Stang Motor Terasa Goyang, Cek Enam Komponen Ini!

    Stang Motor
    Penyebab stang sepeda motor terasa goyang bisa terjadi karena beberapa faktor. Foto: Net/Ist.

    Stang motor terasa goyang bisa terjadi karena beberapa faktor. Ketika mengendarainya Anda harus mewaspadainya. Sebab, kondisi stang yang goyang menjadi tanda adanya komponen yang mengalami masalah.

    Jika Anda membiarkan kondisi tersebut, selain kenyamanan berkendara menjadi berkurang, potensi terjadinya kecelakaan juga semakin besar.

    Oleh karena itu, segera periksa beberapa komponen untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab stang sepeda motor bergoyang.

    Merangkum dari berbagai sumber, ada enam komponen yang menjadi faktor penyebabnya sehingga sepeda motor tersebut mengalami kerusakan.

    Baca Juga : Penyebab Tenaga Motor Seperti Tertahan, Akibat Kurangnya Perawatan

    Penyebab Stang Motor Terasa Goyang

    Ban

    Ketika ban sepeda motor kempes ataupun bocor, tetapi terus dipakai berjalan, maka ban tersebut bisa saja tidak lagi berbentuk bundar utuh. Jadi saat melaju membuat stang terasa goyang.

    Stang yang terasa goyang bisa juga mengindikasikan kalau ban motor kempes. Indikasi lainnya, ukuran ban tidak pas dengan ukuran pelek motor.

    Jika ukuran bannya lebih kecil, maka stang tidak akan stabil ketika melintasi jalan yang rusak. Oleh karena itu, penting untuk memastikan ukuran ban dengan ukuran velg sudah sesuai standar pabrik.

    Pelek

    Penyebab stang sepeda motor goyang bisa juga mengindikasikan terdapat kerusakan pada bagian pelek. Misalnya, kondisi pelek ada yang bengkok atau penyok karena sebelumnya sepeda motor pernah jatuh.

    Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Rem Cakram pada Sepeda Motor

    Bearing Roda

    Leher atau komponen bearing roda yang terdapat di bagian tengah roda memiliki fungsi utama membaut as roda agar tidak bergesekan langsung dengan rumah rodanya. Bearing roda untuk membuat putaran roda menjadi lebih stabil.

    Biasanya kerusakan bearing roda akibat bagian bantalan peluru berbentuk bulat yang ada di dalam kondisinya sudah pecah.

    Cara untuk memeriksa bearing roda yaitu dengan menggoyangkan bagian roda ke arah kanan dan kiri. Ketika rodanya kurang angin, bearing pun akan mengalami kerusakan. Pastinya bakal mengalami kerusakan. Kondisi tersebut bisa menyebabkan stang motor terasa goyang.

    Komstir

    Bagi yang belum tahu, komstir merupakan bagian dari komponen penting kendaraan untuk mengendalikan motor. Komstir letaknya berada pada rangka sepeda motor bagian depan, yaitu antara segitiga garpu.

    Komstir bisa mengalami kerusakan, namun itu tergantung pada pemakaian kendaraannya. Biasanya kerusakan yang terjadi akibat komstir longgar.

    Masalah ini mengakibatkan stang motor sulit digerakkan. Hal tersebut membuat stang terasa sulit untuk berbelok.

    Baca Juga : Tanda Ban Motor Harus Diganti, Kenali Melalui Ciri Fisiknya

    Segitiga Dudukan Motor

    Penyebab stang motor terasa goyang salah satunya terdapat masalah pada bagian segitiga dudukan motor. Komponen tersebut berfungsi sebagai penghubung antara stang dan shockbreaker.

    Apabila bagian garpu sebelah kiri dengan sebelah kanan terlihat tidak sejajar, otomatis stang sepeda motor pun akan terasa bergoyang.

    Untuk mengukur sejajar atau tidaknya dudukan segitiga motor, Anda bisa memeriksanya dengan alat ukur feeler.

    Kemudian, saat mengukur, pilih tempatnya yang datar. Jika muncul bagian segitiga dudukan motor tidak sejajar, sebaiknya segera perbaiki.

    Shockbreaker

    Jika stang sepeda motor Anda terasa goyang bisa juga mengindikasikan terdapat masalah pada bagian shockbreaker. Jika hal ini terjadi biasanya akibat dua permasalahan pada shockbreaker.

    Kerusakan pertama yaitu shockbreaker bergeser sehingga menjadi tidak lurus lagi. Kerusakan tersebut biasanya terjadi akibat sepeda motor pernah mendapat benturan keras.

    Selanjutnya, kerusakan yang kedua adalah akibat bantalan karetnya tidak tepat. Apabila shockbreaker motor mengalami salah satu dari dua masalah tersebut, stang sepeda motor otomatis bakal terasa goyang. (Eva/R3/HR-Online)

    Editor : Eva Latifah