Sawah Jadi Kolam, Petani di Pangandaran Ini Akui Lebih Menguntungkan

Lahan Sawah
Lahan sawah jadi kolam ikan dianggap bisa lebih menguntungkan. Foto: Enceng/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Lahan sawah jadi kolam ikan dianggap bisa lebih menguntungkan. Seperti yang dilakukan Hendra Gunawan, seorang petani asal Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Menurut Hendra, petani yang lahannya biasa ditanami padi kini diubah menjadi kolam ikan mujair. Ia memperkirakan potensi dari penghasilan ikan lebih besar karena memasarkan ikan jenis mujair cukup mudah.

“Di wilayah Langkaplancar menantang saya untuk mencoba berspekulasi. Lahan sawah yang baru selesai saya panen kini saya ubah menjadi kolam ikan,” ujarnya, Kamis (25/03/2021).

Hendra mengaku, menanam padi saat ini agak kesulitan untuk mendapatkan pupuk. Oleh karena itu ia mencoba beralih ke ikan, yang mana ikan mujair mudah dipasarkan.

Baca Juga : Harga Cabe Rawit di Langkaplancar Pangandaran Capai 140 Ribu/Kg

Jika menurut hitung-hitungan diatas kertas, lanjut Hendra, menernak ikan keuntungannya jauh lebih besar dibanding menanam padi.

“Biasanya lahan sepetak ini saya mendapatkan padi sekitar 90 sampai 100 kilogram sekali panen. Jika setahun dua kali panen, berarti saya hanya mendapatkan padi sebanyak 200 kilogram,” tuturnya.

Sementara, jika mengubah lahan sawah jadi kolam ikan, dirinya bisa panen setiap tiga atau empat bulan sekali. Dengan begitu, maka keuntungan yang ia dapat pun bisa lebih besar.

“Jika ada yang lebih mudah kenapa tidak. Tapi meskipun beralih ke peternak ikan, saya berharap kedepan petani di Pangandaran ini tidak lagi kesulitan dalam mendapatkan pupuk,” pungkas Hendra. (Cenk/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah