Telinga Terasa Penuh, Ketahui Penyebab serta Cara Mengatasinya

Telinga Terasa Penuh, Ketahui Penyebab serta Cara Mengatasinya
Ilustrasi telinga terasa penuh. Foto: verywellhealth

Telinga terasa penuh adalah kondisi yang menyebabkan rasa tidak nyaman. Pasalnya, telinga penuh dapat menyebabkan berbagai macam gejala. Seperti muncul suara berdengung, telinga terasa nyeri, pusing, penurunan pendengaran, sampai batuk.

Sehingga, mengetahui tips untuk mengatasi telinga penuh itu sangatlah penting. Apalagi jika produksi kotoran di telinga anda berlebih, tentu akan menimbulkan banyak masalah.

Penyebab dan Cara Mengatasi Telinga Terasa Penuh

Kesehatan telinga adalah hal yang sangat penting untuk dijaga. Sehingga memahami penyebab dan cara mengatasinya itu sangatlah penting.

Ada berbagai macam hal yang menyebabkan telinga menjadi tersumbat. Mulai dari kondisi paling ringan sampai hal yang berakibat dari suatu penyakit. Maka, sebelum mengatasinya, terlebih dahulu untuk mengetahui penyebabnya.

Baca Juga : Fungsi Saluran Eustachius pada Pendengaran dan Gangguannya

Penumpukan Kotoran di Telinga

Salah satu penyebab telinga terasa seperti penuh adalah karena terdapat kotoran yang menumpuk. Kotoran tersebut berbentuk seperti lilin di dalam telinga. Lalu memiliki fungsi untuk melindungi telinga dari penyebab infeksi.

Apabila anda sedang mengunyah, menguap, atau berbicara, lilin tersebut akan berpindah. Dari bagian telinga dalam menuju telinga bagan luar. Hal ini bisa membuat lilin menjadi kering sehingga penumpukan kotoran lebih banyak.

Berada di Suatu Tempat Tertentu

Telinga terasa penuh dapat terjadi saat di suatu tempat tertentu. Seperti di dataran tinggi dan pesawat. Pasalnya, hal seperti ini akan berkaitan dengan perubahan pada tekanan yang terjadi di lingkungan dengan cepat.

Dengan adanya perbedaan seperti ini, maka tubuh juga akan beradaptasi. Dengan gendang telinga, peran tuba eustachius akan membantu untuk menyamakan tekanan luar dengan telinga tengah. Penyesuaian tersebut yang membuat tuba eustachius menutup dan berakibat telinga terasa tersumbat.

Baca Juga : Radang Telinga Tengah, Penyebab, Jenisnya Hingga Cara Pengobatan

Flu

Pasalnya, flu karena adanya virus influenza yang bisa menginfeksi telinga. Sehingga dapat menyebabkan adanya penumpukan cairan seperti lendir dan ada tekanan dalam telinga. Cairan yang berlebih bisa menyumbat tabung eustachius.

Seharusnya cairan tersebut bisa mengalir ke tenggorokan, tetapi justru terjebak pada telinga bagian tengah. Saat peradangan flu mereda, kemungkinan gejala tersumbat pada telinga juga akan ikut reda.

Kemasukan Air

Kemasukan air juga bisa menyebabkan telinga terasa penuh. Biasanya telinga yang kemasukan air akan sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

Apabila sedang mengalami kondisi seperti ini, maka harus selalu menjaga telinga tetap kering. Kemudian jangan berenang dahulu, mandi menggunakan penutup kepala, dan jangan menggunakan ear plug saat mendengarkan musik.

Penyumbatan Sinus

Baca Juga : Telinga Berdenging Sebelah Kiri? Awas Bisa Jadi Tinnitus!

Liang telinga dan rongga sinus memang terhubung dalam kepala. Akibatnya, sumbatan pada sinus yang disertai dengan hidung tersumbat bisa mempengaruhi tekanan dalam telinga.

Untuk bisa mengatasi akibat dari penyumbatan sinus tersebut, dengan mengeluarkan udara dari dalam hidung. Caranya yaitu dengan menutup salah satu lubang hidung dan keluarkan perlahan.

Melunakkan Kotoran yang Ada di Telinga

Selanjutnya untuk mengatasi telinga terasa penuh karena adanya kotoran adalah dengan melunakkan kotoran tersebut. Karena cara membersihkan telinga yang tidak benar akan menyebabkan kotoran tersebut semakin menumpuk.

Maka dari itu, sebaiknya melunakkan kotoran tersebut lalu mengeluarkannya. Caranya dengan menggunakan cairan pembersih telinga, seperti gliserin. Teteskan 2 sampai 3 kali sampai kotoran tersebut melunak. Sehingga lebih mudah untuk dibersihkan.

Melakukan Valsalva Maneuver

Anda dapat melakukan cara ini supaya bisa menyesuaikan tekanan di dalam telinga kembali. Caranya dengan tarik napas yang dalam, menjepit hidung menggunakan telunjuk dan ibu jari, serta menutup mulut. Selanjutnya hembuskan napas melalui lubang hidung yang tertutup tadi.

Baca Juga : Bahaya Tidur Pakai Headset, Bisa Menyebabkan Kematian Lho!

Meneteskan Alkohol

Meneteskan alkohol ke dalam telinga ternyata bisa meringankan telinga terasa penuh. Pasalnya, meneteskan alkohol dan sedikit campuran dengan cuka dapat membantu mengeringkan telinga. Tetapi anda harus berhati-hati, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Mengkonsumsi Obat Dekongestan

Dengan meminum obat dekongestan sebelum bepergian menggunakan pesawat, dapat membantu untuk mencegah pembengkakan selaput lendir yang akan menyebabkan tekanan telinga.

Cara mengatasi telinga terasa penuh memang lebih efektif untuk langkah pencegahan. Maka harus mengkonsumsi obat ini sekitar satu jam sebelum berangkat menggunakan pesawat.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi telinga terasa penuh. Dengan begitu, anda harus bisa menjaga kesehatan telinga secara benar. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah