Suzuki GSX 250F Muncul di Permendagri, Ini Informasi Lengkapnya

Suzuki GSX 250F
Suzuki GSX 250F. Foto: Ist/Net

Suzuki GSX 250F kabarnya telah tercantum dalam Peraturan Dalam Negeri (Permendagri) No. 1 Tahun 2021. Setelah lama absen dari persaingan segmen motor sport, PT Suzuki kali ini serius menggarap motor yang menurut dugaan bernama Suzuki GSX dengan seri 250 F. 

Suzuki menggunakan kapasitas 250cc pada motor terbarunya tersebut. Bahkan tidak hanya Suzuki saja, namun dari Yamaha, Honda, dan Kawasaki sampai saat ini masih sering meluncurkan motor sport dengan kubikasi 250 cc. 

Jika memang kabar yang tercantum pada Permendagri benar, maka motor Suzuki baru tersebut menambah jajaran keluarga motor sport sekaligus penerus dari Thunder 250 dan Inazuma 250. 

Pada Permendagri tersebut juga tertulis mengenai informasi NJKB motor dengan nilai Rp. 34,5 juta. Namun setelah ditanyakan kebenarannya, pihak dari peninggi sales dan marketing tetap saja masih mengelak bahkan memilih diam. 

Konfirmasi Suzuki GSX 250F Terbaru 

Dalam konferensi pers, Yohan dari Department Head of Sales and Marketing memberikan kelanjutan informasi dan konfirmasi bahwa nomor model tersebut memang benar adanya. Bahkan ia berpesan kepada publik agar bersabar dan menunggu waktu peluncurannya.

Yohan menyampaikan bersamaan dengan persiapan peluncuran, akan ada 4 motor terbaru yang dua diantaranya meluncur pada 6 bulan pertama di tahun 2021. 

Baca Juga : Suzuki Burgman Electric, Review Bocor Motor Listrik yang Akan Rilis 2021

Namun sayangnya, tidak ada komentar secara detail kapan waktu peluncuran dan spesifikasi detailnya. Hingga berita tersebut tersebar pada publik dan menjadi perbincangan panas para penggemar motor sport. 

Berita tersebut tidak begitu mengejutkan. Pasalnya, kehadiran motor tersebut memang sejak gelaran acara Tokyo Motor Show 2019 sudah gencar diisukan. 

Spesifikasi GSX 250F Terbaru 

Berbicara mengenai mesin bekalan Suzuki GSX 250F, kabarnya masih memakai mesin 4 tak SOHC silinder tunggal dengan kapasitas mesin 250cc.

Padahal pada motor sekelasnya telah berbekal DOHC karena mempunyai kerapatan tinggi untuk high performance engine. 

Sedangkan para pesaingnya sudah menawarkan mesin dua silinder sebelumnya, yakni Yamaha hadir dengan YZF R25, Ninja ZX 25R, dan lainnya. 

Sedangkan performa tenaga motor tersebut sebesar 26,5 tk pada 7000 rpm dan dengan torsi 22,6 Nm pada 7500 rpm. Dengan berbekal mesin tersebut, anda akan merasakan kenyamanan dan kesenangan berkendara.

Apalagi dengan transmisi enam percepatan yang lebih halus. Gearbox 6 percepatan Suzuki GSX 250F mengalirkan tenaga ke roda bagian belakang setelah melalui rantai penggerak motor tersebut. 

Semakin lengkap kenyamanan anda karena fitur modern yang ada pada Suzuki GSX 250F berupa rem ABS dual channel, panel instrumen digital, dan Suzuki Easy Start System.

Hanya saja, motor tersebut belum memiliki suspensi upside down. Bahkan hanya memiliki kunci kontak konvensional. Desain motor tersebut kali ini lebih unik.

Ban motor juga sedikit lebih lebar dengan ukuran 150/60-17 pada bagian belakang. Sedangkan pada bagian depan berukuran 110/70-17. Selain itu, knalpot lebih besar dan gemuk dengan dua selongsong terintegrasi baik. 

Tampilan Futuristik

Suzuki GSX 250F berdimensi panjang 2010 mm dengan lebar 740 mm dan tinggi motor 1035 mm. Dengan dimensi tersebut, tersemat tampilan yang begitu futuristik.

Terlihat dari desain fairing yang lebih meruncing ke arah bawah. Bahkan DNA sport yang tersemat padanya lebih kental dan semakin tegas. Motor tersebut sesuai dengan aura lebih sporty. 

Lampu depan berdesain lebih baik dari keluarga GSX sebelumnya. Sedangkan pada headlamp menganut model LED. Motor tersebut hadir dengan harga terjangkau sehingga para penggemarnya semakin termanjakan. Apalagi memenuhi kebutuhan aktivitas harian yang mendukung. 

Dari sekian pesaing motor sport, Suzuki memang belum terlalu banyak meluncurkan daftar motor terbaru. Kini perlahan Suzuki hadir memberikan angin segar dengan hadirkan GSX 250F tersebut.

Secara detail belum terlihat spesifikasi bekalan dari Suzuki GSX 250F. Harapan publik, motor tersebut dapat memberikan performa terbaik dari berbagai segi. 

Harga GSX 250F

Sesuai NJKB dengan nilai 34 jutaan tersebut, kemungkinan masih ada tambahan biaya lain. Sehingga motor tersebut dengan harga banderol kisaran 37 juta hingga 43 jutaan. 

Kemungkinan lain juga terjual miring karena berbekal 250 cc. Padahal motor sport jenis lainnya yang berkubikasi 250 cc pun mencapai harga 60 juta ke atas. 

Dengan mengetahui sedikit informasi dari Suzuki GSX 250F, konsumen dapat mengikuti update motor sport yang bakal hadir di Indonesia. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto