Stone Garden Padalarang, Wisata Sejarah Suguhkan Pesona Batu Purba

Stone Garden Padalarang
Stone Garden Padalarang. Foto: Ist/Net

Stone Garden Padalarang adalah salah satu destinasi wisata baru Kota Bandung yang mulai digemari oleh masyarakat. Destinasi wisata ini menyuguhkan pemandangan yang sangat menarik dengan ketinggian mengagumkan.

Selain dapat menikmati keindahannya, para pengunjung juga dapat belajar sejarah dari destinasi wisata ini. Area wisata yang berupa hamparan tanah di mana terdapat bebatuan unik yang tidak beraturan.

Formasi bebatuan yang tidak beraturan tersebut justru nampak memberikan keindahan tersendiri serta mampu membentuk taman ala yang sangat menarik.

Hamparan tanah dengan bebatuan unik yang lengkap dengan pemandangan hijau seolah menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Terlebih lokasinya yang berada di daerah dataran tinggi pada kawasan Masigit, Citatah, Cipatat, Padalarang dengan ketinggian 908 mdpl. Maka bagi anda yang ingin menjajal wisata yang tidak biasa, Stone Garden dapat menjadi pilihan tepat bagi anda.

Daya Tarik Stone Garden Padalarang

Stone Garden menjadi salah satu destinasi wisata sejarah wilayah Padalarang, Bandung Barat. Hadir dengan barisan pemandangan bebatuan karst raksasa yang tersusun rapi.

Baca Juga: Taman Wiladatika Cibubur, Pesona Baru Objek Wisata yang Legendaris

Stone Garden juga populer dengan sebutan Karts Citatah. Destinasi wisata unik ini pertama kali ditemukan oleh para kelompok peneliti cekungan Bandung, Institut Teknologi Bandung atau ITB pada tahun 2000 lalu.

Saat ini lokasi tersebut kembali populer dengan keindahan pemandangan alamnya yang menakjubkan. Menariknya lagi, Stone Garden Padalarang menjadi tempat wisata bersejarah yang menarik untuk anda kunjungi.

Dengan berkunjung ke Stone Garden, anda akan menemukan salah satu spot wisata anti mainstream yang tidak akan anda temukan pada wilayah lain.

Keunikan Stone Garden Padalarang

Pernahkah anda mendengar Stonehenge yang merupakan taman batu unik bersejarah yang berada di Wiltshire, Inggris? Nah, keunikan taman batu tersebut dapat anda temukan juga di daerah Citatah, Padalarang.

Kawasan ini juga menyuguhkan taman batu purba ala Stonehenge yang sangat menakjubkan. Untuk membuktikannya, anda dapat langsung mengunjungi destinasi wisata yang adadi Citatah, Padalarang. Tepatnya di Gunung Masigit, Cipatat.

Pada Stone Garden Padalarang ini, anda dapat menemukan bebatuan purba yang terhampar pada kawasan perbukitan seluas 2 hektare. Formasi bebatuan unik tersebut perkiraannya telah terbentuk secara alami pada jutaan tahun lalu.

Berdasarkan dari laman Pesona Indah, Stone Garden atau Karts Citatah ini terbentuk pada Zaman Miosen antara 20 hngga 30 juta tahun silam. Pada kawasan ini juga ada situs purbakala bernama Gua Pawon. Wisatanya berada tidak jauh dari Stone Garden.

Selain unik, Stone Garden juga menyuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan dari puncak Penyawangan dengan ketinggian kurang lebih 700 mdpl.

Untuk dapat mencapai lokasi ini, tentu memerlukan kondisi fisik yang sangat prima. Pasalnya, pengunjung harus mendaki ketinggian kurang lebih 1,5 kilometer.

Meskipun harus menempuh perjalanan yang melelahkan, semua itu akan terbayar lunas dengan suguhan keindahan yang ada. Formasi bebatuan yang terhampar luas tidak beraturan seakan menambah kesan artistik destinasi wisata ini.

Aktivitas Menarik Stone Garden Padalarang

Bebatuan unik yang terdapat pada Karts Citatah ini teridiri dari berbagai ukuran, mulai dari yang besar hingga kecil. Maka tidak heran, jika kawasan ini menjadi spot buruan para wisatawan yang ingin mengabadikan momen dengan berfoto ataupun berswafoto.

Destinasi wisata ini sering bermanfaat sebagai lokasi pengambilan gambar atau prewedding bagi para pasangan yang akan menikah.

Hal menarik saat anda mengunjungi taman batu ini adalah adanya fenomena alam indah yang dapat anda saksikan pada Stone Garden. Pesona alam tersebut berupa keindahan matahari terbenam yang sangat mempesona.

Fasilitas dan Tiket Masuk Stone Garden Padalarang

Fasilitas yang terdapat pada Karst Citatah ini cukup lengkap. Antara lain mushola, gazebo, warung makan, hingga area parkir yang cukup luas.

Baca Juga: Taman Bunga Nusantara Cianjur, Hadir dengan Konsep Unik dan Edukatif

Bagi anda yang tertarik mengunjungi destinasi wisata ini, maka anda akan dikenakan biaya masuk sekitar Rp 10.000 per orang.

Untuk dapat sampai pada kawasan wisata ini, maka anda dapat masuk melalui pintu utama atau Goa Pawon. Sebaiknya anda mengunjungi destinasi wisata Stone Garden Padalarang saat sunrise agar dapat menikmati indahnya ciptaan Tuhan. Jangan lupa menyiapkan kamera untuk mengabadikan keindahan alam wisata ini. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang