Tanggul Jebol di Sindangrasa Ciamis Ancam Belasan Hektar Sawah

Tanggul Jebol
Tanggul jebol yang mengancam belasan hektar sawah di Sindangrasa Banjaranyar terancam banjir. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Curah hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini membuat air selokan di Desa Sindangrasa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis meluap dan membuat tanggul jebol, Rabu (3/3/2021).

Akibat jebolnya tanggul tersebut, belasan hektar sawah di Blok Pulo Dusun Pasiripis terancam banjir

Menurut Anggota Tagana Ciamis Uju Suparman, air yang membludak saat hujan tiba langsung masuk ke areal pesawahan milik petani setempat.

“Kejadiannya sore ketika hujan deras berlangsung. Semua air jadi masuk ke sawah. Dari hasil asesmen kami, sedikitnya ada 15 hektar sawah yang terancam banjir” katanya.

baca juga: Diguyur Hujan Deras, Dinding Rumah Warga Ciamis Ambruk

Guna menanggulangi terjadinya banjir berkelanjutan di areal pesawahan, pihaknya pun saat ini tengah mengupayakan peralatan yang mendukung perbaikan tanggul.

Minimalnya, kata Uju, butuh karung yang akan diisi tanah untuk menambal tanggul sementara.

Meski tingkat jebolnya tidak terlalu besar, lanjutnya, namun bila tidak segera mendapatkan penanganan akan mengancam sawah petani lantaran berpotensi menimbulkan banjir.

“Makanya ini harus segera ada tindakan agar airnya normal lagi. Bila banjir terjadi akibat ini, tentu saja petani akan merugi,” pungkasnya. (Suherman/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid