Sendang Geulis Kahuripan, Pesona Surga Tersembunyi Cikalong Wetan

Sendang Geulis Kahuripan
Ilustrasi Sendang Geulis Kahuripan. Foto: Ist/Net

Sendang Geulis Kahuripan merupakan salah satu destinasi wisata populer yang terletak di Bandung Barat. Nama mata air ini berasal dari bahasa Sunda yakni “sendang” yang berarti kolam atau telaga. Sedangkan “geulis” berarti cantik atau ayu. Mengenai kata “kahuripan” mempunyai arti kehidupan.

Maka jika kata-kata tersebut anda rangkai menjadi satu, akan memiliki arti telaga cantik yang mempesona sebagai sumber kehidupan bagi warga sekitarnya.

Tidak hanya sebagai destinasi wisata saja, telaga ini kabarnya juga mempunyai khasiat dan manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Telaga ini menampung air yang memancar dari sela-sela bebatuan sebagai mata air alami.

Meskipun tergolong sebagai wisata baru, akan tetapi kawasan ini telah memiliki banyak pengunjung untuk menikmati keindahan pada destinasi wisata yang dikelola oleh Perhutani KPH kota Bandung Utara.

Baca Juga : Rabbit Town Bandung, Wisata Edukasi yang Unik dengan Spot Foto Keren

Destinasi Wisata Sendang Geulis Kahuripan

Berbicara mengenai destinasi wisata alam kota Bandung memang tidak ada habisnya. Hadir dengan kawasan bentang alam yang sangat luar biasa mempesonannya.

Sehingga menjadikannya pilihan tepat bagi anda yang berencana berlibur ke kota Bandung. Seperti halnya dengan kawasan pariwisata yang berada di kabupaten Bandung Barat. Kabupaten ini terkenal mempunyai beragam tempat wisata alam dengan keindahan yang sangat menakjubkan.

Salah satunya adalah Sendang Geulis Kahuripan yang cukup viral pada media sosial. Kawasan wisata ini terletak di Cilangkob, Desa Ganjarsari, Cikalong Wetan, Bandung Barat. Destinasi wisata baru ini mempunyai daya tarik sebuah kolam yang berasal dari mata air pegunungan alami.

Daya Tarik Sendang Geulis Kahuripan

Destinasi wisata baru Bandung Barat ini memiliki air yang sejuk dan jernih. Hal ini menjadikan dasar kolam nampak jelas sehingga dapat anda saksikan dengan mata telanjang.

Air pada Sendang Geulis Kahuripan ini konon kabarnya memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit serta bermanfaat mencegah penuaan dini.

Pada kawasan wisata ini terdapat tiga kolam yang sering digunakan untuk berendam ataupun berenang para pengunjung. Dua kolam diantaranya terbentuk dari bebatuan alami.

Baca Juga : Tempat Wisata di Bandung Populer dan Hits, Sayang Untuk Dilewatkan

Sedangkan satu kolam lainnya merupakan kolam atletik dengan kedalaman 1 hingga 1,5 meter sehingga sangat aman bagi para pengunjung yang membawa serta anak-anak mereka.

Selain wisata kolam, pengunjung Sendang Geulis Kahuripan juga akan merasa nyaman dengan rindangnya pepohonan sekitar.

Terdapat pula air terjun atau curug yang mampu memberi efek relaksasi secara maksimal. Sedangkan dari atas lembah terdapat pohon karet munding atau dengan istilah Ficus elastica yang telah berusia ratusan tahun.

Pohon ini oleh warga dianggap mempunyai fungsi untuk menjaga kualitas sumber air sekitar. Selain itu, pohon karet tersebut juga menjadikan suasana sekitar sendang terasa sejuk dan teduh.

Maka wisatawan pun sangat betah berlama-lama berada pada kawasan wisata ini. Air yang mengalir dari sendang ini dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk mencuci hingga mengairi lahan kebun warga.

Rute Wisata Sendang Geulis Kahuripan

Baca Juga : Wisata Tangga Seribu, Nikmati Pesona Bandung dari Atas Pegunungan

Untuk mencapai lokasi wisata ini, maka arahkan kendaraan anda dari Bandung menuju ke kawasan Cikalong Wetan. Selama perjalanan, anda akan melalui perkebunan teh yang bernama Panglejar.

Selanjutnya anda akan menemukan pertigaan, kemudian ambil arah kanan dengan melewati Pasar Tengek Cisomang serta kantor Desa Wangunjaya.

Setelah melewati kantor Desa Banjarsari, kurang lebih berjarak 10 km dari tempat tersebut, maka anda akan sampai pada objek wisata Sendang Geulis.

Perjalanan untuk mencapai lokasi memang memerlukan kesabaran serta tenaga yang lebih. Pasalnya, akses jalan yang akan anda lalui lumayan sempit dengan kondisi yang kurang layak untuk anda lewati.

Namun sulitnya perjalanan tersebut akan terbayar lunas jika anda telah sampai pada lokasi wisata. Selanjutnya anda akan berhadapan dengan pemandangan yang sangat asri nan hijau. Dengan kesegaran air telaga dan berbagai spot foto menarik, sayang untuk anda lewatkan.

Tiket Masuk Wisata Sendang Geulis Kahuripan

Untuk dapat menikmati keindahan alam pada kawasan wisata ini, maka para pengunjung perlu membayar tiket masuk dengan harga yang cukup terjangkau.

Beragam fasilitas yang tersedia pada destinasi wisata ini pun dapat anda nikmati hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orangnya.

Sedangkan untuk biaya parkir, Rp 5000 per mobil dan Rp 3000 per kendaraan bermotor. Anda dapat berkunjung ke Sendang Geulis Kahuripan setiap hari mulai dari jam 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah