Spoiler Ending Attack on Titan, Apakah Eren Akan Mati?

Spoiler ending attack on titan
Ending Attack on Titan. Foto: Ist/Net

Ending Attack On Titan masih menjadi misteri bagi para penggemar anime. Perlu hingga belasan tahun untuk mengetahui akhir dari kisah Eren dan kaum Eldia ini.

Animenya sendiri hingga tanggal 8 Maret 2021 baru memasuki season 4 episode 13. Ada yang memperkirakan season 4 juga akan terbagi menjadi 2.

Namun, ada juga yang menjelaskan bahwa kisah Eren di Attack On Titan ini akan berakhir di tahun 2021. Namun tak ada yang tahu persis kapan cerita ini akan berakhir.

Saking serunya, banyak yang membuat spekulasi mengenai episode terakhir Attack On Titan ini. Yang paling dipercaya adalah seluruh kejadian dari season 1 hingga terakhir nanti hanyalah mimpi.

Alasannya karena terlalu banyak karakter utama yang mati. Namun, itu tak sepenuhnya salah juga.

Awas Ini Spoiler Ending Attack On Titan

Spoiler akhir cerita Attack On Titan muncul dari manga di chapter 138. Sebelumnya banyak pendapat yang beredar menyebutkan, anime ini akan memiliki cerita dark ending.

Namun, sebelum memasuki pembahasan siapkan terlebih dahulu mental Anda. Karena kisah akhirnya ini tak seindah di dalam dongeng biasa.

Judul ending dari Attack On Titan adalah A Long Dream atau Sebuah Mimpi Panjang. Maka dari itu yang menyebutkan bahwa akhirnya adalah mimpi tak sepenuhnya salah.

Awal dari chapter 138 ini berkisah tentang Titan Pendiri Eren hilang karena ledakan Colossal Titan Armin. Di sana Mikasa berkata sangat membenci Armin karena melakukan hal itu.

Baca Juga: Menyelami Karakter Attack on Titan, Siapa yang Paling Kuat?

Gabi, Falco, Annie dan seluruh orang terlihat sangat bahagia dan kembali dengan keluarga mereka. Namun, tiba-tiba muncul sebuah ledakan besar.

Rupanya itu adalah Titan Pendiri Eren yang mengalami evolusi. Di sana pun Rumbling atau kekuatan gemuruh Titan terjadi kembali. Artinya peperangan melawan Titan kembali terjadi.

Pertempuran dengan Titan Kembali Terjadi

Tiba-tiba banyak orang yang berubah menjadi Titan. Bahkan Conny dan Jean pun berubah menjadi Titan. Pertarungan antar Titan pun berlanjut. Eren dan Armin kembali bertarung dalam wujud Titan.

Singkat cerita, Mikasa meminta Levi agar membantunya membuka mulut Titan Eren. Prosesnya sama kala pasukan pengintai membuka mulut dari Reiner di Season 3.

Levi dan yang lainnya pun menggunakan tombak petir untuk membuka mulut Eren. Dengan cepat Mikasa pun masuk ke dalam mulut Eren.

Mimpi Eren dan Mikasa

Ending Attack On Titan pun berlanjut, di mana Mikasa masuk ke dalam tubuh Eren. Di sana, Eren langsung memberikan ingatan paralel ke Mikasa.

Ingatan ini juga yang membuat Eren menggunakan Rumbling lagi. Dalam ingatan tersebut adegannya mirip seperti di episode 1 Attack On Titan.

Jika di season 1, Mikasa yang membangunkan Eren ketika di taman, tapi ini sebaliknya. Mikasa pun mengatakan bahwa ini seperti mimpi yang sangat panjang.

Di sana pun Mikasa terlihat sedang menangis. Dejavu kembali terjadi bagi Mikasa dan juga Eren. Mikasa berharap bisa tinggal di tempat itu.

Dari kata-katanya itu Mikasa memang sudah sadar bahwa itu bukan dunianya. Namun ia ingin berada di sana.

Ending Attack On Titan ini juga menyebutkan alasan Eren melakukan Rumbling kembali. Eren mengatakan pada Mikasa bahwa dunia akan menyerang pulau Paradise.

Jika masyarakat tak pergi dari sana sudah pasti semuanya akan mati. Eren tidak ingin Historia berada seperti di neraka karena dipaksa hamil unutk urusan militer.. Itulah beberapa tujuan dari Eren.

Di samping itu, Eren juga mengajak Mikasa agar hidup bersamanya di sebuah pulau. Eren ingin menghabiskan sisa waktu 4 tahunnya hanya dengan Mikasa.

Baca Juga: Sasha Blouse AOT, Si Gadis Kentang yang Tewas di Tangan Gabi

Alternatif Ending

Sebenarnya dalam ending Attack On Titan ini, Eren sangat bernafsu untuk membunuh seluruh manusia di luar Paradise. Artinya Eren akan dikhianati oleh seluruh teman-temannya.

Namun ada juga alternatif lain, di mana Eren dan Mikasa akan hidup bersama. Untuk warga Eldia hidup berdampingan di dunia baru. Namun nyawa seluruh teman-teman Eren tidak akan selamat.

Kesedihan mulai, kala Eren menyebutkan jika dia mati lepaslah syal yang selalu dipakainya itu. Namun Mikasa menolaknya karena itu adalah hadiah dari Eren.

Di akhir cerita juga Mikasa berkata “Farewell, Eren.” Dengan wajah tersenyum Eren pun pergi dan membuktikan bahwa dirinya mencintai Mikasa.

Itulah spoiler Ending Attack On Titan yang terdapat di chapter 138. Namun ini masih spoiler, jadi masih belum pasti akan seperti itu. Untuk kisah lanjutannya lebih baik ikuti animenya di Netflix, IQIYI atau platform lainnya. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu