Sering Mual dan Pusing? Ini Penyebab yang Sering Terjadi

sering mual dan pusing
Gejala sering mual dan pusing. Foto: Ist/Net

Sering mual dan pusing bisa menjadi salah satu gejala munculnya penyakit tertentu pada tubuh. Ada banyak faktor yang menyebabkan gangguan ini yang sebaiknya Anda kenali. Baik karena gangguan hormon, mabuk, hingga penyakit yang serius.

Mual, mengutip dari Wikipedia, merupakan perasaan atau kondisi tidak menyenangkan yang biasanya muncul sebelum muntah. Namun gejala ini tak selalu beserta muntah.

Adapun mual merupakan sensasi sakit perut yang kita rasakan pada bagian perut. Biasanya kondisi mual ini juga akan mendorong keinginan untuk memuntahkan makanan.

Sedangkan pusing merupakan jenis gangguan pada kepala yang juga sering terjadi. Namun gejala yang muncul pada pusing umumnya berlainan dengan sakit kepala.

Namun berbeda dengan jenis sakit kepala umumnya, pusing merupakan sensasi dengan keadaan sekitar yang terasa seperti berputar. Kondisi ini akan menyebabkan keseimbangan tubuh menjadi terganggu dan sempoyongan.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Rasa Mual dengan Bahan Alami Secara Mudah

Penyebab Sering Mual dan Pusing

Sering mual dan pusing memang termasuk kondisi yang sering terjadi. Namun kebanyakan orang mengalami salah satunya. Namun jika Anda juga mengalami gangguan ini bersamaan sebaiknya waspadalah.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab munculnya rasa mual dan pusing pada tubuh ini. Untuk mengetahui lebih dalam, berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan timbulnya gangguan ini.

Gangguan Hormonal

Hormon yang terganggu bisa menyebabkan timbulnya sensasi mual dan pusing. Para wanita hamil akan lebih sering mengalami gejala ini khususnya pada sekitar 20 minggu dari masa kehamilan.

Sebenarnya kondisi ini akan hilang dengan sendirinya seiring usia kehamilan telah memasuki usia 20 minggu. Para wanita hamil juga biasanya akan mengalami muntah-muntah yang sangat hebat sehingga mereka memiliki nafsu makan yang tidak stabil.

Tentu kondisi ini bisa mengganggu asupan nutrisi pada ibu hamil serta bisa membahayakan janin mereka. Karena itu sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan jika gangguan sering mual dan pusing sudah cukup parah.

Baca Juga : Penyebab Kepala Sering Pusing Tiba-tiba dan Cara Mengatasinya

Mabuk Perjalanan

Bagi yang sering berkendara menggunakan transportasi umum pasti pernah merasakan yang namanya mabuk perjalanan. Keadaan ini terjadi karena adanya gangguan pada sistem keseimbangan visual dan sensorik tubuh.

Penyakit Maag

Gangguan maag bisa terjadi akibat meningkatnya asam lambung. Penyakit ini memang akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut. Kondisi ini juga akan berefek pada nyeri ulu hati, mual bahkan hingga sesak nafas.

Jika gejala ini semakin parah Anda alami, maka akan menimbulkan pusing yang cukup parah. Bahkan kondisi sering mual dan pusing akan menjadi tanda yang sering terjadi.

Tekanan Darah Tidak Normal

Tekanan darah normal pada umumnya ialah 120/80 mmHg. Jika Anda memiliki tekanan kurang dari 90/60 mmHg, maka Anda termasuk orang yang memiliki tekanan darah rendah.

Sebaliknya, jika Anda memiliki tekanan lebih dari 140/00 mmHg maka Anda termasuk orang bertekanan darah tinggi. Jika berada pada dua kondisi tersebut maka Anda akan mengalami pusing dan mual.

Bahkan, tak jarang orang atau pasien dengan kondisi ini akan mengalami pandangan yang kabur hingga jatuh pingsan.

Baca Juga : Makanan Penghilang Rasa Mual, Langkah Aman Perut Nyaman

Kadar Gula Darah Tidak Normal

Sering mual dan pusing juga kerap terjadi pada orang yang memiliki kadar gula darah tidak normal. Karena itu sebaiknya cek dan periksakan kadar glukosa Anda secara rutin.

Jika memiliki kadar gula darah yang tidak normal, maka akan menyebabkan sejumlah gangguan. Baik berupa rasa pusing, mual hingga mengalami penurunan kesadaran.

Vertigo

Jika Anda sedang dalam posisi duduk lalu merasakan pusing saat berdiri maka bisa saja Anda mengidap penyakit vertigo. Kondisi ini akan memberikan sensasi diri sendiri hingga lingkungan yang berputar secara terus menerus.

Vertigo biasanya terjadi dengan rasa mual hingga muntah. Pada dasarnya terdapat dua jenis vertigo. Yang pertama vertigo sentral akibat gangguan saraf. Sedangkan yang kedua ialah vertigo perifer yaitu gangguan pada kanalis semisirkularis telinga.

Stres dan Cemas

Sering mual dan pusing juga disebabkan oleh kondisi stres dan cemas. Pikiran yang terus bekerja keras untuk memecahkan masalah yang ada menyebabkan rasa pusing yang tak berkesudahan.

Kondisi ini akan menyebabkan otak menjadi terganggu dan saraf pun akan keliru dalam mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh. Pada sisi lain, rasa panik ataupun gugup yang bersamaan semakin mendorong rasa mual dan pusing tersebut.

Glaukoma

Glaukoma merupakan jenis penyakit yang terjadi akibat penekanan yang berlebihan pada bagian saraf mata. Kondisi ini menyebabkan saraf mata menjadi rusak.

Kondisi ini biasanya juga akan menyebabkan munculnya keluhan nyeri pada mata dan menjalar hingga ke bagian kepala. Penderitanya umumnya juga akan mengalami sering mual dan pusing. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah