Sebuah Ruko di Pasar Manis Ciamis Nyaris Ludes Terbakar

Sebuah Ruko di Pasar Manis Ciamis Nyaris Ludes Terbakar
Petugas damkar Ciamis tengah memadamkan api yang membakar sebuah ruko di blok B pasar Manis Ciamis nyaris hangus terbakar, Kamis (18/3/2021) dini hari. Foto:Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sebuah ruko di blok B pasar Manis Ciamis nyaris hangus terbakar, Kamis (18/3/2021) dini hari.

Penyebab kebakaran tersebut diduga berasal dari adanya korsleting listrik.

Untungnya api yang ditimbulkan dari korsleting listrik itu tidak terlalu besar sehingga hanya sedikit bagian ruko yang terbakar.

Meski demikian, kerugian akibat adanya kebakaran tersebut ditaksir mencapai jutaan rupiah.

Babinsa Koramil Ciamis, Surga menuturkan, kejadian kebakaran tersebut berawal ketika salah satu tukang ojek di pasar Ciamis melihat kepulan asap besar pada ruko nomor 036 blok B pasar Ciamis.

Kemudian, lanjutnya, tukang ojek tersebut langsung melaporkan kejadian kebakaran tersebut kepadanya untuk menghubungi petugas pemadam kebakaran.

“Saya langsung lapor, tidak lama kemudian datang 3 unit mobil pemadam kebakaran ke tempat kejadian,” tuturnya.

Setelah datang ke lokasi, petugas Damkar dari Kabupaten Ciamis langsung memadamkan api tersebut sehingga kobaran api bisa tertangani dengan baik.

“Alhamdulilah tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, hanya saja terminal colokan listrik hangus terbakar,” terangnya.

Dengan adanya kejadian tersebut, Surga mengimbau kepada para pemilik ruko pasar Ciamis maupun masyarakat agar tidak mencolokan sumber listrik melebihi kapasitas.

Hal itu agar tidak terjadi korsleting listrik.

“Kebakaran ini dipicu karena adanya korsleting listrik pada terminal colokan. Karena, colokannya banyak jadi melebihi kapasitas. Maka dari itu, lebih baik kalau banyak colokan, buat juga instalasi listriknya jangan hanya satu saja,” pungkasnya. (Ferry/R8/HR Online)

Editor: Jujang