Squat Jump Melatih Otot, Begini Cara Menerapkannya Paling Mudah

Squat Jump Melatih Otot, Begini Cara Menerapkannya Paling Mudah
Ilustrasi squat jumpt melatih otot. Foto: trainingpeaks

Squat jump melatih otot supaya lebih sempurna, ada baiknya anda awali dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pasalnya, pemanasan akan membuat semua kegiatan olahraga berjalan lebih maksimal.

Gerakan squat jump ini sendiri sangat mudah anda lakukan. Karena dalam pelatihannya tidak memerlukan peralatan. Sehingga menjadi salah satu olahraga paling favorit oleh banyak orang.

Olahraga Squat Jump Melatih Otot dan Kekuatan Tubuh Lainnya

Olahraga squat jump merupakan gerakan yang bisa melatih seluruh anggota tubuh. Terutama pada bagian kaki, perut, paha depan, tubuh bagian tengah, dan betis. Umumnya gerakan ini untuk menuntut otot supaya bisa meregang serta berkontraksi.

Apabila melakukan olahraga ini secara benar, maka akan memberikan anda banyak manfaat. Terutama bisa meningkatkan kekuatan dalam lompatan vertikal ketika bermain basket.

Cara Melakukan

Kesalahan yang paling umum sebelum melakukan squat jump untuk melatih otot adalah tanpa adanya proses pemanasan. Padahal melakukan pemanasan terlebih dahulu adalah hal yang paling penting anda lakukan sebelum gerakan squat jump mulai.

Baca Juga : Manfaat Olahraga Skipping Untuk Kesehatan yang Bisa Anda Rasakan

Gerakan dalam melakukan squat jump juga tergantung dari tujuan utama anda. Apabila anda ingin melatih gerakan lompatan eksplosif, maka lakukan gerakan squat jump setinggi-tingginya. Tapi jika ingin melatih kebugaran saja, maka lakukanlah lompatan yang biasa saja.

Menumpu pada Bagian Kaki

Umumnya squat jump untuk melatih otot bisa dengan gerakan pada bagian dan kekuatan kaki. Pasalnya, termasuk olahraga sejenis pliometrik yang mengharuskan anda untuk melompat maupun bergerak aktif.

Olahraga ini bisa anda lakukan dengan latihan tunggal maupun kombinasi gerakan lain. Selain itu, anda juga bisa melompat ke atas box atau kotak, squatting dengan memegang bola, lompat tali, dan masih banyak lagi.

Mengingat gerakan squat jump adalah dengan lompatan yang berulang, maka tubuh akan banyak melakukan tumpuan pada bagian kekuatan kaki untuk melatih otot. Hal inilah yang membuat pergerakan ini berguna untuk meningkatkan refleks pada peregangan kaki anda.

Setiap anda mendarat dan melompat, maka otot paha akan meregang dan berkontraksi untuk lompatan selanjutnya. Sehingga membuat lompatan seterusnya jauh akan lebih kuat dan tinggi.

Mencari Tempat yang Aman

Sebelum melakukan squat jump untuk melatih otot yang benar, sebaiknya carilah tempat yang paling aman demi kenyamanan anda. Bagi anda yang pemula, bisa melakukannya di karpet, lantai beton, aspal, maupun di rumput.

Baca Juga : Sit Up Melatih Otot, Dapatkan Manfaatnya untuk Kesehatan

Tak hanya itu saja, namun anda juga harus menggunakan sepatu yang sesuai. Sebaiknya pilih sepatu olahraga yang nyaman supaya bisa membantu untuk mengurangi cedera ketika olahraga.

Anda bisa mencari jenis sepatu yang permukaannya lebih aman. Jadi, saat melakukan pendaratan, anda juga akan merasa lebih aman dan nyaman. Akan lebih baik lagi jika anda melakukannya pada sebuah matras khusus untuk olahraga.

Melakukan dengan Cara yang Benar

Untuk melakukan squat jump dalam melatih otot, sebaiknya lakukanlah dengan cara yang benar dan sesuai. Pasalnya, olahraga yang satu ini cocok dan aman untuk segala usia maupun jenis kelamin. Jadi, anda bisa melakukannya dengan teknik yang sesuai.

Supaya anda mendapat manfaat yang optimal, maka lakukan gerakan squat dengan cara yang benar. Bila teknik tersebut sudah benar, maka anda bisa langsung mengkombinasikannya dengan gerakan jump atau lompatan.

Perhatikan Gerakan Kaki

Ketika anda melompat, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kaki anda saat akan mendarat. Sebaiknya hindari untuk menghentakkan kaki yang terlalu keras saat menyentuh permukaan.

Lebih baik lagi jika jari kaki anda yang menyentuh permukaan dahulu, lalu ikuti dengan tumit. Hal terpenting lagi adalah jangan sampai anda memaksakan diri untuk melakukan squat jump selama melatih otot ini saat tubuh anda tidak mampu. Karena ada beberapa kasus terjadi cedera saat melakukan olahraga ini.

Baca Juga : Olahraga yang Dilarang untuk Skoliosis, Agar Tulang Tidak Melengkung

Menutup Sesi dengan Peregangan

Peregangan alias stretching bermanfaat untuk mengembalikan fleksibilitas otot setelah badan telah melakukan kegiatan secara berulang. Cara ini bisa anda lakukan sebagai salah satu upaya untuk pendinginan. Karena bisa membantu otot menjadi rileks setelah melakukan gerakan squat jump.

Hal paling penting selanjutnya adalah jangan terlalu sering melakukan olahraga squat jump untuk melatih otot tersebut. Karena melakukan gerakan dalam olahraga ini secara berlebihan tidak baik untuk tulang dan sendi. Sebaiknya lakukanlah setiap dua kali dalam seminggu. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah