Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita TerbaruTanaman Hias Outdoor, Bentuknya Unik Halaman Rumah pun Cantik

Tanaman Hias Outdoor, Bentuknya Unik Halaman Rumah pun Cantik

Tanaman hias outdoor sangat banyak jenisnya. Anda bisa memilihnya untuk mempercantik halaman atau pekarangan rumah. Ada yang berwarna-warni, ada juga yang memiliki bentuk unik.

Halaman rumah yang berhiaskan tanaman hias akan kelihatan cantik. Berbagai macam warna serta dedaunan yang menghijau akan menciptakan pemandangan yang menyegarkan mata.

Tanaman hias tersebut bisa anda tanam dalam pot atau langsung di tanah area outdoor halaman. Dengan demikian, nuansa hunian anda akan semakin cerah, segar, dan indah.

Agar penampilan halaman atau pekarangan rumah cantik, ternyata tidak melulu harus dengan tanaman hias yang berbunga. Akan tetapi, tanaman hias daun bisa juga menjadi alternatif yang menghadirkan kesan menakjubkan bagi kebun anda.

Dalam pemilihannya, anda bisa menyesuaikan dengan corak warna tanaman, ketebalan daun dan lebarnya, ketinggian tanaman, serta ketahanan tanaman tersebut dalam berbagai kondisi.

Adanya tanaman hias bisa membantu desain arsitektur halaman outdoor rumah anda lebih menarik dan serasa hidup. Jadi, rumah tidak terkesan monoton dan membosankan.

Baca juga: Jenis Tanaman Hias Wangi untuk Ruangan, Rumah Jadi Harum Semerbak

Berikut ini adalah berbagai pilihan tanaman hias yang bisa mengisi halaman dan pekarangan rumah anda agar terlihat asri.

Sansevieria atau Lidah Mertua

Tanaman Hias Outdoor
Tanaman Lidah mertua

Tanaman hias Sansevieria ini lebih familiar dengan sebutan lidah mertua. Ini termasuk salah satu tanaman hias outdoor yang bisa bertahan di segala cuaca.

Lidah mertua bisa tumbuh dengan subur meskipun berada di bawah sinar matahari. Selain itu, tanaman ini juga bisa tumbuh subur di tempat yang teduh sekalipun.

Sansevieria ini memiliki manfaat yang sangat kaya. Seperti kemampuannya menyaring gas polutan, bau, dan kotoran. Dengan demikian, udara bisa bersih kembali.

Maka dari itu, wajar bila tanaman hias outdoor ini menjadi primadona bagi pemilik rumah yang ada di daerah perkotaan. Sebab tanaman ini bisa menjadi pembersih udara.

Seperti tanaman lain pada umumnya, Sansevieria ini juga bisa menghasilkan oksigen yang meningkatkan suplai oksigen dalam sebuah ruangan.

Kemampuannya mengubah karbondioksida menjadi oksigen saat malam hari secara maksimal membuat udara pagi harinya terasa lebih segar.

Aglaonema

Tanaman Aglaonema

Salah satu tanaman hias outdoor yang cukup populer saat pandemi Corona ini adalah aglaonema. Para pecinta tanaman hias berburu aglaonema untuk menghias rumah mereka.

Sebab selain cocok ditanam di area outdoor, tanaman ini juga bisa dijadikan sebagai tanaman indoor. Aglaonema terbukti bisa tumbuh subur dalam berbagai iklim. Baik itu iklim panas maupun dingin.

Salah satu alasan mengapa banyak orang menggandrungi tanaman hias aglaonema ini adalah karena keunikan corak yang ada pada bagian daunnya.

Jenis aglaonema sendiri cukup banyak seperti aglaonema widuri, aglaonema suzy, aglaonema emerald bay, dan aglaonema silver king.

Jenis tanaman hias outdoor yang satu ini memiliki daun berbeda. Begitu pula dengan warna dan motifnya. Tetapi yang paling sering ditemui adalah aglaonema berdaun hijau dengan corak warna merah.

Bukan hanya membuat halaman anda semakin indah dan asri. Ternyata tanaman aglaonema ini mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan.

Aglaonema bisa lebih banyak menyuplai udara bersih dan menyerap berbagai zat beracun yang ada di udara. Dengan demikian, udaranya bisa terasa lebih segar.

Canna

Tanaman Canna

Selain aglaonema yang sedang naik daun, tanaman hias outdoor yang satu ini juga sangat cocok untuk menghias halaman rumah. Sebab canna adalah tanaman yang bisa tumbuh di wilayah tropis.

Selain itu, tanaman canna ini juga bisa bertahan dalam segala jenis cuaca. Baik saat musim penghujan maupun musim kemarau. Tanaman hias ini memiliki karakteristik bentuk daun yang lebar.

Selain itu, memiliki guratan kuning serta hijau yang bertekstur halus. Daun canna bentuknya lebar seperti daun pisang. Bunga tanaman ini warnanya kuning, merah, dan oranye yang cukup mencolok.

Bagi anda yang masih pemula dalam dunia tanaman hias, maka canna termasuk salah satu tanaman yang perawatannya mudah. Anda hanya perlu memastikan tanaman ini mendapatkan cukup sinar matahari dan dilakukan penyiraman setiap hari. Tanaman daun ini dapat menjadi pilihan anda.

Kaktus

Tanaman Hias Outdoor
Tanaman Kaktus

Bingung memilih tanaman hias outdoor untuk halaman rumah anda? Mungkin kaktus bisa jadi salah satu pilihan. Hampir semua orang sudah mengenal tanaman kaktus ini.

Kaktus memang terkenal sebagai tanaman gurun. Meski demikian, tanaman ini cocok untuk ditanam di Indonesia yang beriklim tropis.

Baca juga: Berbagai Jenis Kaktus Berbunga untuk Koleksi Tanaman Hias Indoor

Tanaman kaktus juga tidak perlu perawatan yang ribet dan terbilang mudah. Jenis tanaman kaktus juga beragam, mulai dari kaktus karang, kaktus panda, kaktus centong, hingga kaktus koboi.

Spesies kaktus sebagian besar asalnya dari Amerika Utara, Tengah, dan Selatan. Selanjutnya spesies tersebut diimpor ke berbagai negara.

Tanaman kaktus memiliki sifat yang mampu menyimpan cadangan air di bagian batangnya dengan lapisan lilin. Bahkan kaktus bisa memiliki banyak cadangan makanan.

Bougenville

Tanaman Bougenville

Anda semua tentu sudah pernah mendengar nama tanaman hias outdoor yang satu ini bukan? Namanya adalah bunga bougenville. Bagi anda pecinta tanaman, maka bougenville sepertinya menjadi satu hal yang wajib ada.

Jenis tanaman ini tergolong tahan terhadap panasnya matahari. Biasanya bougenville banyak di pinggir jalan atau di pekarangan rumah.

Kepopuleran bougenville ini salah satunya berkat keindahan bunga yang berwarna-warni. Ada warna merah muda, ungu, orange, hingga warna putih.

Selain menjadikan pekarangan rumah anda terlihat cantik, bougenville juga dipercaya mendatangkan keberuntungan. Bila anda ingin memelihara tanaman hias berupa bougenville caranya cukup mudah. Selain itu, juga tidak perlu biaya perawatan yang mahal.

Euphorbia

Tanaman Euphorbia

Bagi anda pecinta tanaman hias, anda bisa mencoba menanam euphorbia. Sebab tanaman ini termasuk dalam tumbuhan tahunan dan bisa menghiasi pekarangan rumah anda.

Selain menciptakan keindahan halaman rumah, tanaman euphorbia ini juga bisa membawa keberuntungan, kemakmuran, dan kesuksesan. Bila tanaman hias outdoor ini semakin besar dan banyak bunganya, maka pemiliknya juga semakin sukses dan beruntung.

Euphorbia memiliki batang yang berduri kasar, tajam, bergetah, dan berwarna coklat kelabu. Tangkai daunnya pendek, berdaun tunggal berbentuk bundar telur sungsang, bagian tepinya rata, dan berwarna hijau.

Tanaman hias bernama euphorbia ini mempunyai bunga majemuk berbentuk payung dan keluar dari ketiak daun. Euphorbia memiliki bunga dengan warna yang berbeda-beda.

Euphorbia sangat suka dengan sinar matahari langsung. Selain itu, perawatan tanaman hias outdoor ini juga mudah, sebab tidak butuh banyak air.

Disamping bisa menghias halaman rumah agar cantik dan asri, tanaman euphorbia juga memiliki manfaat sebagai obat. Ternyata bagian batang, daun, serta bunga euphorbia memiliki senyawa tanin dan saponin yang berguna sebagai antimikroba pada berbagai bakteri.

Baca juga: Tanaman Hias Berdaun Pink yang Unik untuk Mempercantik Rumah

Bagian bunga euphorbia memiliki kandungan flavonoid. Bagian bunganya berfungsi untuk menghentikan pendarahan. Batang serta daunnya bisa berfungsi sebagai penghilang bengkak, antiseptik, dan anti radang.

