Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita TerbaruSinopsis Film Nomadland, Kisah Pengembara yang Berjuang Hidup

Sinopsis Film Nomadland, Kisah Pengembara yang Berjuang Hidup

Sinopsis film Nomadland bercerita tentang kehidupan seseorang yang bisa meraih nominasi Golden Globes 78. Film ini mendapatkan arahan dari sutradara Chloe Zhao. Merupakan salah satu film barat kontemporer independen Amerika.

Film ini pertama kali rilis pada tahun 2020. Mengadaptasi sebuah buku non fiksi berjudul Nomadland: Surviving America in the Twenty-First century.

Pertama kali tayang pada 11 September 2020 pada Festival Film Venesia. Bahkan meraih Golden Lion dan membawa pulang People’s Choice Award.

Baca Juga: Sinopsis The Devil Below, Menguak Legenda Tambang Batu Bara

Film ini juga termasuk salah satu yang memenangkan hadiah utama dari Venesia dan Toronto. Pemeran film Nomadland adalah Frances McDormand, David Strathairn, Linda May, dan Swankie.

Simak Sinopsis Film Nomadland 2020

Kisah bermula ketika Fern sedang berduka. Hidupnya benar-benar pada titik yang paling rendah. Terutama sejak suaminya meninggal dunia.

Semenjak itu, Fern mulai kehilangan pekerjaannya. Saat itu, ia bekerja sebagai buruh pabrik Gypsum AS. Kebetulan pabrik tersebut terpaksa harus tutup.

Fern bekerja sudah cukup lama hingga bertahun-tahun. Bahkan sudah merasa cocok dengan pekerjaan itu. Sehingga mampu menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal.

Dalam sinopsis film Nomadland terlihat suaminya meninggal tak selang berapa lama. Kehidupannya juga mulai berantakan. Apalagi ekonominya yang semakin menurun dan harus berjuang untuk hidup.

Agar segera lupa dengan kematian sang suami, ia memutuskan untuk menjual beberapa barang berharga miliknya. Uang hasil penjualan itu ia gunakan untuk membeli mobil Van.

Fern memutuskan untuk meninggalkan kota itu. Tujuannya adalah mendapatkan kehidupan baru yang lebih indah. Ia ingin berkeliling ke berbagai negara agar mendapatkan pekerjaan yang baru.

Komunitas Pengembara

Sinopsis film Nomadland menjelaskan bahwa Fern mencoba pekerjaan musiman. Berada pada sebuah gudang, ia harus bekerja di musim dingin.

Ia bertemu dengan seorang teman bernama Linda yang baik hati. Suatu malam, Bob Wells mengadakan sebuah pertemuan musim. Linda mengajak Fern untuk datang ke pesta itu.

Memang sangat unik karena pertemuan itu bertujuan memupuk semangat para pengembara. Adanya sistem dukungan ini memberikan ketahanan hidup yang lebih berguna. Terbentuklah sebuah komunitas pengembara yang menakjubkan.

Kisah sinopsis film Nomadland menjelaskan bahwa Fern yang menolak ajakan Linda. Lama-kelamaan Fern berubah pikiran dan mengiyakan ajakan kawannya.

Saat itu, ia juga merasa kesulitan untuk mencari pekerjaan. Ia mendapatkan penolakan dari sana-sini. Hingga akhirnya harus diam karena tidak memperoleh pekerjaan.

Berangkatlah Fern dan Linda menuju ke pertemuan musim. Awalnya memang terasa asing dan ragu. Ternyata orang-orang menyambut hangat kedatangan Fern.

Pengalaman Baru dengan Orang Baru

Sinopsis film Nomadland menjelaskan bahwa pertemuan itu mampu memberikan pengalaman dan pelajaran baru. Fern bertemu dengan orang yang juga pengembara. Bahkan ia mulai belajar keterampilan bertahan hidup.

Mengingat ia kini hanya sebatang kara tanpa ada orang yang menemaninya. Semua yang ia lakukan saat ini harus lebih semangat dan berusaha bangkit.

Baca Juga: Sinopsis Film Outcast, Menyelamatkan Pewaris Tahta Kerajaan

Tanpa adanya orang-orang sekitar, ia bukanlah apa-apa. Mulai saat ini Fern merasa senang karena bisa mendapatkan dukungan dari orang-orang sekitar. Ia bisa memupuk semangat bekerjasama dengan mereka.

Sinopsis film Nomadland memperlihatkan ban mobil Fern meledak. Tak lama setelah itu, Fern menemui seorang pengembara bernama Swankie.

Sosok Swankie saat ini menderita penyakit kanker. Ia tidak ingin menghabiskan sisa hidup untuk istirahat di rumah sakit. Tetapi ingin pergi berpetualang bersama orang-orang terdekat.

Melihat hal ini, membuat hati Fern terketuk. Ia mendapatkan keterampilan baru dari Swankie yang terus semangat menjalani hidup. Bahkan terus belajar dan bangkit atas segala keterbatasan.

Merekam Ingatan

Sinopsis film Nomadland memperlihatkan Fern dan Swankie yang melakukan perjalanan untuk berpetualang. Fern bertemu dengan orang-orang baru dalam hidupnya. Selain itu, ia harus membuka hubungan dengan Bob.

Semua orang-orang yang memilih hidup nomaden ini memiliki cerita masing-masing. Bahkan semuanya adalah duka yang mendalam.

Sebelum kembali ke perjalanan yang panjang, Fern mengunjungi rumah lamanya. Ia memandang rumah dan beberapa area sekitar rumah. Seolah-olah Fern ingin merekam semua ingatannya.

Bagaimana kelanjutan sinopsis film Nomadland? Apakah Fern dan kawan-kawannya bisa mendapatkan hidup yang bahagia? (R10/HR-Online)

- Advertisment -