Tanda Bayi Cukup ASI, Kenali Ciri-cirinya dengan Mudah dan Tepat

Tanda Bayi Cukup ASI, Kenali Ciri-cirinya dengan Mudah dan Tepat
Ilustrasi tanda bayi cukup ASI. Foto. babycouture

Tanda bayi cukup ASI biasanya terlihat dari sistem pencernaan dan suasana hati si kecil. Biasanya bayi yang sudah mendapatkan ASI cukup, tidak akan mudah rewel. Lalu akan lebih sering buang air besar sebanyak lima kali dalam sehari.

Kenali Tanda Bayi Cukup ASI

Biasanya waktu hari pertama bayi lahir, payudara seorang ibu akan menghasilkan kolostrum. Kolostrum merupakan cairan warna kuning keemasan. Hal ini diproduksi oleh ibu saat minggu-minggu terakhir kehamilan.

ASI akan muncul untuk menggantikan kolostrum pada hari ketiga setelah bayi lahir. Umumnya ASI lebih cair dan berwarna putih. Namun pada kolostrum memiliki warna bening keemasan.

Baca Juga: Cemilan untuk Ibu Menyusui yang Menyehatkan dan Baik Bagi Bayi

ASI merupakan satu-satunya makanan untuk bayi saat usia kurang dari 6 bulan. Agar bisa memenuhi kecukupan air susu, maka harus disusui setiap 3 jam sekali. Atau sekitar 8 kali dalam sehari.

Namun sebagian besar ibu belum mengetahui apakah bayinya sudah cukup ASI apa belum. Ada beberapa hal yang bisa membantu anda supaya mudah mengetahui bahwa bayi sudah cukup mendapatkan ASI.

Buang Air Kecil Secara Teratur

Tanda bayi cukup ASI yang pertama adalah bayi akan lebih sering buang air kecil. Biasanya bayi yang baru berusia 5 hari harus ganti popok 6 kali sehari.

Namun jika usianya lebih dari 5 hari, maka popoknya harus ganti 7 sampai 8 kali sehari. Hal ini apabila si kecil telah mendapatkan cukup ASI. Pasalnya, pada bayi yang cukup ASI, setiap ganti popok akan terlihat basah.

Tandanya dengan warna urine yang lebih kuning dan jernih. Setelah beberapa hari lahir, warna tinja lebih lengket dan berwarna gelap. Namun setelah bayi mendapat ASI yang cukup, akan berubah menjadi warna kuning.

Bertambahnya Berat Badan

Selanjutnya tanda bayi cukup ASI yaitu berat badannya akan bertambah. Tetapi perlu anda ketahui bahwa bayi mengalami penurunan bobot selama satu minggu setelah lahir. Hal ini adalah normal.

Biasanya bobot bayi yang sehat akan bertambah setelah mendapat ASI yang cukup. Dengan begitu, ASI berperan penting untuk menambah berat badan bayi.

Baca Juga: Penyebab Kaki Bengkak, Kenali Faktor-faktor dan Cara Mengatasinya

Menelan Dengan Baik

Apabila anda melihat air susu dalam mulut bayi serta melihat lehernya yang bergerak dengan baik, maka hal ini menandakan bahwa bayi telah mendapatkan ASI yang cukup.

Biasanya ketika bayi baru pertama kali menempel ke payudara, ia akan menghisap dengan cepat. Dari hisapan ini, maka akan semakin berkembang menjadi gerakan yang lebih menarik saat ia menelan air susu.

Merasa Puas

Berikutnya tanda bayi cukup ASI adalah mereka akan merasa puas setelah mendapatkan ASI. Apabila bayi sudah merasa puas, hal ini menandakan bahwa menyusui anak telah dilakukan dengan baik.

Namun sebaliknya, jika bayi nampak lesu dan rewel, kemungkinan ia kurang mendapatkan ASI. Tetapi bagi bayi yang sudah merasa puas dengan ASI, maka ia akan berhenti minum.

Tidur Bayi Lebih Nyenyak

Biasanya bayi yang sudah cukup dengan ASI, ia akan mudah mengantuk dan tertidur. Lalu ditandai dengan leher yang akan melemah, kemudian langsung bersandar pada pundak jika bayi tersebut digendong tegak.

Jumlah BAB Lebih Banyak

Selain warna feses, tanda bayi cukup ASI bisa dilihat dari jumlah BAB dalam sehari. Sehingga menunjukkan bahwa bayi BAB dengan jumlah banyak, maka ia sudah kenyang dengan ASI.

Apabila bayi tidak merasa lapar, bahkan tetap bisa BAB secara lancar, maka sistem pencernaan pada bayi akan menjadi lebih baik.

Baca Juga: Cara Mengatasi Sembelit pada Bayi dan Anak, Penyebab Beserta Gejala

Terlihat Lebih Ceria

Apabila bayi terlihat lebih ceria dan aktif, hal ini menandakan bahwa bayi sudah cukup ASI. Ketika ia mendapatkan ASI yang cukup sebelum tidur, maka akan aktif setelah ia bangun dari tidur. Hal ini sangat baik untuk perkembangan sang buah hati.

Gerakan Perut

Setelah beberapa hari melahirkan, biasanya bayi akan melewati mekonium dengan zat warna hijau gelap. Mekonium tersebut akan terakumulasi pada usus bayi saat kehamilan.

Mekonium akan lewat setelah beberapa hari dan pergerakan usus menjadi lebih ringan. Hal ini karena ASI yang diminum cukup banyak. Pada hari kelima, biasanya pergerakan usus mulai muncul dengan tinja yang normal.

Ditandai dengan warna yang cenderung cerah, sedikit berair, dan lebih berbau. Akan tetapi, pergerakan usus bisa bervariasi. Itulah beberapa tanda bayi cukup ASI yang perlu anda ketahui, terutama para ibu yang baru melahirkan.