Sekolah Tatap Muka di Ciamis Akan Dibuka Setelah Lebaran

Sekolah Tatap Muka Setelah Lebaran
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyatakan sekolah tatap muka setelah lebaran. Foto: Ferry/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Kegiatan belajar mengajar (KBM) atau sekolah tatap muka di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat akan dibuka setelah lebaran Idul Fitri 2021. Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengungkapkan hal tersebut setelah kegiatan Rapat Koordinasi Covid-19, Rabu (31/3/2021).

Menurut Herdiat, tatap muka nantinya buka secara parsial untuk sekolah-sekolah tingkat desa atau kecamatan. Yang daerahnya zona hijau atau tidak ada pasien yang positif Covid-19.

“Saat ini KBM untuk Ciamis masih secara Daring, insya allah nanti sekolah setelah lebaran atau tahun ajaran baru kami buka secara parsial,” katanya.

Herdiat menjelaskan, KBM tatap muka ini untuk daerahnya yang zona hijau. Kalau ada desa atau kecamatan yang masih berstatus zona merah atau orange tidak bisa melaksanakan tatap muka.

“Jadi yang nanti daerahnya yang masih ada yang positif Covid-19 jangan dulu buka KBM tatap muka. Lebih baik belajar daring saja, untuk antisipasi penularan,” jelasnya.

Herdiat menambahkan, dalam persiapan KBM tatap muka. Guru-guru baik itu SD maupun SMP saat ini sudah melaksanakan vaksinasi Covid-19, meskipun belum menyeluruh.

“Ada yang baru sekali  mendapat vaksin ada juga guru yang sudah dua kali. Itu sebagai upaya jika nanti KBM tatap muka berjalan, kekebalan semua guru telah terbentuk,” terangnya.

Selain telah melakukan vaksinasi, Dinas Pendidikan Ciamis juga telah melakukan verifikasi kepada semua sekolah. Verifikasi tersebut berupa pengecekan sarana dan prasarana untuk kesiapan KBM tatap muka.

“Jadi kami telah siap untuk melaksanakan sekolah tatap muka, karena semuanya telah kami persiapan tinggal nunggu nanti setelah lebaran,” pungkasnya. (Ferry/R9/HR-Online)

Editor: Dadang