Seribu Nelayan Pangandaran Ikuti Pelatihan Kebencanaan dari Kemensos

Nelayan Pangandaran
Seribu nelayan Pangandaran, Jawa Barat, mengikuti pelatihan kebencanaan yang digelar Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Foto: Entang SR/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Seribu nelayan Pangandaran, Jawa Barat, mengikuti pelatihan kebencanaan yang digelar Kementerian Sosial (Kemensos) RI, Senin (29/03/2021). Pelatihan tersebut sebagai upaya dalam menghadapi ancaman bencana gempa megathrust.

Ketua Tagana Kabupaten Pangandaran, Nana Suryana mengatakan, pihak Kementerian Sosial RI telah memberikan pelatihan kepada Tagana dan seribu nelayan Pangandaran.

“Nelayan sebagai sahabat Taruna Siaga Bencana. Dengan adanya edukasi kebencanaan dari Kementerian Sosial, setidaknya masyarakat Kabupaten Pangandaran dan para nelayan yang sudah mengikuti pelatihan tidak panik ketika terjadi bencana,” katanya.

Oleh karena itu, kata Nana, kedepan para nelayan bisa membantu tim Tagana maupun yang lainnya saat menolong warga yang membutuhkan jika terjadi bencana. 

Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos RI, Safii Nasution menjelaskan bahwa, pelatihan tersebut sebagai upaya pemerintah dalam melindungi warga pesisir Pantai Selatan dari ancaman gempa megathrust.

“Peserta dari para nelayan ini kita berikan edukasi dan mereka juga mendapatkan pelatihan mengenai penanggulangan bencana. Sehingga, jika terjadi sesuatu hal dengan kebencanaan, mereka dapat membantu menyelamatkan masyarakat,” ujar Syafii.

Baca Juga : Cegah Penyebaran Covid-19, Satpol Air Polres Ciamis Edukasi Prokes Nelayan Pangandaran

Pantai Selatan Pangandaran Daerah Rawan Bencana

Pasalnya, dalam peta bencana yang dikeluarkan BNPB tahun 2019 lalu menyebutkan bahwa, wilayah Pantai Selatan Pangandaran merupakan daerah rawan bencana urutan ke 17 secara nasional.

Sedangkan, tingkat Provinsi Jawa Barat, Pantai Selatan Pangandaran urutan keenam berdasarkan Peta Sumber Gempa Nasional 2017.

“Zona yang berpotensi memunculkan gempa megathrust di Jawa Berada ada tiga lokasi, yaitu wilayah perairan Selat Sunda. Kemudian wilayah Selatan perbatasan antara Provinsi Jawa Barat-Jawa Tengah, dan segmen Jawa Timur-Bali.

Syafii menambahkan, pihak Kemensos RI selalu melakukan edukasi kebencanaan kepada warga masyarakat melalui pelatihan. Termasuk mengenai ancaman gempa megathrust.

Pada kesempatan itu, Kemensos juga membentuk KSB (Kampung Siaga Bencana) berbasis kawasan di sejumlah wilayah Jawa Barat. Salah satunya wilayah Kabupaten Pangandaran.

“Rencananya setelah mendapatkan pelatihan tersebut, seribu nelayan Pangandaran sebagai sahabat Tagana akan dikukuhkan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini yang bakal menghadiri acara puncak dalam peringatan HUT Tagana Rabu mendatang,” pungkas Syafii. (Ntang/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah