Shokugeki No Souma, Kisah Koki yang Masakannya Ditiru Chef Arnold

sinopsis Shokugeki No Souma
Sinopsis Shokugeki No Souma. Foto: Ist/Net

Sinopsis Shokugeki No Souma wajib Anda tahu, apalagi bagi yang hobi dalam memasak. Bahkan sekelas Chef Arnold saja pernah membuat masakan berdasarkan masakan dalam anime ini.

Anime ini mendapatkan rating 8,5 versi Myanimelist. Artinya penonton sangat menyukai anime ini. Bahkan termasuk dalam Top 100 Best Anime.

Terdiri dari 24 episode yang rilis pada tahun 2015 lalu. Sutradara dari anime ini adalah Yoshitomo Yonetani dan telah memproduksi anime ini hingga 5 season.

Sinopsis Shokugeki No Souma Season 1

Awal cerita ada seorang anak SMP yang membuat makanan yang menjijikkan. Ia adalah Souma. Namun, itu bukanlah keahlian yang sesungguhnya.

Souma adalah koki di sebuah kedai kecil atau Warteg Jepang bernama Yukihira. Ia memasak dengan ayahnya.

Baca Juga: Sinopsis Anime Code Geass Season 1, Siswa Cerdas Pengendali Pikiran

Ternyata Souma memiliki kemampuan memasak yang luar biasa. Namun, Ia tak pernah sekalipun bisa mengalahkan ayahnya itu dalam pertandingan.

Selang beberapa hari, ayahnya pergi mendadak. Namun ketika melihat ayahnya kembali Souma kaget.

Ayahnya berkata akan pergi ke luar negeri untuk berbagai urusan. Sedangkan Souma harus bersekolah di SMA memasak bernama Totsuki.

Bayangan Souma tentang Totsuki adalah pelajaran memasak yang membosankan. Namun, ketika di gerbang SMA Totsuki ia sampai kagum dan terkejut.

Totsuki memiliki lokasi di pegunungan dan di dalamnya terdapat hotel mewah dan restoran yang luar biasa. Bahkan ia melihat banyak orang kaya yang bersekolah di sana.

Ujian Masuk SMA Totsuki

Dalam sinopsis Shokugeki No Souma, untuk masuk SMA ini juga diadakan tes terlebih dahulu. Souma masuk ke dalam ruangan dengan banyak calon siswa baru yang kaya.

Rupanya yang mengujinya adalah sesama calon siswa SMA Totsuki juga bernama Nakiri Erina. Semua orang kabur ketika mendengar nama Nakiri Erina yang akan melakukan pengetesan.

Baca Juga: Kenapa Eren Jadi Jahat? Simak Prediksi Ending Attack on Titan

Rupanya Erina dijuluki sebagai si lidah dewa. Ia bisa merasakan berbagai macam rasa dan juga sangat kejam. Mirip-mirip chef Juna galaknya.

Namun Souma tetap berdiri di ruangan itu dan siap untuk diuji. Erina memandang sinis Souma. Hal ini karena Souma hanya koki kelas dua di kedai kecil.

Namun, masakan Souma yang sejujurnya enak di lidah Erina tersebut dibilang tidak enak. Hal ini karena gengsi dan benci melihat wajah Souma yang menyebalkan. Alhasil Erina menggagalkan Souma masuk ke SMA Totsuki.

Souma Muncul di Upacara Pembukaan

Dalam sinopsis Shokugeki No Souma Season 1, Upacara pembukaan sekolah pun dibuka. Di Jepang ada kebiasaan setiap pembukaan murid yang cerdas akan memberikan pidato.

Rupanya ada dua orang yang berpidato, yaitu Souma dan Erina. Kepala sekolah yang meluluskan Souma, karena masakannya yang enak.

Seluruh sekolah membenci Souma. Hal ini karena ia menyebutkan akan berada di puncak Totsuki dan sekolah itu hanya batu pijakan saja.

Singkat cerita, Souma pun langsung masuk kelas memasak. Tugas pertamanya adalah membuat hidangan sesuai resep yang diberikan guru.

Guru ini juga sangat galak karena jika tidak enak akan mendapatkan nilai F jika enak maka A. Shouma berpasangan dengan Tadokoro Megumi dalam tugas tersebut.

Tadokoro adalah gadis pantai yang hampir keluar dari Totsuki karena nilainya jelek terus. Hal ini karena Megumi ini orang yang mudah gugup.

Pada saat pelajaran itu, masakan Souma ditaburi banyak garam oleh murid lain. Namun, ia berhasil memasak makanan yang sangat enak. Bahkan semua murid kaget karena gurunya itu baru pertama kali tersenyum.

Singkat cerita Souma pun tidak pulang ke rumah. Karena SMA Totsuki menyediakan baginya sebuah asrama bernama Bintang Polar.

Di asrama itu ia bertemu dengan banyak teman yang baik dan juga kursi ketujuh dewan elit.

Semua Masalah Diselesaikan dengan Masakan

Di sinopsis Shokugeki No Souma Season 1 juga terungkap mengenai Shokugeki dan Dewan Elit Totsuki. Shokugeki adalah pertaruhan di mana ada dua orang atau kelompok yang memiliki masalah atau menginginkan sesuatu.

Dinilai oleh juri masakan mana yang paling enak. Apapun bisa dipertaruhkan dalam Shokugeki ini. Bahkan membuat orang itu keluar dari sekolah.

Anggota dewan elit adalah siswa-siswa yang memiliki talenta memasak yang luar biasa. Salah satunya adalah Isshiki.

Shokugeki Pertama Souma

Souma melihat papan pengumuman bahwa banyak ekskul juga di Totsuki. Ia melihat-lihat dan tertarik dengan makanan Don.

Dalam sinopsis Shokugeki No Souma rupanya klub Don ini akan dibubarkan oleh anak buah Nakiri Erina bernam Mito Ikumi.

Melihat itu, Souma malah menantang Shokugeki kepada Mito Ikumi. Hal ini ia lakukan karena tidak suka dengan orang yang seenaknya.

Mito ini adalah ahli daging sapi kualitas tertinggi A5. Souma pun melakukan berbagai percobaan untuk hidangannya di Shokugeki nanti.

Mampukah Mito dikalahkan dalam sinopsis Shokugeki No Souma Season ini? Masakan apa yang berani melawan daging sapi A5 ini. Saksikan aksi dan masakan-masakan yang menggugah selera ini di Netflix. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu