Tanda Ban Motor Harus Diganti, Kenali Melalui Ciri Fisiknya

Tanda Ban Motor Harus Diganti, Kenali Melalui Ciri Fisiknya
Ilustrasi tanda ban motor harus diganti. Foto: Ist/Net

Tanda ban motor harus diganti beragam. Sebagai pemilik kendaraan. anda perlu mengetahuinya. Ada beberapa tanda komponen tersebut perlu penggantian, jangan tunggu ban gundul terlebih dulu.

Salah satu komponen penting pada sepeda motor yaitu ban. Komponen tersebut merupakan yang bersentuhan langsung dengan medan jalan.

Karena alasan inilah komponen mampu menunjang kenyamanan dan keselamatan. Bagi anda pemilik sepeda motor, perlu tahu apa sebenarnya ciri-ciri dan kondisi jika komponen perlu penggantian.

Sebenarnya banyak indikator yang menandakan jika komponen perlu anda ganti. Hal ini bertujuan agar sepeda motor bisa berfungsi dengan optimal. Sehingga tidak menimbulkan potensi kecelakaan lebih besar.

Baca Juga: Ban Motor Sering Kempes, Cek Penyebabnya Berikut Ini

Ban motor memang memiliki masa pakai. Hal ini bisa terlihat dari tanda ban motor harus diganti. Penggantian komponen tersebut perlu anda lakukan mulai dari mengenali beberapa kondisi.

Misal ban sudah berumur, aus, hingga tingkat kenyamanan berkendara yang berkurang. Komponen tersebut perlu anda ganti segera agar tidak berakibat buruk.

Bahkan jika kondisinya sudah tidak memungkinkan, mau tidak mau anda harus segera menggantinya. Sayangnya, masih ada juga sebagian besar orang yang enggan mengganti komponen tersebut.

Bahkan anda tidak perlu ke bengkel untuk mengetahui tanda-tanda komponen perlu penggantian. Penggantian ban bisa anda lakukan sendiri di rumah.

Dengan catatan, anda sudah tahu caranya dan memiliki peralatan yang lengkap. Cari tahu apa saja yang menandakan komponen tersebut sudah tidak layak pakai.

Anda cukup mengamati fisiknya saja, apakah masih layak atau tidak. Jika sudah tidak layak pakai, maka sebaiknya untuk segera mengganti dengan yang baru. Hal ini bertujuan agar anda tetap aman dan nyaman saat berkendara.

Mengenali Tanda Ban Motor Harus Diganti

Penggunaan sepeda motor kini sudah semakin marak saja. Namun, sayangnya masih ada sebagian besar orang yang tidak memperhatikan komponen ban motor.

Pada umumnya, komponen yang sering menjadi perhatian yaitu bagian mesin. Padahal ban menjadi komponen penting bagi kendaraan.

Untuk dapat menunjang kenyamanan dan keselamatan berkendara, anda perlu melakukan penggantian. Namun, anda perlu tahu apa saja tanda yang membuat ban motor perlu diganti.

Baca Juga: Cara Memilih Ban Motor yang Tepat Sesuai Kebutuhan Kendaraan

Pemilik kendaraan menggantinya ketika kondisinya sudah gundul alias botak. Padahal jika komponen dalam kondisi tersebut, akan terasa licin ketika berjalan.

Sebaiknya selalu berikan perawatan yang baik agar umur pemakaian bisa lebih lama. Sebagai pemilik kendaraan, anda perlu mengenali apa saja tanda komponen perlu penggantian.

Bagi anda yang belum bisa mengenalinya, berikut ini beberapa tanda yang bisa anda ketahui. Ciri-ciri ban motor perlu anda ganti yaitu:

1. Perhatikan Alur Kembang

Tanda ban motor perlu diganti yaitu perhatikan alur kembangnya. Komponen tersebut memiliki bentuk seperti ukiran yang namanya alur kembang.

Fungsi dari hal tersebut yaitu untuk membuat gerakan ban menjadi lancar. Saat kondisi komponen tersebut masih baru, tentu akan membuat lebih nyaman saat berkendara.

Namun, dengan jalannya waktu pemakaian, kondisi alur tersebut lama-kelamaan akan aus. Jika ban botak, maka akan mengurangi performa kendaraan.

Bahkan bisa menimbulkan kecelakaan saat anda berkendara. Jika komponen sudah aus, sebaiknya segera ganti dengan yang baru. Kondisinya yang aus membuat daya cengkeram tidak stabil.

2. Bergoyang Saat Belok

Tanda ban motor harus diganti selanjutnya yaitu terasa goyang ketika kendaraan menikung atau berbelok. Hal tersebut akan cukup terasa seperti ban yang kurang angin.

Hal ini seperti sebelumnya, daya cengkeram ban sudah tidak optimal. Ketika performanya menurun, sebaiknya untuk segera anda ganti. Jika kondisinya baik, berkendara pun akan lebih aman. Anda akan lebih percaya diri saat berkendara.

Baca Juga: Ganti Ban Motor Sendiri, Begini Tekniknya!

3. Sejajar dengan Tread Wear Indicators (TWI)

Tread Wear Indicators (TWI) merupakan penanda keausan ban sepeda motor. Bagian tersebut berbentuk segitiga dan menjadi tanda batas keausan.

Letak dari TWI berada pada bagian sisi permukaan ban. Ketika komponen sudah berdekatan dengan ujung TWI, maka perlu segera ganti dengan yang baru.

Sebab, hal ini menjadi salah satu tanda ban motor harus diganti. Segera lakukan agar berkendara tetap aman dan nyaman.