Tanggul Saluran Irigasi Jebol Ancam Persawahan di Pamarican Ciamis

Tanggul Saluran Irigasi Jebol Ancam Persawahan di Pamarican Ciamis
Petani tengah memperbaiki tanggul saluran irigasi di Dusun Ciparakan, Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang jebol. Foto : Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Tanggul saluran irigasi yang berada di Dusun Ciparakan, Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, jebol, Rabu (3/3/2021) sore.

Tanggul saluran pembuangan Cigaleuh dengan panjang kurang lebih 3 meter dan tinggi 2 meter tersebut jebol, karena tidak kuat menahan air yang debit air.

Sehingga, akibat tanggul saluran irigasi yang jebol tersebut, air pun langsung masuk dan merendam areal persawahan milik warga.

Anggota Tagana Kabupaten Ciamis, Baehaki Efendi, membenarkan adanya kejadian tersebut. Pihaknya juga telah melakukan peninjauan langsung ke lokasi.

“Kejadiannya kemarin sore saat hujan mengguyur wilayah Kecamatan Pamarican dan sekitar Kabupaten Ciamis. Dan tadi pagi, kami juga telah melakukan peninjauan dan mengarahkan petani, untuk melakukan upaya pembetulan tanggul yang jebol,” katanya kepada HR Online, Kamis (04/03/2021).

Menurut Baehaki, dengan terjadinya tanggul yang jebol, petani berharap ada upaya pemerintah untuk memberikan bantuan pembuatan bronjong ataupun perbaikan tanggul.

Meski saat ini, lanjutnya, petani sudah melakukan penutupan tanggul saluran irigasi yang jebol, namun kualitasnya masih bersifat sementara.

“Selain itu, petani memperbaiki tanggul tersebut hanya menggunakan alat seadanya. Sehingga, kami khawatirkan jebol akan kembali terjadi ketika tidak ada penanganan,” ungkapnya. (Suherman/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto