Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita BisnisBudidaya Tanaman Buah Dalam Pot, Usaha Rumahan Yang Menjanjikan

Budidaya Tanaman Buah Dalam Pot, Usaha Rumahan Yang Menjanjikan

Usaha budidaya tanaman buah dalam pot ada banyak kelebihannya. Selain caranya yang tidak sulit, tanaman buah jenis ini yang kita panen luas pasarnya. Anda bisa menjualnya dalam bentuk bibit atau tumbuhan yang telah berbuah.

Budidaya tanaman tak selalu menggunakan lahan yang luas. Begitu juga dengan tanaman buah tak harus kita lakukan pada lahan kebun seperti umumnya kita lakukan. Bahkan dengan pot Anda bisa bertanam jenis tumbuhan ini.

Seiring terkenalnya teknik budidaya tumbuhan dalam pot, banyak orang yang memburu penjual yang mempunyai stok tanaman ini. Hal ini karena bentuk tanaman terlihat unik. Pohon buah terlihat kecil yang sudah berbuah atau paling tidak sedang berbunga.

Usaha tanaman buah dalam pot populer juga dengan sebutan tabulampot. Teknik budidaya semacam ini bukanlah hal baru. Bercocok tumbuhan besar dengan menggunakan media pot tentunya memberikan keunikan tersendiri.

Saat ini jenis bisnis tabulampot kembali populer. Seiring banyaknya waktu aktivitas orang dari rumah selama masa pandemi, orang banyak yang menekuni tanaman. Tak hanya tanaman hias yang laris, tabulampot juga ikut menjadi buruan.

Strategi usaha budidaya ini sebenarnya merupakan cara umum untuk menawarkan tanaman buah yang mereka pasarkan. Dengan menggunakan teknik ini, para penjual terbukti banyak yang mendapat pesanan dari berbagai pohon buah yang mereka jual.

Baca Juga: Jenis Budidaya Tanaman Pangan yang Mudah dan Menguntungkan

Keunggulan Usaha Tanaman Buah Dalam Pot

Ada banyak keunggulan menjalankan usaha budidaya tanaman buah dalam pot. Kebanyakan orang mencari bibit tanaman yang masih kecil. Dengan kondisi yang siap pelihara akan memudah konsumen dalam membelinya.

Meski begitu tak sedikit pula orang yang mencari tanaman dalam kondisi yang sudah berbuah. Dengan beragamnya kebutuhan konsumen terhadap jenis tanaman ini akan memudahkan kita menjualnya. Baik yang bibit maupun yang sudah besar.

Anda juga tertarik untuk menjalankan usaha budidaya tumbuhan yang satu ini? Nah, berikut ini sejumlah cara budidaya tanaman buah dengan menggunakan media pot yang sebaiknya Anda tahu.

Harga Jual Tanaman

Usaha tanaman buah dalam pot saat ini terbilang sudah marak dan banyak yang menjalankannya. Dari berbagai tanaman yang mereka miliki harga jualnya juga variatif. Harga menyesuaikan dengan jenis dan kualitas dari tanaman tersebut.

Hal ini tentunya memberikan pengaruh pada jenis tanaman buah yang laris dan ada yang biasa saja. Umumnya jenis tanaman buah dengan media pot ini harganya berkisar dari 50 ribu sampai jutaan rupiah.

Selain tergantung jenis dan kualitasnya, harga tanaman juga berdasarkan wadah yang kita gunakan. Tanaman buah menggunakan pot, harganya bisa sampai ratusan ribu. Sedangkan kalau menggunakan polybag, harganya akan turun menyesuaikan dari tempatnya.

Baca Juga: Usaha Budidaya Tanaman Hias yang Menguntungkan dan Mudah

Jenis Tanaman Buah Paling Laris

Meski harga jualnya mampu mencapai jutaan, tapi peminat tanaman ini tidak akan mempermasalahkannya. Selain ada harga yang tinggi ada juga tanaman buah yang harganya terjangkau.

Dari soal harga tersebut akan berdampak pada jenis tanaman yang menjadi favorit banyak orang. Berikut ini jenis tanaman buah dalam pot yang paling laris dan banyak orang memburunya.

Tanaman Jeruk

Tanaman buah dengan media pot paling laris adalah jeruk. Jeruk sangat digemari dan banyak orang yang mencarinya. Hal itu karena jeruk menjadi salah satu buah yang banyak orang suka dan enak untuk kita konsumsi.

Tumbuhan jeruk juga mudah perawatannya. Hampir semua jenis buah jeruk yang kita kenal ada dalam daftar jenis tabulampot. Namun beberapa jenis yang populer antara lain jeruk nagami, jeruk keprok, jeruk nipis, lainnya.

Tanaman Jambu

Jenis tanaman buah paling laris selanjutnya adalah jambu. Tak mau kalah dengan jeruk yang populer dan mudah merawatnya, tanaman jambu pun juga termasuk yang populer.

Ada banyak jenis jambu yang banyak yang mencarinya, yaitu jambu air dan jambu biji. Kedua buah ini mempunyai jenis buah yang berbeda. Dari perbedaan ini akan berpengaruh juga terhadap harga yang tak sama.

Itulah beberapa jenis tanaman buah dalam pot yang populer dan potensial sebagai usaha. Dengan teknik budidaya semacam ini, Anda bukan bukan menjual buahnya melainkan tanamannya yang potensial sebagai usaha rumahan. (R11/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img