Tanduk Rusa

Tanaman Tanduk Rusa

Tanaman hias outdoor bernama tanduk rusa ini juga familiar dengan sebutan simbar menjangan. Ini merupakan salah satu jenis paku-pakuan yang sangat eksotis. Umumnya tanaman ini hidup melekat pada pohon yang besar.

Tanduk rusa memiliki jaringan tanaman berlubang yang melekat dan bentuk daunnya menjuntai ke bawah bercabang mirip seperti tanduk rusa.

Oleh sebab itulah, banyak orang yang menyebutnya sebagai paku tanduk rusa. Bentuk tanduk rusa yang begitu unik membuatnya sering dijadikan sebagai tanaman hias.

Selain bisa menjadi penghias pekarangan rumah, tanduk rusa juga sebagai obat berbagai penyakit. Seperti untuk mengobati bisul, gondok, penyubur kandungan, demam, dan lain sebagainya.

Bila anda ingin menanam tanduk rusa sebagai hiasan, maka anda bisa menempelkannya di pohon. Bisa juga dengan menanamnya dalam pot dan menggantungnya sebagai hiasan teras rumah.

Salah satu tanaman hias outdoor yang digandrungi banyak orang adalah kamboja jepang. Tanaman ini juga populer sebagai adenium. Bentuk pohonnya unik dan mirip bonsai.

Sedangkan bagian bunganya memiliki mahkota yang indah. Lengkap dengan berbagai warna yang lebih mencolok jika dibandingkan dengan kamboja biasanya.

Berbagai macam varietas kamboja jepang ada yang memiliki bunga lebat. Seperti adenium good luck, adenium rainbow, adenium triple blue, adenium sale da, dan lain sebagainya.

Kini anda bisa menghias halaman dan pekarangan rumah dengan bunga adenium atau kamboja jepang yang memiliki banyak warna cantik dan menarik.

Tanaman hias ini cocok sekali hidup di daerah tropis. Kamboja jepang juga memiliki sistem penyimpanan air di bagian batang ketika musim kemarau. Jadi, tanaman ini bisa tetap hidup meski kemarau tiba.

Siklok

Tanaman Hias Outdoor
Tanaman Siklok

Apakah anda memiliki taman minimalis di halaman rumah? Jika iya, anda wajib menanam tanaman hias outdoor yang satu ini. Ya, namanya adalah siklok atau agave attenuata.

Sebenarnya siklok ini sering menjadi tanaman untuk penghijauan yang cukup efektif meskipun anda memiliki halaman rumah yang sempit.

Salah satu karakteristik tanaman siklok adalah tekstur yang keras dengan daun hijau keputihan. Selain itu, bentuk daunnya runcing dan menjadikan tanaman ini terkesan unik.

Bila anda menanam siklok di taman rumah anda yang sempit, maka anda tak butuh perawatan yang rumit. Pasalnya, siklok tidak perlu penyiraman yang sering. Sebab tanaman ini bisa tahan ketika udara panas dan area tanamnya kering.

Bunga Anyelir

Bunga Anyelir

Anyelir adalah salah satu tanaman hias outdoor yang bisa memperindah pekarangan rumah anda. Selain bisa ditanam langsung, media tanam pot juga bisa menjadi pilihan.

Menanam anyelir langsung pada lahan membuat tanaman ini bisa memiliki ketinggian mencapai 2 meter. Sementara itu, siklus hidup anyelir kurang lebih 20 bulan. Akan tetapi, agar bisa tumbuh tegak, maka anda harus mengikat bunga ini dengan penyokong.

Baca juga: Tanaman Hias Pembersih Udara Terbaik Menurut NASA

Warna bunga anyelir sangat terang dan berwarna-warni. Dengan demikian, jenis bunga ini sering menjadi hiasan. Anyelir sendiri terdiri dari dua jenis. Ada anyelir dengan satu bunga pada setiap tangkai. Ada pula jenis spray yang memiliki banyak bunga pada setiap tangkai.

Bunga Puring

Tanaman Hias Outdoor
Bunga Puring

Puring menjadi salah satu tanaman hias outdoor yang belakangan sedang populer. Di Indonesia, bahkan hampir semua orang menanam tanaman puring ini.

Salah satu alasan mengapa banyak orang suka dengan tanaman ini adalah mudahnya puring tumbuh. Selain itu, bila puring tumbuh subur, maka tampilannya sangat menarik. Memiliki daun yang berwarna-warni dan bentuk daunnya beraneka ragam.

Inilah yang membuat tanaman puring menjadi koleksi para penghobi tanaman hias. Anda juga bisa menjadikan puring menjadi salah satu tanaman hias outdoor pelengkap taman rumah anda. (R10/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara

- Advertisment -