Usaha Ternak Modal 1 Juta? Ini Rekomendasinya yang Menjanjikan

ternak modal 1 juta
Pilihan usaha ternak modal 1 juta. Foto: Ist/Net

Menjalankan usaha ternak modal 1 juta mungkin terlalu sedikit. Namun dengan modal terbatas ini Anda bisa memulainya dari skala kecil dan rumahan. Jika berhasil, mengembangkan bisnis ternak akan terasa lebih mudah. Apa saja rekomendasinya?

Ide bisnis modal 1 jutaan tidak hanya jatuh pada pilihan untuk berjualan online saja. Kita pun bisa menggunakan dana yang ada tersebut sebagai modal usaha berbagai jenis hewan ternak.

Anda sebaiknya tidak menganggap remeh mengenai usaha yang satu ini. Meskipun bisnis ini berupa ternak hewan namun potensi keuntungan yang bakal kita dapatkan bisa berkali-kali lipat.

Ada banyak pilihan jenis usaha ternak modal 1 juta yang bisa Anda tentukan. Seperti budidaya ikan, berternak ayam, bebek, atau hewan unggas lainnya. Anda bisa mempelajari terlebih dahulu tentang hewan ternak tersebut sebelum memulainya.

Asal kita tekun dan tahu cara merawat hewan ternak tersebut, modal satu juta yang Anda gunakan tidak akan berakhir sia-sia.

Walau modal tersebut tergolong kecil, tapi keuntungan yang kita dapat mampu memenuhi kebutuhan kita. Tentunya, hasilnya juga dapat menjadikan usaha lebih berkembang lagi.

Baca Juga: Usaha Ternak Bebek Petelur untuk Pemula yang Menjanjikan

Jenis Usaha Ternak Modal 1 Juta

Ada banyak pilihan jenis hewan yang mudah kita ternakkan. Namun jika modal terbatas tentunya Anda perlu memilih yang tepat. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi pilihan usaha ternak modal 1 juta yang menjanjikan.

Ternak Ayam

Saat Anda mempunyai modal kecil untuk usaha ternak, maka ayam sangat cocok menjadi pilihannya. Melihat dari segi permintaan, kebutuhan pasar terhadap ayam sangat tinggi.

Masyarakat banyak yang membutuhkannya untuk konsumsi sendiri atau pun untuk usaha rumah makan. Dengan begitu, ayam akan menjadi peluang usaha mudah sebab banyaknya permintaan akan memudahkan kita untuk menjual hasil ternak.

Selain itu ayam juga mudah perawatannya dan tidak terlalu banyak macam kebutuhannya. Dari berbagai jenis ayam yang ada kita bisa mendapatkan manfaatnya. Baik dari daging dan telur semuanya bisa kita jual untuk mendapat penghasilan.

Ternak Bebek

Tak ketinggalan dengan ayam, ternak bebek juga bisa menjadi pilihan tepat untuk menjadi usaha hewan ternak modal 1 juta. Dengan biaya sebesar itu kita dapat membeli beberapa ekor bebek baik dewasa maupun bibit. Kemudian kita rawat hingga mencapai umur siap untuk kita jual.

Tapi sebelum itu, usaha dengan ternak bebek tidak bisa terus berada dalam kandang. Kita perlu melepas bebek-bebek ternak kita ke alam bebas. Di alam bebas, mereka akan mencari makanan sendiri.

Dengan begitu, kita bisa menghemat biaya untuk pakan. Bebek juga akan menjadi lebih sehat dan lebih matang untuk kita jual sebagai hasil ternak.

Baca Juga: Usaha Ternak Sapi, Pemuda Sukamukti Ciamis Ini Bangga Jadi Petani

Budidaya Ikan Lele

Banyak orang mengira kalau ternak lele membutuhkan modal besar. Hal ini karena tidak boleh telat makan dan perlu suplai air terus menerus. Anggapan ini bisa benar jika kita langsung ternak lele dengan skala besar.

Namun kita juga tetap bisa menjalankan usaha ternak modal 1 juta tersebut untuk budidaya ikan lele. Sebab kita bisa menyesuaikan modal itu dengan tempat dan skala ternaknya.

Kita bisa melakukan ternak ikan lele dengan menggunakan wadah seperti drum atau ember besar. Dengan begitu modal yang kita miliki akan cukup dan bisa kita kembangkan hingga menjadi usaha budidaya lele yang besar.

Ternak Belut

Tak jauh berbeda dengan budidaya ikan lele, kita juga bisa menjalankan usaha ternak modal 1 juta dengan memelihara belut. Dengan menggunakan media dan sarana yang seadanya kita juga dapat menjadikannya sebagai tempat budidaya belut.

Dengan modal 1 juta sudah mencukupi untuk beternak belut dengan menyesuaikan dari lokasi dan skala budidayanya. Sedangkan untuk permintaan pasar, belut juga sangat tinggi dan selalu dicari orang.

Belut menjadi sajian yang populer dan menu favorit di berbagai tempat makan. Sehingga para penyedia tempat makan akan selalu mencari para pembudidaya belut untuk memenuhi permintaan para pelanggannya.

Demikianlah beberapa rekomendasi usaha ternak modal 1 juta yang bisa Anda pilih. Dengan biaya yang ada, Anda bisa memulainya dari bawah. Selain resikonya juga kecil, namun jika berhasil akan lebih memudahkan untuk pengembangannya. (R11/HR Online)

Editor: Jujang