Pemdes Gereba Ciamis Sediakan 4 Tempat Isolasi Mandiri Baru

Pemdes Gereba Ciamis Sediakan 4 Tempat Isolasi Mandiri Baru
Kepala Desa Gereba, Icih Hendarsih. Foto : Edji Darsono/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pemerintah Desa Gereba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menyediakan empat unit rumah untuk tempat isolasi mandiri baru.

Kepala Desa Gereba, Icih Hendarsih mengatakan, tempat isolasi mandiri tersebut untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Baca Juga : Ditolak Keluarga, Warga Pamarican Ciamis Jalani Isolasi di Kantor Desa

Terlebih, katanya, desa merupakan ujung tombak dalam penanganan pencegahan penyebaran virus Corona.

Icih menjelaskan, tempat isolasi untuk warganya atau pemudik yang berasal dari zona merah.

“Jadi tempat isolasi mandiri baru ini sebagai langkah antisipasi warga yang mudik dari zona merah. Dan mudah-mudahan fasilitas tersebut tidak digunakan,” katanya kepada HR Online, Selasa (16/3/2021).

Menurut Icih, warganya yang mudik atau baru pulang dari zona merah bisa melakukan karantina mandiri di rumahnya masing-masing.

Akan tetapi, lanjutnya, bagi yang tidak memiliki ruang karantina di rumahnya, bisa ditempatkan yang telah disediakan satgas desa.

“Desa Gereba sendiri telah menyiapkan 4 rumah sebagai tempat isolasi khusus, agar bilamana diperlukan bisa langsung digunakan,” pungkasnya. 

Sementara itu, Kasi Pelayanan Desa Gereba, Usman Ali menambahkan, dalam menyediakan ruang isolasi, pihaknya tetap memperhatikan kelayakan serta fasilitas yang sesuai juklak dan juknis dari petugas kesehatan. 

Sedangkan tempat isolasi mandiri baru yang Pemerintah Desa Gereba sediakan, sudah ada di setiap dusun. Selain itu, lokasinya pun jauh dari pemukiman penduduk.

“Manakala ada yang melakukan karantina, maka setiap rumah yang dijadikan sebagai tempat isolasi dipantau oleh satgas dan RT/RW setempat,” ujarnya. (Edji/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto