Selasa, Februari 7, 2023
BerandaBerita TerbaruSifat Membran Sel, Pengertian dan Fungsinya pada Tubuh Manusia

Sifat Membran Sel, Pengertian dan Fungsinya pada Tubuh Manusia

Sifat membran sel selalu berkaitan dengan fungsinya dalam tubuh manusia. Sebelum masuk pada penjelasan lebih rinci, sebaiknya mengetahui pengertian membran sel. Baru setelah itu masuk pada bagian yang lebih detail.

Pengertian membran sel adalah membran yang memiliki berbagai jenis sel pada manusia. Memiliki fungsi untuk pemisah lingkungan sel dalam dan luar. Sehingga keduanya memiliki batasan dalam menjalankan tugasnya masing-masing.

Membran sel memiliki susunan berupa senyawa lipoprotein. Merupakan gabungan dari lemak atau lipid dengan senyawa protein.

Baca Juga: Struktur Membran Plasma Beserta Bagian Penting Lainnya

Ketahui Sifat Membran Sel pada Manusia

Membran sel memiliki lemak dan protein. Keduanya mempunyai perbedaan masing-masing. Lemak diketahui bersifat hidrofobik. Artinya tidak larut dalam air.

Lain halnya dengan protein yang bersifat hidrofilik. Protein bisa larut dalam air sehingga sifatnya selektif permeabel. Maksudnya hanya molekul tertentu yang bisa melewatinya.

Membran sel bisa sebagai pembatas kegiatan dalam sel. Sehingga tidak akan mudah mendapatkan pengaruh dari lingkungan luar.

Sifat membran sel terbagi atas dua bagian. Pertama, pembagian sifat berdasarkan kedinamisan dan asimetris. Sedangkan sifat yang kedua berdasarkan pada tingkat kemampuan.

Berikut adalah penjelasan lengkap dari sifat tersebut.

Dinamis

Membran sel itu dinamis yang strukturnya hampir sama dengan air. Memiliki kemungkinan besar molekul lipid dan protein bisa bergerak.

Asimetris

Mengingat bahwa komposisi protein dan lipid tidak sama. Terutama pada bagian luar dari membran sel ini. Sehingga komposisinya akan sama antara luar dan dalam.

Sifat Berdasarkan Kemampuan

Impermeabel

Sifat membran sel berdasarkan pengalaman ada impermeabel. Hal ini termasuk pada membran sel yang tidak mengizinkan masuknya zat. Terutama zat yang asalnya dari luar lingkungan. Karena bisa memberikan dampak yang fatal.

Permeabel

Sifat yang kedua adalah permeabel. Hal ini menunjukkan bahwa semua zat bisa melewati membran sel. Sehingga akan berlanjut dengan sel yang masuk ke dalam sel.

Semipermeabel

Pengertian dari sifat semipermeabel adalah zat yang bisa masuk ke dalam sel. Biasanya zat ini memiliki membran sel yang normal. Maka akan muncul sifat semipermeabel dalam diri.

Baca Juga: Struktur Sel Prokariotik, Makhluk Hidup yang Tidak Memiliki Membran Inti

Fungsi Membran Sel

Beralih dari sifat membran sel menuju ke fungsinya. Ternyata membran sel adalah sesuatu yang berharga dalam kehidupan manusia. Berikut adalah hal yang bisa dilakukan.

Melekatnya Sitoskeleton

Fungsi yang pertama sebagai rangka dari sel. Sehingga sitoskeleton merambat pada membran sel. Hal ini bisa memastikan adanya penjaga sisi atas bagian luar sel.

Komunikasi Sel

Sifat ini akan menunjukkan adanya reseptor yang memiliki ikatan dalam tubuhnya. Reseptor akan memberikan sinyal untuk memasukkan ke senyawa-senyawa.

Perkembangan Sel

Adanya sifat membran sel yang memberikan dampak positif adalah membantu dalam perkembangan sel. Hal ini dikenal dengan sebutan ensou osis dan eksositosis. Hal ini akan melanjutkan eksositosis yang mengeluarkan senyawa yang berlebihan.

Melindungi Sel

Ternyata membran sel juga berfungsi untuk melindungi sel. Hal ini akan menyeleksi setiap senyawa yang masuk dan keluar sel.

Membran sel akan mengizinkan senyawa yang masuk seperti oksigen dan air. Sehingga senyawa yang masuk ke dalam sel tidak sembarangan. Membantu sel tetap terjaga kesehatannya.

Sistem Transportasi Membran

Sifat membran sel sangat berpengaruh pada fungsinya yang bisa mengatur keluar masuknya zat. Padahal fungsi ini akan berjalan dengan adanya sistem transport membran.

Transpor Pasif

Jenis transport yang pertama akan melalui proses pertukaran molekul. Hal ini berlaku spontan dan otomatis tanpa membutuhkan mekanisme khusus. Transpor pasif merupakan akibat dari gradien konsentrasi molekul.

Transpor Aktif

Berikutnya ada transpor aktif yang pergerakan molekul melalui mekanisme tertentu. Sudah pasti bahwa transport ini membutuhkan energi. Transpor aktif memerlukan protein yang berperan sebagai molekul pengangkut pada membran.

Permeabilitas Membran Sel

Merupakan sebuah permeant molekul yang bergantung pada muatan listrik. Lalu akan bergantung pada sifat membran sel.

Sifat hidrofobik ini membawa membran sel memiliki muatan netral. Sedangkan molekul yang dipilih adalah tingkat polaritas molekul pada tingkat lebih rendah dari massa molar.

Sehingga bisa menjalankan permeabilitas dengan sempurna. Tidak ada unsur yang bisa menghalangi segala proses pada membran sel.

Itulah informasi seputar sifat membran sel pada manusia. Pastikan bahwa sel bisa menjalankan fungsinya dengan baik. (R10/HR Online)