  • Gerakkan kepala secara pelan.
  • Jangan selalu melakukan gerakan kepala mendongak, berjongkok, atau tubuh membungkuk.
  • Kenalilah pemicu vertigo agar tubuh bisa cepat beradaptasi. Rajinlah berlatih mengenali gejala munculnya vertigo ini. Latihlah mengontrol tubuh saat diserang sehingga memudahkan Anda dalam meminta pertolongan.
  • Bagi yang juga mengidap penyakit Meniere, batasilah konsumsi garam pada makanan Anda.

Itulah berbagai penyebab dan gejala sakit kepala vertigo yang sebaiknya Anda tahu. Mengenal tanda yang ada sejak dini akan memudahkan cara penanganan maupun pencegahannya. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah